Situs Penyedia Barang Gratis yang Wajib Kamu Coba


Siapasih yang nggak suka barang gratis?

Saya rasa, hampir semua orang suka dengan barang gratis. Terlebih bagi seorang mahasiswa seperti saya.

Bagi saya, mendapatkan barang gratis ibarat oase di tengah padang pasir. Bisa jadi jalan pintas untuk menekan biaya hidup selama tinggal di tanah rantau, sekaligus mencoba berbagai macam produk yang tidak bisa dijangkau (dari segi harga maupun keberadaannya).

Dalam berbagai kesempatan, saya pernah mengikuti giveaway dari kalangan orang biasa hingga artis ibu kota walaupun belum pernah menang juga lol. Namun, saya tidak pernah berkecil hati, toh rezeki sudah ada takarannya sendiri.

Kepatahatian saya kepada berbagai giveaway tersebut membuat saya merasa beruntung. Sebab, saya dipertemukan dengan beberapa situs penyedia barang gratis dan beberapa diantaranya telah mempertemukan saya dengan barang-barang yang berguna.


Nah apa saja situs-situs tersebut? Simak tulisan Situs Penyedia Barang Gratis yang Wajib Kamu Coba beserta pengalaman saya sampai selesai ya!


Home Tester Club


Bagi followers akun instagram saya, tentu sudah tidak asing dengan situs Home Tester Club (HTC). Saya pernah mereview produk yang didapat dari situs ini beberapa kali di instastory maupun feed instagram.

Home Tester Club adalah komunitas para pembeli yang menguji dan membagikan review produk untuk membantu pembeli lainnya berbelanja lebih baik. Dengan bergabung di HTC kamu akan mendapat kesempatan menguji coba produk gratis dan produknya akan diantar langsung ke rumah kamu.

Cara bergabung di Home Tester Club juga mudah sekali dan tidak dipungut biaya apapun, alias 100% gratis. Tinggal klik Daftar Sekarang, atau login menggunakan email atau akun facebook.

Setelah mendaftar, lengkapilah detail profil kamu beserta alamat rumah. Di halaman beranda kamu dapat menemukan beberapa produk yang tersedia untuk dicoba.

Untuk mendapat produk yang tepat, kamu harus menjawab beberapa pertanyaan singkat. Hanya produk yang cocok dengan profilmu yang akan dikirimkan untuk kamu uji coba. Kan lucu kalau kamu mendapatkan produk susu untuk bayi tapi kamu sendiri nggak punya bayi. Xixixi

Jika beruntung, kamu akan mendapatkan pemberitahuan lewat email ketika mendaftar dan terpilih untuk berpartisipasi diuji coba sebuah produk.

Jika produk telah sampai. Baca kertas flyer yang dikirimkan bersama produknya. Dan pahami instruksi penggunaan produk.
Selanjutnya, HTC akan mengirimkan sebuah link pertanyaan survei via email. Di sana kamu dapat berbagi pengalaman tentang produk yang kamu dapatkan. Jangan lupa, isi dengan yang jujur ya!

Tips: ambil foto kamu sedang mencoba produk dan bagikan di Facebook HTC atau di Instagram kamu. Pastikan selalu follow akun HTC dan gunakan tagar #HomeTesterClubID untuk menambah kesempatan menang hadiah menarik sewaktu-waktu. 

Oh iya hampir lupa, berbagai macam produk yang dapat kamu uji coba di situs ini diantaranya adalah makanan, minuman, kecantikan, kebutuhan rumah tangga, hingga produk susu dan kebutuhan bayi lainnya juga ada loh bu-ibu. Terakhir saya mengakses, tanggal 3 Juni 2020 sudah ada 2,7 juta review produk dengan total 2,5 juta anggota di HTC.

Home Tester Club ini ditujukan dan berlaku hanya untuk penduduk Australia, Brazil, Canada, China, France, Germany, Hong Kong, India, Indonesia, Malaysia, New Zealand, Philippines, Singapore, South Africa, South Korea, Taiwan, United Kingdom, United States yang berusia 18 tahun ke atas.


