Rekomendasi Skincare Routine Selama Work From Home

by - Juli 03, 2020

Baca Juga

rekomedasi skincare kulit berminyak

Meski lebih banyak beraktifitas di dalam ruangan. Bukan berarti menjaga kesehatan dan badan itu nggak penting ya. Kulit kusam, jerawat, dan masalah lain bisa kapan saja datang menghampiri. 

Saya termasuk orang yang nggak suka ribet. Apalagi waktu pagi. Perkuliahan Jarak Jauh (PJJ) yang mulai pukul 7 membuat saya butuh tahapan serta produk skincare yang simpel dan nggak pake lama.

Nah di tulisan kali ini, saya akan berbagi rekomendasi skincare routine di kulit berminyak. Semua produk yang ada di sini saya gunakan selama work from home bulan Juni kemarin.

Apa saja sih produknya? Here we go!

 

Cleansing

Hal yang pertama dan utama tentu saja celansing. Produk dalam kategori ini banyak sekali jenisnya. Mulai dari micellar water, milk cleanser, cleansing balm, maupun oil cleanser. Dari jenis dan pemakaiannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu ya, girls!

Sebenarnya tidak ada jurnal resmi yang menjelaskan cleansing ini mau berapa tahap. Mau one step, double, ataupun triple cleansing. Semua sah-sah saja, nggak ada yang ngelarang.

Hal yang lebih penting daripada ngurusin berapa step cleansing yang benar adalah membersihkan wajah dari segala debu dan sisa makeup.

Saya sendiri adalah penganut double cleansing. Produk yang saya gunakan membersihkan wajah untuk mengawali hari adalah dua produk dari nivea. 

Saya pilih Nivea Pearl White MicellAir Skin Breathe karena dia tidak mengandung alkohol. Formula airnya yang ringan sangat efektif untuk membersihkan sisa skincare malam saya.

Setelah itu, cuci muka deh dengan facial washnya. Nivea Sparkling White Whitening Facial Foam.
 

Toner

toner ebright skin

Rangkaian step skincare selanjutnya setelah cleansing adalah toner. Dua minggu belakangan, saya rutin menggunakan toner dari brand lokal, eBright Skin. 

Selain berfungsi untuk menstabilkan PH wajah yang basa setelah mencuci muka. Toner ini juga mengandung AHA, sehingga dapat membantu exfoliasi kulit.

 

Moisturizer

Saya hanya punya satu pelembab wajah di rumah yaitu Wardah Purifying Moisturizer Gel Witch Hazel. Meski mengandung witch hazel yang bisa mengiritasi di beberapa kulit sensitif. Namun, moisturizer yang satu ini merupakan produk holy grail bagi saya. 

Dia berhasil mengatasi masalah redness saya yang terjadi di awal Juni. Performa melembabkannya pun oke. Dia nggak bikin berminyak atau membawa masalah buruk lain di wajah saya.

 

Day Cream

Untuk menutrisi kulit selama beraktifitas seharian. Saya memakai produk Whitening Day Cream dari eBright Skin. Dia masih satu series dengan tonernya. 

Untuk performa, dia mudah banget dibaurkan. Jadi nggak riweh saat dipakai pagi hari. Day cream ini juga mengandung niacinamide yang dikenal memiliki segudang manfaat. 

Setelah mengaplikasikan cream ini, wajah saya terlihat beberapa tingkat lebih cerah. Ingat, cerah ya girls bukan putih!

 

Lip Balm

emina oh so kissable plum candy

Produk lips yang menjadi pilihan untuk menemani hari-hari saya adalah Emina Oh So Kissable shade plum candy. Sticknya berwarna baby pink. 

Dia memiliki aroma yang harum dan manis. Setelah dioleskan, dia akan memberikan warna natural pada bibir. Sehingga, membuat penampilan lebih fresh dan nggak pucat.

 

Day Lotion

Skincare bukan tentang produk wajah saja kan? Untuk menemani aktivitas yang cukup padat seharian, saya menggunakan Marina Natural Nutri Fresh Oat & Vitamin E Beads. 

Pertama kali saya kenal dan memakai lotion ini dari salah satu teman kampus. Waktu itu AC dikelas dingin banget. Alhasil kulit jadi kering kerontang kayak gurun sahara.

Memang dia nggak mengandung bahan pencerah. Namun, fungsinya sebagai pelembab dan menyegarkan kulit patut saya acungi empat jempol. 

Formulanya nggak sticky dan cukup ringan. Dia juga mudah dibaurkan. Beberapa waktu setelah menyerap, kulit akan terasa lebih lembut. Wanginya pun manis dan yang pasti, harganya sangat ekonomis.

 

Deadorant

Supaya badan tetap fit dan wangi sepanjang hari. Saya menggunakan Nivea whitening antibakteri. Dia memiliki klaim dapat melindungi yang tahan hingga 48 jam! 

Untuk performanya, saya sangat puas selama pemakaian produk ini. Selain mencerahkan dia juga punya aroma yang tahan lama.


Skincare Night Routine

Untuk step awal di malam hari, saya memakai milk cleanser dari Viva varian Cucumber. Dia cukup efektif untuk membersihkan sisa skincare, sebum, dan kotoran. Setelah itu mencuci muka, masih dengan facial wash yang sama dari Nivea.


