Pengertian PAO, EXP dan MFG pada Kemasan Kosmetik

by - Mei 26, 2020

Baca Juga

"Mbak kok sunscreen-nya ada label tanggal gini?"

Tanya saya heran, melihat label tulisan tanggal kecil di produk sunscreen mbak Inung. Dengan sabar, dia pun menjelaskan secara detail segala pertanyaan kepo saya yang masih awam tentang kode-kode di kemasan kosmetik kala itu.


Beberapa waktu lalu, saya melihat dokter sekaligus influencer yang saya ikuti di instagram, kak Astariri, membahas tentang PAO, MFG, dan EXP yang dulu pernah saya tanyakan pada mbak Inung.

Karena banyaknya pertanyaan seputar PAO dan EXP yang jarang diketahui, atau sudah tahu tapi masih salah kaprah mengartikannya, termasuk saya awalnya, hehehe...

Sayapun tergelitik dan terdorong untuk menuliskan arti PAO, EXP, dan Production Date beserta pertanyaan seputar masa simpan pada kesempatan kali ini.


Pengertian Production Date

Production Date atau Manufacture Date adalah kode yang menunjukan tanggal produksi produk tersebut. Biasanya disingkat dengan MFE, MFG, M.


Pengertian Experied Date

Expired Date pada Kemasan Laneige Lip Sleeping Mask Berry 

Expired date atau EXP adalah kode yang menunjukkan tanggal kedaluwarsa sebelum produk tersebut dibuka. Biasanya disingkat EXP atau E.

Kode produksi ini biasanya tertulis secara spesifik dimana terdapat tahun, bulan, serta tanggalnya. Tetapi, tidak menuntut kemungkinan hanya ditulis bulan dan tahunnya saja.


Pengertian Period After Opening 

Berbeda dengan makanan atau produk lainnya yang hanya memiliki kode MFE dan EXP saja. Dalam produk kecantikan atau kosmetik terdapat satu kode lagi untuk menentukan masa simpannya, yaitu PAO.

Saat mengamati kemasan sebuah produk kosmetik, biasanya kita akan menemukan jar dengan tanda 6M, 8M, 12M atau 24M di sisi belakang. Lalu apa maksudnya kode tersebut?

PAO pada Kemasan Laneige Sleeping Mask Lavender

Kode angka dengan akhiran M itu berarti Month atau bulan yang disebut Period After Opening atau PAO, merupakan kode yang menunjukan tanggal kedaluwarsa suatu produk setelah kemasan di buka atau sejak pertama kali dipakai.

Dengan catatan, tanggal PAO akan berlaku, jika berada di dalam masa EXP (lebih awal dibanding tanggal EXP). Namun, bila tanggal EXP lebih awal dibanding masa PAO-nya, maka yang berlaku adalah tanggal EXP. Intinya, siapa yang lebih awal (PAO/EXP) itulah yang digunakan. Mekanismenya sebagai berikut.



Cara Menentukan Tanggal PAO

Dari definisi di atas, dapat kita ketahui bahwa masa PAO ini di tentukan oleh bulan. 6M berarti masa simpan suatu produk setelah dibuka adalah 6 bulan, 12M berarti 12 bulan, dan seterusnya.

Tapi, belum semua orang paham bagaimana mekamisme kerja EXP dan PAO. Untuk itu di tulisan kali ini saya akan menjelaskan beberapa kasus serta pertanyaan yang sering membuat para beautys bingung. Udah berasa kayak laporan praktikum aja pakai kasus 'eh...

Mekanisme PAO dan EXP


Misalnya, saya membuka dan memakai produk Day Cream (EXP 21 April 2022) dan Night Cream (EXP 31 Januari 2021) secara bersamaan pada tanggal 17 April 2020.

Keduanya memiliki kode PAO yang sama, yakni 12M. Artinya, keduanya memiliki masa akhir PAO pada tanggal 17 April 2021. Apakah tanggal kedaluwarsanya mereka juga sama? Berikut adalah penjelasan rincinya.