Try and Review


Try and Review adalah komunitas konsumen online yang menguji produk dan berbagi review untuk membantu sesama pembeli.

Situs ini telah mencakup lebih dari 30 ribu produk dalam 13 kategori, yaitu : Kecantikan, Kesehatan, Rumah, Kemewahan, Bayi, Makanan, Hewan Peliharaan, hingga Elektronik dan Mobile Apps.

Ada 2 jenis percobaan di situs ini:
1.    Produk baru yang baru dipasarkan
2.    Produk yang sudah pernah digunakan dan kamu sukai.

Untuk mendaftarkan diri dalam percobaan produk, pertama-tama kamu harus melakukan registrasi terlebih dahulu.

Setelah selesai registrasi, masuklah dan kunjungi laman produk yang ingin dicoba. Klik tombol “Daftar sekarang” dan isilah formulir dengan benar.

Klik tombol “Konfirmasi”: akan muncul pesan yang mengatakan bahwa permintaan kamu sudah masuk dalam pertimbangan.

Seperti halnya HTC, para pencoba akan diseleksi dari semua orang yang mendaftarkan diri. Hanya mereka yang terpilih dan mendapatkan email yang dapat mengambil bagian dalam percobaan produk tersebut.



Jika kamu terpilih, kamu akan mendapatkan produk tersebut secara gratis untuk dapat dicoba di rumah dan kamu harus kembali mengunjungi situs Try and Review untuk membagikan pendapat mengenai produk yang dicoba.

Sejauh ini Try and Review telah tumbuh dan berkembang ke beberapa negara, dengan misi yang sama - untuk memberdayakan orang untuk menyuarakan pendapat mereka tentang barang-barang konsumen dalam bentuk ulasan outentik yang tidak bias.

Meski selalu update dan join uji coba setiap minggu. Sayangnya, sampai sejauh ini saya belum pernah berkesempatan mendapatkan barang dari Try and Review hiks-hiks. Mungkin karena kantor pusatnya di Singapore jadi terlalu kejauhan yak? Who knows? *sambil angkat bahu


Lifefull


LIFULL merupakan situs properti yang berdiri sejak 2011 dan berpusat di Jepang. Situs ini telah mengembangkan roda bisnis secara global ke lebih dari 57 negara, termasuk Indonesia.

Selain, membantu masyarakat Indonesia dalam memilih hunian yang cocok ataupun investasi di bidang properti. LIFULL Produk juga berperan dalam membagikan informasi, ulasan, serta sampel produk gratis berupa makanan ringan dan kecantikan.

Saya menemukan Lifeful beberapa minggu yang lalu. Sayangnya, saya belum memiliki kesempatan mencoba karena lama sekali loading pagenya, bok! Apa karena ponsel dan internet saya yang kentang ya?


Clozette


Bagi para wanita khususnya penikmat LifeStyle mungkin sudah tidak asing lagi dengan situs yang satu ini. Clozette adalah situs yang membagikan konten, komunitas, dan perdagangan bertemu untuk memungkinkan merek, pengecer, dan desainer terlibat dengan pemirsa pada platform inovatif.

Di situs ini, kamu dapat berbagi, menemukan dan berbelanja busana, kecantikan & gaya semua di jaringan belanja sosial yang sangat visual. Selain itu, kamu juga dapat mengikuti berbagai kontes LifeStyle menarik atau memberimu sampel produk secara gratis.

Di bawah Grup Clozette, Clozette sekarang beroperasi di enam negara di antaranya adalah Singapura, Malaysia, Filipina, Indonesia, Jepang, dan Taiwan untuk menyediakan konten lokal yang eksklusif.


Sociolla


Sociolla merupakan salah satu situs belanja kecantikan online terpercaya di Indonesia. Selain berbelanja, bergabung menjadi anggota komunitas beauty, dan mereview produk. Di situs ini kamu juga bisa mendapatkan #SOCOBOX, box unyu berwarna merah jambu yang berisi produk kecantikan dari kerja sama Sociolla dengan brand-brand kecantikan baik di dalam maupun luar negeri.