Serum

Setelah cleansing, saya kembali memakai Toner dari eBright Skin. Kemudian, dilanjutkan serum Sakura White Pinkish dari Garnier. 

Serum ini bertesktur gel. Dia punya pakcaging pump. Jadi sangat praktis dan terjaga kualitasnya.

 

Night Cream

Untuk melembabkan dan meregenerasi kulit di malam hari. Saya memakai Whitening Night Cream dari eBright Skin. Teksturnya sangat ringan dan cepat meresap. Jadi nggak takut transfer ke sarung bantal.


Lip Mask

laneige lip sleeping mask berry

Skincare lips di malam hari saya percayakan pada Laneige Lip Mask Cherry. Performanya lumayan oke menurut saya. Sejak memakai lip mask ini bibir saya jadi lebih merah cerah dan nggak segelap dulu. Hanya saja, saya kurang teskturnya yang lengket.

Cara kerja lips mask ini adalah mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga, kamu perlu melakukan pijatan halus pada bibir di pagi hari. 

Setelahnya bibir kamu akan terlihat jadi cerah dan lembut. Jangan bayangin bakal langsung merah muda gitu ya. Karena pakainya pun harus rutin. Meski saya sendiri sering bolos hehehe...

 

Night Lotion

Untuk malam harinya saya memakai Citra Night Lotion. Kalau lotion pagi saya pilih produk yang melembabkan, di malam harinya saya memakai produk ini karena fungsinya untuk mencerahkan. Dan memang pagi harinya kerasa banget efek cerahnya. 


Maker Wajah

Buat kamu yang tanya apakah saya memakai masker wajah? Tentu jawabannya, iya. Eh tapi bukan masker wajah dari bahan kain loh ya hahaha... 

Jadi, saya punya jadwal sendiri untuk maskeran. Beberapa masker yang pernah saya pakai sudah saya review di blog ini.

Masker Spirulina Tiens, masker ini saya pakai setiap Rabu. Berhubung hari tersebut saya mulai sibuk. Dimana tugas mulai numpuk. 

Kadang saya sendiri sering lupa dan skip masker ini. Saya pakai lagi jika mulai ada tanda-tanda jerawat yang muncul. Untuk performa sendiri masker ini ampuh banget untuk mengatasi jerawat dan membuat wajah lebih cerah.

garnier sheet mask bright up
Khusus weekend saya memakai sheet mask light complete bright up dari Garnier. Masker ini mengandung milk dan vitamin C. Saya sudah memakainya 2 kali. 

Untuk efek mencerahkannya, saya cuma merasakan sedikit. Di kulit saya yang berminyak sheet mask ini lebih banyak melembabkannya. 

Dia juga memiliki cairan serum yang berlimpah ruah. Karena terlalu banyak, saya kadang sampai mengoleskannya ke bagian tangan dan kaki. Khususnya di bagian siku dan lutut yang memiliki warna kulit lebih gelap.

Nah, itulah serangkaian skincare routine saya di bulan Juni kemarin. Semoga bisa menjadi referensi dan rekomendasi dalam memilih produk untuk menemani work from home.


With love,
andayani rhani


You May Also Like

6 Comments

  1. Lengkap sekali skincare nya ya kak...
    Patut di coba

    BalasHapus
  2. Aku juga pernah pake pelembabnya Wardah yang witch hazel, mbak. Bahkan sempat repurchase juga gara-gara lumayan nyaman di wajahku.

    Tapi akhirnya gonta-ganti pelembab wajah lain, cari yang lebih melembabkan. Dan sekarang balik lagi ke Wardah, tapi yang varian satunya lagi. Aloe Hydramild. Dan Alhamdulillah lagi-lagi cocok, lebih melembabkan pula soalnya memang untuk kulit kering yang ini.😆

    BalasHapus
  3. Lip masknya Laneige kesukaanku!

    BalasHapus
  4. Aku masih galau nih pilih moisturizer apa.. itu wardah cocok gak buat kulit berminyak kak?

    BalasHapus
  5. Skincare itu udh kayak ritual wajib sih buatku :D. Apalagi sjk awal SMU udh dipaksa mama untuk slalu inget pakai skincare. Awalnya yg utk kulit remaja. Kemudian setelah kuliah agak naik tingkat, gitu juga pas udah kerja. Dan skr Krn umur udh 35++, udh beda lagi LBH ke anti aging :D

    Mungkin Krn udh kebiasaan , sekaliiii aja aku skip itu berasa banget g enak. Kayak body lotion, prnh aku LG males make,yg ada kulit lgs terasa ga enak dan gatel Krn ga pake .

    Makanya secapek apapun,aku pasti nyempetin untuk slalu mandi, bersihin wajah, dan gunakan semua step skincare :D.

    Skr udh resign kerja, ttp kok itu ga prnh aku lewatin. Walo cuma di rumah, justru hrs ttp pake. Biar kulit selalu terjaga :). Aku pengennya walo nanti udh msk 40an, tp kulit kliatan ttp msh kencang dan terawat :)

    BalasHapus
  6. Ternyata moisturizer Wardah yang witch hazel produk favorite banyak orang yah :D

    BalasHapus