Dalam kasus Day Cream. Tanggal PAO (17 April 2021) lebih dahulu dari EXP date-nya (EXP 21 April 2022). Maka produk tersebut sudah tidak layak pakai setelah tanggal PAO-nya. Meskipun tanggal EXP-nya masih lama. Di sinilah kegunaan PAO yang sebenarnya beautys. Ingat prinsip, siapa yang lebih awal (PAO) itulah yang digunakan.

Jika beautys tergolong manusia pelupa, seperti saya, kalian bisa menuliskan notes tanggal pertama kali membuka/memakai pada kemasan seperti hal yang dilakukan mbak Inung di cerita pembuka tadi.

Boleh-kah menggunakan produk yang telah melewati tanggal PAO meskipun EXP-nya lebih lama?

Bukannya tidak boleh, tapi lebih baik jangan. Jika kita tetap menggunakan produk yang telah melewati kapasitas masa simpannya (PAO) bisa mengurangi kegunaan/fungsi produk tersebut.

Bahkan untuk bahan aktif, contohnya vitamin C, dapat menimbulkan reaksi yang menyebabkan iritasi atau hal buruk lain pada kulit yang sensitif. Ngerikan?

Sampai di sini paham beautys? Semoga paham ya... Kasus Day Cream saya anggap selesai. Lalu bagaimana dengan kasus Night Cream tadi?

Tidak semua produk bisa langsung terjual dan digunakan setelah di produksi. Bisa jadi, produk tersebut terjual saat mendekati masa kedaluwarsa atau bahkan setelah masa kedaluwarsanya.

Dalam kasus Night Cream ini. Jika EXP lebih awal dari tanggal PAO-nya maka, tanggal kedaluwarsanya berlaku sebelum EXP-nya, meskipun tanggal PAO-nya masih lama. Ingat lagi prinsip siapa yang lebih awal (EXP) itulah yang digunakan.

Setelah melewati tanggal EXP, berarti produk tersebut sudah tidak layak digunakan / kedaluwarsa. Kalau beautys makan makanan sudah kedaluwarsa apa yang akan terjadi? Nggak enak, baunya busuk, bikin sakit perut, intinya bisa menimbulkan negatif/merugikan. Begitu juga dengan produk kecantikan.

Dalam kasus lain, saya pernah ditawarin masker organik yang sudah melewati masa EXP yang alias kedaluwarsa tapi masa PAO-nya 3 bulan? Apakah saya harus beli?

Jawabannya Tidak. Kalau dibeli artinya saya akan menggunakan produk kedaluwarsa.

Lalu, bagaimana jika produk kecantikan kita tidak memiliki kode PAO?
Cek PAO di Website Resmi

Tidak semua produk memiliki kode PAO dalam kemasannya. Untuk produk-produk kecantikan seperti ini, masa kedaluwarsanya dapat kita cek melalui website resminya. Jika tidak dicantumkan, maka tanggal kedaluwarsanya mengikuti masa Expired Date.

Nah, sekarang sudah paham tentang arti PAO, EXP dan MFG kan? Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat membantu para beautys memahami dalam tentang masa simpan produk kecantikan ya. Sampai jumpa di tulisan selanjutnya.

With love,


You May Also Like

63 Comments

  1. This is useful! Nambah pengetahuan nih, penting banget. Tfs! :)

    Cassandra, xoxo
    https://chunkyrabbit.com/new-natasha-denona-mini-retro-not-what-i-expected/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat kak Cassandra 😊 terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  2. makasih mbak sharingnya, saya mampir kemari karena banyak pake skincare, jd tau perbedaannya antara exp, pao n mfg... "dibilang berbahaya ga ya, tp fungsi produk jd berkurang" noted

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak, saya juga adicted bgt sama skincare, jadi kalau tau info dikit tangan gatel pengen sharing. Semoga bermanfaat 😊