Cara mendapatkan #SOCOBOX ini pun sangat mudah dan dapat kamu baca di tulisan saya sebelumnya Cara Mendapatkan Socobox dengan Mudah . Di artikel tersebut juga ada pengalaman socobox pertama yang pernah saya dapatkan.


Female Daily Network

Berawal dari sebuah blog pribadi, kini Female Daily Network telah menjadi salah satu platform yang digandrungi oleh para wanita. Di situs ini kamu dapat berbagi dan mendapatkan informasi terkait kecantikan, fashion, kesehatan, keuangan, dan lainnya dari sesama pembaca.


Dengan menjadi anggota dari Female Daily kamu dapat mengikuti Try and Review yang memungkinkan kamu mendapatkan berbagai macam produk dari brand-brand kecantikan.

Meski sudah sering update dan ikut submit event on going. Saya juga belum berkesempatan mendapatkan produk Try and Review. Mungkin karena selama ini saya selalu jadi anggota pasif? Hmm, bisa jadi...

Female Daily Network, kini juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang mobile friendly dan memudahkan kamu untuk mengakses berbagai fitur di dalamnya.

Itulah berbagai situs penyedia barang online yang pernah saya coba. Kalau kamu, tertarik dengan situs yang mana nih? Atau justru sudah pernah mencoba salah satunya? Jangan lupa ceritakan kesan dan pesan kamu di kolom komentar ya!

With love,
andayani rhani

Reactions

44 Komentar

  1. waahh makasih ya informasinya! Di soco aku uda join tapi belum pernah dapet socobox
    mungkin karena ga rutin buka kali ya? suka ketinggalan info ttg socobox hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga sering ketinggalan kok kak, ikut juga pas mepet-mepet. Eh tapi coba deh cek email, setau saya setiap ada event socobox pasti ada emailnya kok

      Hapus
    2. oh begitu, apa karena aku ga subscribe emailnya kali ya jadi suka ketinggalan hehehe

      Hapus
  2. Asli baru tahu ada kayak begini mba. Sebelumnya cuman klik2 dari iklan yang lewat aja. Ternyata malah bisa daftar dan menyesuaikan produk yang kita pengin yaa. Waaah. Aku bintangin nih. Thanks for sharing mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya justru kenal situs-situs ini juga karena iklan kok kak, cuma emang dasarnya saya kepoan jadi apa-apa saya coba hehehe

      Hapus
  3. Wah ternyata ada banyak situs web yang menyediakan produk gratis ya. Saya belum pernah coba. Nanti mau langsung kunjungi webnya. Siapa tahu dapat produk gratis😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, selamat mencoba dan good luck ya kak!

      Hapus
  4. Wah, aku malah baru kenal Mbak sama yang namanya situs penyedia barang gratis begini. Kemana ajaaa aku selama ini, ya? *GarukKepala

    Tahu aja sih Mbak Anda ini. Nemu di mana coba? Tapi ini kudu ada review yang ditag ke pemilik situsnya nggak sih, Mbak? Seharusnya ada sih ya. Kok baik banget kalau cuma bagi-bagi gratis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah engga juga kok mba, ada yang cuma minta review aja di situsnya. Tergantung kebijakan masing-masing kok

      Hapus
  5. Aku cuma tahunya Sociolla itupun karena liat postingan IG temen, pernah daftar tapi belum pernah coba belanja di sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang sociolla ini sering muncul dimana-mana ya kak, saya juga pertama tahu ada socobox dari postingan teman-teman di instagram

      Hapus
  6. Ya ampuuuun, banyak ternyata yaaa mba. Wkwkwkwk. Saya tahunya cuma Clozette karena sempat kerja sama. Wah, makasih yaa mba informasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kembali kasih mba meu, wah pasti seru ya pernah kerja sam dengan Clozette

      Hapus
  7. Hohoho boleh nih dicoba mbak.. secara buat emak2 barang gratis itu berasa kaya minum es degan seger di tengah teriknya sinar mentari haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh selamat mencoba kak, saya juga suka banget sama barang gratis hehehe

