Rekomendasi Lip Cream untuk Bibir Gelap

by - Februari 03, 2021

Baca Juga

lip cream
Rekomendasi Lip Cream untuk Bibir Gelap 
Holla guys! Sebagai pemilik bibir gelap, sering kali aku kesulitan dalam memilih pewarna bibir (lipstik) yang tepat. Ingin menggunakan warna nude, eh malah keliatan pucet kayak orang lagi sakit. Pilih warna merah, eh malah dikira cabe-cabean. Amboy susahnye.

Dari beragam jenis pewarna bibir, aku lebih suka menggunakan jenis lip cream. Bukan tanpa alasan, selain berguna untuk memberikan warna. Menurutku lip cream ini dapat mengcover bibirku yang gelap. Setelah memiliki beberapa koleksi yang menurutku bagus. Di artikel kali ini aku akan berbagi rekomendasi Lip Cream untuk bibir gelap ke kalian. 

Tapi sebelumnya aku mau memperingatkan. Harap siapkan cemilan dan kopi biar nggak ketiduran plus tempat nyaman ya. Karena ini akan menjadi artikel yang panjang hahaha. Sudah siap? Let's get start it!


Pixy Lip Cream Shade 02 Party Red

lip cream pixy
Pixy Lip Cream Shade 02 Party Red
Lip cream pertama yang aku punya adalah Pixy Lip Cream ini. Aku inget banget pas beli ini di salah satu swalayan di kotaku ketika mau berkunjung ke rumah nenek di Jakarta. Secara waktu itu udah SMA kan, pengen gitu coba-coba pewarna bibir biar nggak keliatan anak desa banget hahaha.

Entah wangsit dari mana, siang itu aku memilih Pixy Lip Cream Shade 02 Party Red. Sebenernya aku agak nyesel beli lip cream ini karena warnanya merah cetar membahana, Miskaa hahaha. Mana waktu itu niatnya mau dipakai daily buat ke sekolah tipis-tipis. Malah jadi keliatan kek tante-tante.

Tapi beruntungnya, Lip Cream Pixy ini recomended banget dipakai para pemilik bibir gelap saat malam hari. Khususnya dalam acara-acara pesta. Salah satunya adalah acara promnight perpisahan SMA-ku. Setelah menemukan base ombre yang bagus untuk bibir gelap, akhirnya belakangan ini aku biasa memakainya dengan teknik ombre.

Aku lupa apakah lip cream ini memiliki kemasan dus. Tapi kemasan utamanya didominasi dengan warna hitam dengan desain yang cukup ramai. Ada motif titik-titik dan springkle putih gitu. Sedangkan di area bawahnya transparan. Sehingga kita bisa melihat warna isinya. Untuk tutupnya sendiri berwarna hot pink. 

swatch lip cream pixy
Swatch Pixy Lip Cream Shade 02 Party Red
Lip Cream Pixy memiliki aplikator berbentuk doe doof. Jadi mudah banget untuk menjangkau ujung bibir dengan presisi. Sayangnya, agak sedikit transfer ketika digunakan untuk makan/minum. Secara performa, lip cream dengan netto 4 gram ini sangat pigmented dengan coverage medium to high. Finishnya mate. 

Dari segi ketahanan, menurutku dia cukup longlasting dan nggak bikin bibir kering. Agar tidak cracky dan terlihat plumpy. Saranku kamu tetap perlu menggunakan lip gloss/lip balm dulu untuk melembabkan bibir. Harga Pixy Lip Cream ini sekitar 40ribuan.


Emina Lip Creamatte Shade 3 Mauvelous

lip cream emina
Emina Lip Creamatte Shade 3 Mauvelous
Lip cream kedua yang aku punya ini dari Emina. Kali ini alhamdulillah aku udah nggak salah shade lagi karena aku beli setelah mencoba punya teman hahaha. Karena sudah pernah aku review khusus jadi aku nggak akan menjelaskan dia panjang lebar lagi. Tapi kalau kalian mau baca, bisa singgah sebentar ke Review Emina Lip Creamatte No 3 Mauvelous di Bibir Gelap

Packaging lip cream Emina ini mungil banget. Eits tapi jangan salah ya, meskipun mungil dia punya isi yang paling banyak lho dibanding lip creamku yang lain. Nettonya sebanyak 5,5 gram. Hal lain yang aku suka, dia jadi travel friendly karena nggak makan banyak tempat. 

