Tips Memilih Sunscreen yang Tepat untuk Kulit Berminyak

Sebagai pemilik kulit berminyak, memilih produk skincare kadang jadi tantangan tersendiri. Terlebih dalam memilih produk perawatan kulit yang digunakan setiap hari seperti sunscreen. Kurang riset dikit aja bisa berujung nggak cocok. Karena udah terlanjur beli akhirnya bikin manusia kantong mahasiswa sepertiku nyesel sampai akhir bulan. Whopsiee, eh malah jadi curhat.

Seperti yang aku sampaikan di artikel sebelumnya, mendapatkan sunscreen yang sesuai itu gampang-gampang susah. Ibarat mencari jodoh gitu. Banyak yang bilang kalau sunscreen seperti soulmate. Karena selain bisa melindungi juga harus nyaman di hati, cielah. Eh, nyaman digunakan sehari-hari maksudnya.

rekomendasi sunscreen
Tips Memilih Suncreen untuk Kulit Berminyak
That's way, sebelum membuat keputusan apalagi membeli sesuatu aku selalu nyari rekomendasi produk-produk yang sekiranya sesuai dengan jenis kulitku. Salah satu website andalanku untuk mencari referensi produk adalah ceklist.id.

Setelah melalang buana dan mencoba berbagai macam produk, di kesempatan kali ini aku mau share nih beberapa tips dalam memilih sunscreen yang tepat untuk kulit berminyak. So, tanpa berlama-lama lagi here we go!


Sunscreen dengan Formula yang Ringan

Bagi pemilik kulit berminyak, sunscreen yang light-weight (ringan) di wajah sangat berguna untuk menghindari penyumbatan pada pori-pori. Selain itu, tekstur yang ringan dapat memberikan cukup kelembaban bagi kulit wajah sekaligus nyaman digunakan saat beraktifitas sehari-hari.


Sunscreen dengan Tekstur Gel atau Water Bassed

gel tekstur
Sunscreen dengan Gel Tekstur
Sunscreen berformula ringan umumnya dapat ditemukan pada produk dengan tekstur gel atau water bassed. Ciri-ciri dari tekstur gel yang berguna bagi pemilik kulit berminyak diantaranya seperti cepat meresap, tidak membuat peeling, melembabkan, serta mudah dibaurkan saat di-reaply.


Sunscreen dengan Finish Mate

Finishing mate sangat cocok untuk oily skin karena membuat tampilan lebih flawless dan kesan natural. Selain itu, dengan tampilan akhir yang mate dapat menghindari efek rasa greasy (terlalu berminyak) pada wajah.


Jenis Chemical atau Organic Sunscreen Paling Sesuai untuk Kulit Berminyak

Seperti yang kita tahu, ada tiga jenis sunscreen. Hybrid, chemical, serta physical Sunscreen. Di antara ketiga jenis sunscreen tersebut, jenis sunscreen chemical menjadi yang paling cocok untuk oily skin.

Chemical Sunscreen biasa juga dikenal sebagai organic sunscreen. Sesuai namanya, jenis ini berasal dari bahan organik dan memiliki banyak jenis UV Filter. Contohnya seperti Oxybenzone, Octocrylene, Avobenzone, PABA, Tinosorb S/M, Uvinul A, dan lain sebagainya.

Kelebihan jenis chemical sunscreen adalah teksturnya yang ringan. Dia juga sedikit bahkan tidak menyebabkan whitecast sama sekali. Sehingga lebih disarankan bagi kulit oily atau kombinasi.


wardah sunscreen
Sunscreen Wardah untuk Kulit Berminyak
Salah satu produk sunscreen yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak adalah Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++, Sunscreen wardah ini memiliki tektur berupa gel. Sehingga mudah diratakan dan cepat meresap. Tidak peeling ketika di-reply. Serta melembabkan dan membuat kesan cerah pada wajah. 

Itulah beberapa tips memilih sunscreen yang sesuai untuk kulit berminyak. Semoga tulisan kali ini bisa membantu kamu menemukan sunscreen idealmu ya! Punya pertanyaan atau tips lain dalam memilih sunscreen? Yuk bisa banget kamu tulis dan share di kolom komentar. Have a nice day y'all!

Cheers,

andayani rhani

Reactions

6 Komentar

  1. Nah baru tau ada tiga tipe hybrid, chemical ma physical buat sunscreen kirain semua sama ternyata beda tergantung kebutuhan jenis kulit y

    BalasHapus
  2. Aku tipikal kulit normal cenderung kering. Namun, entah kenapa masuk musim hujan ini kok jadi tiap hari muka berminyal? Kadang merasa aneh. Hahaha.

    Paling suka sama sunscreen dengan tekstur gel tapi gak lengket dan gak nambahin minyak di muka. Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ muncul dengan wajah baru yang enggak umum seperti lainnya ya. Ini kuning sendiri. Jadi gampang nandainnya kalo lagi jalan-jalan ke booth kosmetik di mall.

    BalasHapus
  3. Iya sih. Nggak banyak emang sunscreen yang finishingnya mate. Seringnya, aku nemu sunscreen yang habis diapply, muka terlihat mengkilat gitu. Padahal pinginnya kan yang mate ya.

    BalasHapus
  4. Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++, Sunscreen wardah cocok untuk kulit berminyak. Di sunscreen rekomended untuk kulit berminyak

    BalasHapus
  5. Nggak salah kalau produk mate jadi pilihan, apalagi untuk kulit berminyak. Adik suka kesulitan cari produk sunscreen yg cocok untuk kulitnya. Semoga aja wardah sunscreen ini nantinya bisa cocok.

    BalasHapus
  6. Memang agak riskan memilih sunscreen untuk kulit berjerwat, tidak pake gimana mau pake malah jadi kilang minyak, kalau sunscreen-nya nggak cocok. Saya juga pake si Kuning punya Wardah itu, lumayan cocok tidak membuat jerawat dan minyak lumayan masih bisa dikontrol.

    BalasHapus

Thank you for your time to come by and leave comment! Follow me on Instagram @andayanirhani, let me know you found me from my blog, and I'll follow you back :)
-Xoxo