      Hapus
  8. Sama kak saya juga penggila barang gratisan..yg syka ikut giveawaybtapi ndak pernah menang huhu... Nice info nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaha saya sendiri udah jarang ikutan give away kak soalnya jarang luckynya jadi ikutan web di atas aja hehe semoga bermanfaat yah

      Hapus
  9. Teryata ada situs yang seperti ini ya. Bisa dicoba nih. Syukur-syukur dikasih kesempatan uji produknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang Andi, nggak cuma buat cewek aja kok, cwo juga bisa ikutan

      Hapus
  10. wah makasih nih infonay baru tahu ini

    BalasHapus
  11. Baru tau kalo ada situs yang ngasih produk gratis buat direview. Kirain cuma influencer atau sponsorship aja soal review mereview, ternyata ada juga ya yang sistemnya kaya gini.

    BalasHapus
  12. aku baru coba hometesterclub, seru ya dpt barang gratis dan bisa ngeriviewnya hihi. jadi tau web lainnya banyak jg ternyata

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya mba, emang HTC lumayan terkenal dan banyak juga yang udah ikutan

      Hapus
  13. Cuma pernah daftar di HTC. Ternyata banyak ya. Pantas banyak yang promo dari clozette dan socobox saya lihat. Belum pernah dapat yang HTC, mungkin karena alamatku yang jauh kali ya. Ongkirnya aja kadang lebih mahal dari harga barang wkwkw

    BalasHapus
  14. Yang udah pernah kucoba home tester hehe

    BalasHapus
  15. Kl gratisan pasti mau semua hhaa, boleh deh tar aku daftar. Sapa tau kepilih ya kan dan bisa mereview... Hehe

    BalasHapus
  16. Denger yang gratis2 langsung tertarik😁. Belum pernah coba yang kayak gini sih. Tapi patut dicoba, siapa tahu rejeki.
    Dari semua daftarbdi atas, saya cuma tahu sociolla sama female daily karena sering nonton vidionya di youtube

    BalasHapus
  17. awalnya saya gak ngeh waktu kakak uplot ttg sociolla. oh ini ternyata. saya save link web mau coba juga ah, hehehe

    BalasHapus
  18. Kalau aku yang paling asik itu home tester dan clozette..barangnya bagus2 dan banyak macamnya.

    BalasHapus
  19. Saya belom pernah nyoba sih sama beberapa situs penyedia barang gratis di atas. Ah pengen daku kepoinlah nanti hehe

    BalasHapus
  20. bagus nih ka infonya, aku baru aja mau coba home tester club, skrg jd yakin kalo mau nyoba, thanks for sharing

    BalasHapus
  21. nah artikel seperti ini yg saya butuhkan untuk mencari barang atau review barang gratis

    BalasHapus
  22. Baru tahu saya.
    Eh, kayanya kok banyakan buat wanita ya? Hehe

    BalasHapus
  23. Saya malah baru tau yang HTC kak... rupanya ada beberapa lainnya .. coba ikutan ah.. siapa tahu beruntung

    BalasHapus
  24. wah aku kemarin ikut FD try and review tapi belum pernah dapet 😂

    BalasHapus
  25. Makasih kak infonya, mau coba lah siapa tau dapet barang gratisan juga hehe

    BalasHapus
  26. Wah saya baru tau kalau di Indonesia juga ada yang kirim tester gitu. Bahkan nggak hanya satu website melainkan banyak ya. Di Jerman biasanya, tester yang dikirimin hanya kemasan kecil, kalau misal pelembab, misal sachet 1,5 ml. Jadi imho, kurang worthed sih sama waktu yang diluangkan dan data pribadi yang diberikan.

    BalasHapus
  27. Thanks for sharing mbk.. aku baru dapet yg fd try&review hehe..yg sociolla udah pernah daftar tapi ga aktif disitu😀

    BalasHapus

Thank you for your time to come by and leave comment! Follow me on Instagram @andayanirhani, let me know you found me from my blog, and I'll follow you back :)
-Xoxo