Tips Tetap Fokus Kuliah Sambil Kerja

by - Februari 06, 2021

Baca Juga

Holla guys! Kalau diberikan pilihan untuk fokus kuliah atau kuliah sambil kerja kalian pilih yang mana? Kalau aku sih pasti akan menjawabnya why not both? 

Sejujurnya, aku sama sekali nggak punya planning untuk kerja ketika kuliah. Apalagi kalau ingat aku berkuliah di Politeknik yang jadwalnya dari pagi sampai menjelang sore. Belum termasuk dengan kegiatan organisasi loh ya. 

Terlebih, masih ada kegiatan domestik di kos seperti memasak, mencuci, menyetrika, dan beres-beres yang menungguku sepulang kuliah setiap hari. Rasanya kuliah sambil kerja itu mustahil banget. Sampai pada akhirnya aku merasakan sendiri kalimat, 

Tuhan adalah sebaik-baiknya Perencana.

kuliah dan bekerja
Kuliah vs Bekerja

Awal Mula Kuliah Sambil Kerja

Bulan Februari 2020 lalu ada sebuah pesan masuk ketika aku sedang di Solo menghadiri acara Peresmian Gedung Pers Nasional. Salah satu tim HRD dari lembaga bimbingan belajar mengajakku untuk bergabung menjadi salah satu tutor. Tentu aku senang meski sedikit bimbang. Apa aku bisa membagi waktu ya?

Ajakan menjadi tutor itu tentu bukan kejadian dadakan seperti penjual tahu bulat. Sebelumnya, aku pernah bercerita jika ingin mengajar ke salah satu teman dekatku yang sudah menjadi tutor. Alasannya karena aku suka anak-anak dan sekaligus bisa berbagi ilmu.  

Setelah melalui berbagai pertimbangan dari siang hingga malam, akhirnya aku memberanikan diri untuk mencobanya. Aku bergegas menyiapkan berkas-berkas persyaratan malam itu juga. Mulai dari CV, transkip nilai, hingga surat lamaran. Sepulang kuliah, aku pergi ke kantor pusat tempat lembaga bimbingan dengan diantarkan ketua kelasku yang kebetulan dekat dengan rumahnya. Terima kasih pak ketu :)

Kurang dari dua jam, aku menyelesaikan tes tertulis sekaligus tes lisan. Meski tidak menonton film horor, tapi aku dibuat terkejut oleh ucapan salah seorang HRD penguji. Karena hari itu juga aku langsung diterima dan mendapatkan 2 murid untuk diajar. Impresive!

Awalnya tentu tidak mudah dan butuh perjuangan agar tidak merasa lelah ataupun mengeluh. Setelah kuliah dan rapat organisasi. Aku harus bergegas pulang ke kos untuk menyelesaikan kegiatan domestik agar dapat bekerja setelah badha Magrib. 

Sepulang bekerja pun, aku masih harus berkutat di meja belajar untuk menyelesaikan tugas atau membuat konten untuk blog tercintaku ini. Lalu bagaimana caranya tetap fokus kuliah sambil kerja? Berikut sedikit tips dariku untuk kalian.

Tips Tetap Fokus Kuliah Sambil Kerja

andayani rhani blog
Tips tetap fokus saat kuliah sambil kerja


Tidak Menunda-nunda Sesuatu

Meski sudah selesai jam perkuliahan, merdeka adalah suatu kata yang sangat mustahil bagi mahasiswa. Pasti ada saja satu atau dua mata kuliah yang memberikan tugas. Agar tidak terbebani di keesokan hari, aku selalu berusaha menyelesaikan tugas hari itu juga. Syukur-syukur kalau bisa dikerjakan saat istirahat atau jeda kuliah.

Meskipun terkesan sepele, kegiatan tidak menunda ini sangat berdampak besar bagi rutinitas harianku. Nggak ada lagi istilah lupa membuat/mengumpulkan tugas. Tidurku pun lebih terasa nyenyak meski harus mundur beberapa jam. Rasanya beban kehidupanku sudah berkurang satu.