Desain kemasanya sangat simple. Hanya ada nama produk dan brand saja dengan tutup berwarna hitam. Bentuk aplikatornya sama dengan brand Pixy, yakni doe doff. Menurutku ketahanan Emina Lip Creamatte so-so aja dan lumayan transfer. Jadi wajib reapply setelah makan. Meskipun coveragenya kurang, namun dia sangat ringan ketika di pakai. 

Seperti namanya, dia memiliki finish mate. Aku suka aromanya yang manis kayak vanilla. Dia nggak bikin bibir kering, tapi aku tetap saranin kalian menggunakan lip balm dulu. Harga lip cream ini sekitar 30-40ribuan. Ramah banget dikantong pelajar dan mahasiswa. 


Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mouse

wardah lip mouse
Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mouse Shade 04-12-09 (dari kiri)
Selanjutnya masih dari brand lokal yakni Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mouse. Sebenernya agak menyimpang sedikit dari tema tapi menurutku dia bagus. Fyi, buat kalian yang belum tau. Lip mousse merupakan pewarna bibir yang memiliki tekstur yang lebih ringan dan lembut. Namun, memberikan warna yang intens dan mudah diratakan sama seperti lip cream.

Aku memiliki 3 shade Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse. Shade Pink Sweetheart no. 4 yang pertama aku dapat dari Socobox. Dia memiliki warna mauve (ungu pucat). Warna ini bagus banget di pakai untuk kegiatan outdor maupun acara semi formal.

Untuk shade Chic Terracotta no. 12 dan shade ombre charmer no. 09 aku beli sendiri di Sociolla. Aku biasa pakai keduanya dengan teknik ombre. Sejujurnya aku paling nggak bisa untuk menggunakan teknik yang satu ini, karena kelihatan aneh di bibir. Tapi setelah menemukan base ombre no 09 Wardah ini aku jadi lebih PD karena coverage lip mousse ini oke banget.

lip cream ombre wardah
Apply Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mouse Shade 09 Ombre Charmer


bibir menggunakan lipstik
Apply Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse Shade 12 Chic Terracotta
Shade Chic Terracotta no. 12nya juga bagus banget kalau dipakai sendiri tanpa ombre. Wajah jadi keliahatan lebih cerah. Karena masih saudaraan dengan Emina, dia juga punya aplikator berbentuk doe doff tapi bedanya lebih pendek. Kemasan Wardah Lip Mousse ini sangat simple dengan pilihan warna-warna mate.

Ketika digunakan untuk makan/minum Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse ini memang sedikit transfer. Tapi masih dalam tahap wajar. Di bibir juga masih tersisa warnanya jadi nggak perlu reapply lagi. Lip Mousse ini sangat lembut dan ringan banget ketika dipakai. 

Coveragenya medium to high. Cukup untuk mengcover bibir gelapku. Dia juga cepet nge-set di bibir. Untuk aromanya cukup soft dengan wangi manis. Harga Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse ini sekitar 60-70 ribuan.


Wardah Exclusive Matte Lip Cream shade Heartbeet no. 16

wardah lip cream
Wardah Exclusive Matte Lip Cream shade 16 Heartbeet 
Selanjutnya masih dengan wardah, kali ini dengan the real lip creamnya. Aku dapat produk ini dari hampers setelah menjadi moderator dalam suatu acara seminar. Wardah Exclusive Matte Lip Cream ini memiliki kemasan bening dengan tutup silver yang elegan. 

lip cream wardah
Apply Wardah Exclusive Matte Lip Cream shade 16 Heartbeet
Aku paling suka dengan warna Wardah Exclusive Matte Lip Cream shade Heartbeet no. 16 ini karena ketika digunakan, wajahku jadi terlihat lebih cerah. Warnanya perpaduan antara merah tua dan pink gitu. Sama seperti sebelum-sebelumnya. Dia memiliki aplikator sejuta umat, berbentuk doe doff.

