Rekomendasi Kegiatan Produktif di Rumah Aja

by - Februari 19, 2022

Baca Juga

Hai guys! Nggak kerasa banget ya, ternyata sudah hampir setahun pandemi Covid-19 ini hadir di tengah-tengah kehidupan kita. Mayoritas lapisan masyarakat, mulai dari orang tua hingga anak-anak, semua harus menjalani aktivitas dari rumah. Namun, kegiatan yang sama setiap harinya tak jarang membuat kita merasa bosan. 

anak perempuan di jendela
Ilustrasi kebosanan di dalam rumah
Setelah menuliskan Tips Mengatur Waktu Agar Produktif dan Efektif Selama di Rumah Aja. Di kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi kegiatan produktif yang bisa kamu lakukan selama di rumah aja. Here we go!


Mendalami Hobi dan Berkarya

Di zaman yang serba tak terbatas ini kamu bisa menjadi apapun. Banyak sekali bakat terpendam dari orang-orang bertalenta muncul kepermukaan sejak pandemi. Mulai dari yang jago nyanyi sampai komedi. Dari orang yang awalnya bukan siapa-siapa, jadi orang yang dikenal tingkat negara atau bahkan dunia. 

Jika kamu punya hobi, minat, atau bakat yang tidak pernah terealisasi karena terhalang rutinitas sehari-hari. Nah, sekarang adalah waktu yang tepat untuk action. Kamu bisa memanfaatkan waktu yang fleksibel di masa pandemi ini untuk mulai berkarya. 

Kalau punya hobi, apa pun, enggak harus bakat yang perfect, sekadar hobi aja, coba tekunin deh. Di era yang serba digital dan luar biasa canggih ini, sayang kalau cuma duduk diem-sekolah-lulus-kuliah-lulus-kerja-nikah. Hidup bisa lebih seru dari itu. Karena prestasi enggak melulu tentang angka-angka.
-ntsana

Langkah kecil yang bisa kamu lakukan untuk berkarya adalah memulainya dari hal yang kamu suka. 
Jika kamu hobi menulis. Dari pada tulisan kamu bisa memulai ngeblog. Suka berbicara? Dari pada ngoceh tanpa arah dan gosipin tetangga, kamu bisa mulai berkarya dengan membuat podcast perdana.


Berburu Barang Gratis

kado hadiah
Mendapatkan Barang Gratis
Selain bidang kesehatan, pandemi ini juga berdampak pada sektor keuangan. Wujud nyatanya adalah uang saku saya yang terlockdown. Untuk menekan biaya pengeluaran, hal dapat lakukan adalah berburu barang gratis melalui give away. Mulai dari kebutuhan sehari-hari, skincare, hingga perabotan rumah tangga bisa kita dapat dari sana.

Buat teman-teman yang jarang beruntung mendapatkan barang hasil give away, nggak perlu sedih. Kalau kata pepatah, masih banyak jalan menuju roma. Kalian bisa mendapatkan barang gratis dari beberapa situs seperti yang pernah saya tulis di artikel berjudul Situs Penyedia Barang Gratis yang Wajib Kamu Coba.


Mulai Berinvestasi

Usia yang akan memasuki kepala dua, membuatku berusaha untuk selalu berfikir panjang dan mempersiapkan masa depan. Salah satu cara yang saya tempuh adalah memulai berinvestasi sejak dini. Instrumen investasi yang sudah saya terjun sampai saat ini diantaranya adalah reksa dana, saham, dan yang terbaru ada P2P Lending.
 


Berolah Raga

jalan di tangga
Olah raga sederhana dengan berjalan kaki di rumah
Adanya pandemi bukan alasan untuk tidak melakukan apa-apa. Selain menerapkan pola hidup sehat, tubuh kita juga butuh olah raga. Salah satu olah raga yang bisa kamu lakukan tanpa keluar rumah adalah workout, yoga, senam irama, bersepeda, ataupun olah raga sederhana dengan berjalan kaki saja.


Meningkatkan Skill

Sejak diterapkannya social distancing dan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB), tidak sedikit kegiatan yang terancam batal. Namun, ada juga yang beralih ke jalur virtual. Dengan adanya kegiatan virtual ini, kamu bisa menjangkau berbagai kegiatan untuk meningkatkan skill tanpa takut terkendala jarak.

Salah satu kegiatan produktif untuk  meningkatkan skill tersebut adalah mengikuti pelatihan ataupun seminar. Mulai dari seminar pendidikan, webinar, maupun kursus secara online.

 

Mengikuti Lomba

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Setelah mengimprove skill, hal yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah mengukur kemampuan diri dengan mengikuti lomba sesuai bidang yang kamu pelajari. Apakah kamu sudah berkembang atau masih sama seperti sebelumnya? Selain sebagai tolak ukur, dengan mengikuti lomba juga kamu juga bisa medapatkan reward yang bikin tambah semangat.

Supaya tidak ketinggalan info, kamu bisa mengikuti berbagai akun atau situs lomba. Buat teman-teman yang tertarik mengikuti lomba khususnya lomba blog, kamu bisa mendapatkan informasi lomba blog terkini di blongnya kak Tri, pohontomat.com

Itulah rekomendasi kegiatan produktif selama di rumah aja versi saya. Kalau kamu sudah melakukan hal apa saja selama setahun pandemi ini? Yuk share pengalaman kamu di kolom komentar.

With love,
andayani rhani

You May Also Like

6 Comments

  1. aku nih salah satu yang gak pernah menang ikut giveaway hahaha, jadi kalau ada giveaway udah males mau ikut, atau kalau ikut juga cuma mau meramaikan aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh samaan nih mba Indah! Saya juga tim yang nggak pernah 'bejo' kalau ikutan giveaway xixixi tapi tetep ada alternatif solusinya kok. Salah satunya mencoba ikutan program barang gratis hehe

      Hapus
  2. Nah kaan, sebenarnya banyak hal bisa dilakukan dari rumah saja ya. Satu lagi yang saya suka di zaman now adalah mengikuti kelas2 gratis (sukanya yang gratisan hihi) eh kadang2 juga berbayar untuk pengembangan diri dan nambah wawasan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga salah satu pemburu kelas gratis mba hehe, pandemi gini banyak sekali webinar dan media lain untuk upgrade ilmu hehe, terima kasih sudah berkunjung mba ^^

      Hapus
  3. Lomba blog menantang banget nih. Jadi lebih semangat lagi nulisnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mbak Diary! tapi sayangnya saya masih jarang nih ikutan lomba blog hehe, kalau mba bagaimana?

      Hapus

Thank you for your time to come by and leave comment! Follow me on Instagram @andayanirhani, let me know you found me from my blog, and I'll follow you back :)
-Xoxo