Buat List Kegiatan Harian di Malam Hari

Karena aku tipikal orang yang mudah lupa. Jadi aku membuat list kegiatan yang akan aku lakukan esok hari ini. Hal ini sangat membantu untuk mengatur waktu dan menghindarkanku dari kegiatan yang sia-sia. Setelah menyelesaikan satu kegiatan, aku bisa mengecek hal apalagi yang harus aku lakukan. 
aplikasi planner wenote
WeNote Aplikasi Planner
Untuk membuat list kegiatan ini aku memanfaatkan aplikasi bernama WeNote (no sponsor). Jadi kelebihan aplikasi ini selain bisa membuat checklist, terdapat fitur kalender yang dapat kita tambahkan note. Sangat helpfull banget untuk mahasiswa sepertiku. Biar nggak lupa kalau agenda/program kerja yang akan diselenggarakan.


Belajar Membuat Keputusan

Selain mengatur waktu, dengan bekerja ini aku juga dituntut untuk selalu belajar hal baru setiap harinya. Salah satunya adalah dalam membuat keputusan. Tentang apa saja hal-hal yang harus aku prioritaskan dan apa yang harus dikesampingkan. 

Aku juga belajar untuk bisa lebih tegas. Untuk tidak sungkan mengatakan “Tidak” terhadap sesuatu yang memang di luar kemampuanku. Dulu aku orang yang sangat sulit untuk menolak ajakan ataupun sesuatu. Hingga akhirnya aku selalu merasa bersalah kepada diri sendiri.


Jaga Komunikasi

aplikasi sosmed di hp iphone
Aplikasi Sosial Media untuk Komunikasi
Dengan bekerja, tentu aku memiliki aktivitas baru yang bisa membuat kinerjaku turun. Baik itu dalam kegiatan kuliah maupun organisasi. Oleh karena itu, komunikasi dengan orang sekitar sangat diperlukan. Selain sebagai support system, mereka jugalah orang-orang yang akan membantuku ketika dilanda kesulitan atau saat terjadi masalah. Sehingga hal pertama yang lakukan setelah diterima bekerja adalah menghubungi sahabat dan rekan organisasi.


Self Reward

Tips terakhir ini mungkin sudah tidak asing ya bagi kalian. Bagiku, self reward merupakan bentuk penghargaan kepada segala usaha yang telah aku lakukan untuk mencapai suatu tujuan. Salah satu self reward yang aku lakukan adalah me-time.

Kegiatan me-time saat weekend ini biasanya aku isi untuk nonton drama korea. Biasanya juga aku lakukan sembari merendam kaki dengan air garam untuk mengurangi rasa capek setelah aktivitas selama weekday. Jika ada uang lebih, biasanya aku beli makanan atau minuman favoritku.


Hikmah Kuliah Sambil Kerja

Ada banyak sekali hikmah kuliah sambil kerja selama aku menjalaninya. Dengan mendapatkan pendapatan sendiri tentu aku bisa meringankan beban orang tua. Bekerja juga membuatku sadar bagaimana susahnya mendapatkan uang. Saat terik matahari, kepanasan. Saat air langit turun kehujanan. Sehingga hal tersebut membuatku lebih menghargai uang yang aku miliki sekecil apapun nominalnya dan berusaha untuk tidak boros.

Selain itu, dengan kuliah sambil bekerja ini aku lebih bisa merasakan kebaikan-kebaikan kecil dari orang terdekatku. Aku bersyukur sekali karena telah dipertemukan oleh orang-orang seperti mereka. Itulah cerita dan sedikit tips agar tetap fokus kuliah sambil kerja ala Anda. Kalau kalian punya tips lain bisa tulis di kolom komentar ya! 

komunitas blogger

Artikel ini diikut sertakan dalam tulisan minggu ke-5 bertema Fokus yang diselenggarakan oleh #1Minggu1Cerita. Semoga bermanfaat-

Cheers,
andayani rhani

You May Also Like

19 Comments

  1. Demi apasi, sukak bgt! Xoxo

    BalasHapus
  2. Keren kak! Semangat terus kuliah sambil kerjanya^^ lumayan nanti buat tambah nilai plus di CV sama buat tambahan uang jajan atau bisa ditabung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Ajeng benar sekalii! terima kasii sudah berkunjung ya ^^

      Hapus
  3. Keren kak bisa kuliah sambil kerja !