Untuk ketahanannya Wardah Exclusive Matte Lip Cream hampir sama dengan saudaranya. Dia mudah ngeset, longlasting, sedikit transfer, dan nggak bikin bibir kering. Bedanya, Colorfit Velvet Matte Lip Mouse lebih ringan dibanding dengan lip cream ini. Tapi secara warna, bagiku dia paling juara membuat wajahku terlihat lebih cerah. Harganya sekitar 40-50 ribuan.


Focallure Ultra Chiclip Mate shade 07 Chestnut 

lip cream focallure
Focallure Ultra Chiclip Mate shade 07 Chestnut 
Focallure Ultra Chiclip shade 07 Chestnut ini baru banget aku beli. Kemasnnya mirip dengan Wardah Exclusive Matte Lip Cream. Bedanya tutupnya berwarna hitam dan ada tambahan kemasan dusnya.

Aplikator lip matte Focallure ini paling beda dari yang lain. Bentuknya pipih gitu, tapi tetep mudah dipakai untuk memoles ujung bibir. Dari semua lip cream yang aku punya, dia yang paling kerasa agak kering. Jadi harus pake lip balm extra biar nggak cracky. 


swatch focallure lip cream
Apply Focallure Ultra Chiclip Mate shade 07 Chestnut 
Esensi aku beli dia karena aku pengen punya varian lipstik dengan konsep nude gitu. Tapi hasil warnanya ternyata melenceng dong nek dari targetku. Warna dia setelah aku swatch kayak mauve gitu. Meskipun nggak sesuai ekspektasi tapi dia tetep cocok dipakai di bibir gelapku.

Untuk ketahanan dia lumayan longlasting dan sedikit transfer. Aku suka aromanya yang mirip wafer jaman aku kecil. Wafer yang toplesnya warna hitam dengan gambar orang naik sepeda. Wafer ini hits banget waktu aku masih kecil tahun 2000an awal. Jadi berasa nostalgia deh ahaha. Harga lip cream Focallure ini sekitar 60-70ribuan tapi karena aku beli waktu promo di Sociolla harganya jadi Rp 27.000,- aja.


Mineral Botanica Soft Matte Lips Cream Shade 020 Honey Nude

mineral botanica lip cream
Mineral Botanica Soft Matte Lips Cream Shade 020 Honey Nude
Last but not least, ini lip cream favoriteku yang menempati posisi juara umum saat ini. Makanya aku kasih di list terakhir hehe. Kali ini sedikit bangga sama diri sendiri. Kebetulan banget kali ini pilihanku bener dan dia cocok di bibirku guys hahaha. Meski sebelumnya salah warna terus. 

Tampilan kemasan Mineral Botanica Lip Cream mirip dengan Pixy. Hitam dengan dasar bening. Bedanya tutupnya dia ikutan hitam juga. Kemasaannya paling informatif bagiku. Meskipun nggak dilengkapi dus, tapi sudah ada klaim, ingredients, no BPOM, dan tanggal Exp di kemasan utamanya.

Mineral Botanica Lip Cream ini juga menggunakan aplikator sejuta umat. Doe doff yang panjang. Warnanya saat di swatch nude agak keorenan gitu. Setelah diapply wajah jadi keliatan fresh. Meski nude, tapi dia nggak bikin wajah jadi pucat.

mineral botanica lip cream
Apply Mineral Botanica Soft Matte Lips Cream 
Di antara semua lip creamku dia yang paling cepet banget ngesetnya. Jadi cocok kalau dipake pas buru-buru. Formula lip cream ini ringan banget kayak nggak pakai apa-apa. Meskipun pernah kelupaan pakai lip balm, dia nggak bikin bibirku kering.

Secara performa aku setuju dengan klaimnya. Dia longlasting dan no colour transfer. Cocok banget dipakai kalau ada acara makan-makan. Pakai maskerpun jadi nggak kotor. Dari segi aroma dia punya aroma yang manis dan paling kuat. Aku suka banget aromanya ini.