      Hapus
  3. Terimakasih sharing nya mba. Pusing euy. Apa cuma kosmetik Korea aja ya? Aku jarang pakai kosmetik Korea

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya nggak hanya skincare korea aja kok mba, ada beberapa produk ln lain seperti maybeline, dll. Tapi kalau skincare Indo saya belum sempat pakai

      Hapus
  4. Ya ampun, baru tau aku, wkwk.. makasih loh infonya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kak semoga bermanfaat 😊

      Hapus
  5. Wah saya baru paham arti dari label itu wkwk. Selama ini biasanya ga terlalu perhatiin detail untuk label produk, terima kasih informasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi lebih telti ya kak hehehe, sama-sama 😊

      Hapus
  6. BERMANFAAT bgt. selama ini gk ngerti samsek. yg dlihat cm exp aja. mksh sharingnya :-)

    BalasHapus
  7. Bermanfaat sekali ilmunya, terimakasih banyak..saya jadi bisa lebih teliti lagi saat membeli kosmetik.

    BalasHapus
  8. Selama ini aku taunya exp date doang loh mbak anda. Ternyata ada PAO ya...abis dibuka kita tentuin exp datenya. Makasih infonya kaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, maaf sedikit koreksi yang ditentukan itu tanggal PAOnya kalau EXPnya tanggalnya tetap 😊

      Hapus
  9. Penting nih apalagi buat pecinta makeup. Makasih sharingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mba, iya sama-sama 😊

      Hapus
  10. Aku juga pakai sleeping mask nya laneige hihi salfok kesana deh.
    Thanks mba berbagai macam singkatan ini jadi paham artinya apaan dan harus bagaimana.

    BalasHapus
  11. oh baru tau saya soal PAO nih, selama ini pake aja bahkan sebelum h-1 tanggal exp date, hehehe

    BalasHapus
  12. ternyata kosmetik juga sama kaya obat ya, obat juga biasanya ada pao nya, tetapi masih banyak yang belum ngeh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mba, sayapun awalnya nggak tahu sama sekali. Tapi berkat literatur dan edukasi dari lingkungan sekitar lama" jadi paham dan ngerti 😊

      Hapus
  13. Wah nambah ilmu baru nih. Thanks kak. Selama ini cuma memperhatikan saja sih tanpa tahu mksud Dari PAO tersebut yang penting di tanggal exp nya hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya mba, sama-sama .semoga bermanfaat ya

      Hapus
  14. wah, iya ya mba, kadangan suka terlewat info ini, padahal penting sekali ya :) salam kenal ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak dede, saya juga kadang ga 'ngeh dan baru belajar ttg ini. Salam kenal juga 😊

      Hapus
  15. Makasiiih ... Aku jadi tahu deh maksudnya apaan. Kalau membeli produk, aku tuh cuma memperhatikan kemasan luar dan EXP aja. Bahkan nggak memperhatikan juga soal MFG dan PAO ini. Ternyata memang ada, wahaaa ... Harus belajar lagi nih buat belanja yang bener.

    Dulu aku selalu menganggap EXP yang batas akhir penggunaan produk, eh ternyata malah bisa juga dibaca masa berlaku sebelum produk dibuka. Tercerahkan sekali. Thanks, yaaa ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kak, semoga lebih teliti lagi ya dalam memilih dan beli produk skincare maupun kosmetik 😊

      Hapus
  16. Aq sekarang lagi merintis jualan kosmetik juga.. ilmu banget nih tulisan ini buat aq.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah semangat ya jualannya kak! Semoga diberi kelancaran dan keberkahan, aamiin

      Hapus
  17. Selama ini yang sering saya perhatian hanya exp date saja. Kirain patokan penggunaan dari angka itu, ternyata ada pao ya. Makasih sharingnya Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kak semoga bermanfaat ya 😊

      Hapus
  18. Terima kasih, mbak. Ini ilmu baru buat saya. Selama ini, saya tahunya ya cuma tanggal expired doang. Jadi, bisa lebih hati-hati dalam penggunaan make up sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, semoga bisa bermanfaat 😊

      Hapus
  19. Jadi yg penting itu lihat PAO nya ya kak. Selama ini saya cuma lihat Exp nya aja.
    Makasi infonya kakak.