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi iya kak mumpung masiih muda ^^ Anyway thanks for visiting ya!

      Hapus
  4. Bisa kuliah dan kerja, ini luar biasa sih karena udah keliatan pinter banget soal manajemen waktu, belum lagi masih menyempatkan untuk nulis blog.

    Kalo dulu saya kuliah, ga sempet kerja... karena kuliah cuma 10 bulan, begitu tamat, langsung kerja,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak dari kecil pengen banget bisa kuliah sambil kerja karena karena salah satu sodara juga gitu hehehe

      Hapus
  5. Semoga sukses Kuliahnya dan Sukses Pekerjaannya. Jarang jarang yang punya semangat seperti ini. Sekali lagi, semoga sukses.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaa Allah semangat terus hihihi Terima kasih pak Eko ;D

      Hapus
  6. Pilihan sih. Tapi kalau bisa kerja sambil kuliah memang luar biasa. Apalagi kalau bisa tetap fokus kuliah.

    Anyway, nggak dimanapun yang namanya nggak menunda-nunda pekerjaan itu emang the best.

    BalasHapus
  7. Suka salut sama orang yang mengerjakan dua hal kuliah dan kerja. Semangat kuliah dan kerjanya ya mbak.tipsnya juga mantul banget apalagi tentang planner dan gak menunda-nunda pekerjaan.

    BalasHapus
  8. dari dulu sampai sekarang aku selalu salut sama orang yang sanggup menjalani kuliah sambil kerja, karena keduanya tuh gak cuma menghabiskan banyak waktu tapi juga pikiran dalam waktu bersamaan. banyak deadline yang bikin puyeng juga. semoga lancar yah kak kerjaan dan kuliahnya. btw ini tipsnya juga bisa di aplikasikan untuk aku yang working mom loh

    BalasHapus
  9. Selagi masih muda dan belum berkeluarga, saya rasa sah2 saja memperbanyak pengalaman selama positif dan bisa manage waktu. Semangat terus mbak! Jadi mau coba pakai we note

    BalasHapus
  10. Dulu aku juga pernah ambil kerjaan sambilan pas sudah semester 6 kuliah. Kerjanya jaga rental buku aja sih. Seru banget soalnya bisa baca buku gratis dan dapat tambahan uang pastinya. Hehe

    BalasHapus
  11. Gak menunda-nunda kerjaan atau apapun itu ialah kunci. Saya dulu juga kuliah sambil kerja. Pas awal-awal tugas sering numpuk, giliran deadline, pusing sendiri. Hahaha

    BalasHapus
  12. Keren sekalii....
    Salut sama yang bisa kuliah sambil bekerja. Dan ini bisa menjadi portofolio ketika lulus nanti.
    Semoga kuliahnya lancar, tanpa hambatan dan bisa mendapatkan nilai terbaik.

    BalasHapus
  13. First, kamu luarbiasa hebat. Kuliah sambil bekerja itu nggak mudah. Makanya aku selalu salut sama orang-orang yang melakukan hal ini. Bismillah, semoga setiap ikhtiarnya Allah berikan takdir terbaikNya yaa. Aamiin

    BalasHapus
  14. Saya dulu juga pernah merasakan tapi bedanya saya kerja dulu baru kemudian kuliah, jadi nyebutnya kerja sambil kuliah hehehe.
    Memang butuh perjuangan ekstra, harus bisa bagi pikiran, tenaga, waktu dan materi juga sebab saat itu saya sudah berkeluarga. Salut buat mahasiswa yang bisa tetap fokus kuliah meskipun disambi kerja.

    BalasHapus

Thank you for your time to come by and leave comment! Follow me on Instagram @andayanirhani, let me know you found me from my blog, and I'll follow you back :)
-Xoxo