Harga normalnya sekitar 50-60 ribuan tapi aku beli di Sociolla waktu diskon jadi Rp 33.950,- saja. Sumpah nyesel banget beli produk ini cuma satu. Kalau kalian mau beli di Sociolla, bisa menggunakan kode SBN04B0D0 ya untuk mendapatkan diskon tambahan. Dengan kelebihannya itu, nggak salah kan kalau aku menobatkan Mineral Botanica Lip Cream sebagai juara umum? 

Itulah beberapa rekomendasi Lip Cream untuk bibir gelap yang aku miliki. Kalau ada lip cream terbaru nanti in syaa Allah akan aku update lagi. Kira-kira dari lip cream di atas kamu sudah punya yang mana aja nih? Yuk share pengalamanmu di kolom komentar. 

With love,
andayani rhani

You May Also Like

15 Comments

  1. Yeay, lip cream kita samaan Mbak Anda. Aku jg pengguna emina nih, love banget sama emina, beberapa produk ku make upku jg emina.

    kalo beli lipstik karena suka di rusak Nahla. Jadi lip cream ini malah cocok jg di bibirku. Cuma sayangnya ya cepet memudar ya.

    BalasHapus
  2. So far yang paling cocok ama aku yah Wardah, shadenya banyak lalu coverage nya maksimal. Walau sedikit ada transfer, tapi better lah ga bikin bibir jadi kering. Ehh ini bukan endorse ya..wkwwk..

    BalasHapus
  3. Asyik jadi punya refernsi nih kalau mau beli lipcream, secara aku jarang banget make lipstik. Aku punya wardah sebiji dan masih awet.

    BalasHapus
  4. Mineral botanica bagus juga ya ternyata. Aku yang penasaran lip mousenya wardah, pingin beli ituuu :D

    BalasHapus
  5. bagus nih ka rekomendasinya, aku share ke teman aku yang punya tone bibir dengan warna yang gelap ya :)

    BalasHapus
  6. Udah lama banget aku ga pake lip cream, soalnya suka kerasa basah gitu di bibir. Dari produk di atas mana kak yang agak matre rasanya di bibir? Kalo warna sih aku suka pixy

    BalasHapus
  7. Suka deh sama honey nudenya mineral Botanica. Warnanya pas, nggak menor dan nggak pucet

    BalasHapus
  8. Keren-keren banget mbak shade rekomendasinya. Selama ini aku seringnya cuma pake liptint doang, jarang banget tau sama lip cream paling mentok taunya wardah itupun warnanya gitu-gitu aja.

    BalasHapus
  9. Warnanta manis manis ya ... jadi mau coba salah satunya .. tapi itu cocok untuk bibir sensitif ndak ya? kalau mau konsultasi dulu bisa kemana?

    BalasHapus
  10. Waaah cocok nihh warnanya ngga norak. Sukaaa.
    Tapi ni aman ya Nda untuk bibir kering?

    BalasHapus
  11. kebetulan aku lagi yari lipstik nih, mbak
    LIpstikku habis. Pengin nyoba wardah colorft itu, mbak. Keknya menggoda dan cocok untukku

    BalasHapus
  12. Saya juga punya mbak focalure tapi beda warna hehehe.. emang enak sih yaaaa

    BalasHapus
  13. Wah, cantik-cantik ya shade-nya. Yang pernah saya punya itu Pixy dan Mica. Memang sebagus itu. Toss dulu deh kakak.

    BalasHapus
  14. warna-warnanya cakep emang ya, jadi naksir yang terakhir itu lho apalagi aman yaa kalau dipakai acara makan dan gak nempel saat pakai masker :-D

    sebenarnya suka warna bibir, habis kalau kelihatan banget lipstickaannyaa si Paksu suka ribut, wkwkwkk

    BalasHapus
  15. Duh maaf, entah kenapa saya gak terlalu suka pake lipstick atau lip cream gitu karena gak terlalu biasa make gituan sih :(

    tapi saya lebih suka yang warna lip cream yang samar dan polos sih, soalnya cakep banget kalau di pakai,

    BalasHapus

Thank you for your time to come by and leave comment! Follow me on Instagram @andayanirhani, let me know you found me from my blog, and I'l follow you back :)
-XOXO