    BalasHapus
  20. Mbaaa, aku terharu bisa baca tulisan bermanfaat begini. Apalagi awam banget soal skincare. Mana kepikiran buat catet tanggal pertama kali buka heloooo wkwkwk. Aku tausih mfg sama exp, tapi pao baru denger sekarang dan kayanya skinkerku tak ada paonya hhii. Thx looo infonyaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga masih awam banget ko mba, baru terjun beberapa tahun dan belum se experd beauty guru. Alhamdulillah kalau nggak ada paonya sih jadi lebih ga rempong

      Hapus
  21. Saya perdana loh mba baca ulasan tentang ini. Berguna banget. Hehehe. Tahunya kalo beli kosmetik cuma cek expired datenya doang. Hihiihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh semoga lebih detail dan teliti lagi ya mba sama produk kosmetik hehe

      Hapus
  22. Informasinya bermanfaat kak, jadi tau maksud dari kode2 tersebut. Dengan tahu seperti ini, kita bisa jeli dan berhati2 dalam membeli dan memakai produk2 kosmetik

    BalasHapus
  23. MFG Beneran baru tahu lho kalau itu artinya production date 🀣🀭 ternyata. Tapi emang bener banyak produk gak ada PAOnya kan ya. Bingung juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, kalau nggak ada PAOnya biasa cek ke websitenya dulu jika emg bener" ga ada bisa pakai tgl exp datenya

      Hapus
  24. Wahh ilmu loh ini. Selama ini ga saya perhatiin , cuma liat tgl expired aja
    Makasih ilmunya yaaa hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, sama-sama. Semoga bermanfaat ya ilmunya dan lebih teliti lagi

      Hapus
  25. wah ilmu baru nih slama ini taunya exp. sama mfg. aja baru tau ttg PAO mksh bnyk ya kak infonya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Sama-sama semoga bermanfaat ya infonya 😊

      Hapus
  26. Waah ini perlu di sosialisasi, terutama buat ibu2 yg menggunakan kosmetik agar jgn sampai salah gunakan karena tidak mengetahui istilah itu.

    Kebanyakan hanya mengetahui istilah expired saja, tapi tidak mengetahui istilah yg lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kang, takutnya ingin merawat wajah tapi dengan cara yang salah.

      Hapus
  27. Kirain PAO itu bakpao wkwkw. Baru tau ada istilah PAO, belum pernah pake kosmetik soalnya mbak. Terima kasih infonya mbak, berarti harus dibaca dulu kemasannya sebelum memakainya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh saya ngakak bacanya hahahaham iya mas harus teliti dan jelii soalnya banyak juga perempuan yang belum tahu soal pao ini hhehe

      Hapus
  28. Ini mencerahkan sekali, kayaknya saya harus cek kosmetik istri saya, haha. Btw, kalau begitu kita mesti catat dong mbak, kapan produk kosmetik itu dibuka, biar bisa dihitung PAO nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren sih bang fadli sampai mau cek kosmetik istrinya, btw memang salah satu cara biar ingat bisa dengan dicatat seperti yang saya tuliskan di artikel ini mas.

      Hapus
  29. oalah begitu ya, saya kira mah tinggal cek aja aja masa exp-nya ternyata enggak ya, heu. saya mah selama ini pakai mah pakai aja. jadi lebih aware nih skrg. makasih mba informasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kak stefii :) semoga bermanfaat ya

      Hapus
  30. Saya tahunya EXP, ternyata ada juga istilah PAO ya. Makasih mbak, tulisan ini membuka wawasan sekali

    BalasHapus
  31. Baru tau kak, terimakasih sudah berbagi. tentang PAO, biasanya lihat EXP aja. Kayak bedak gatal untuk anak malah sudah tiga tahunan dari pertama kali dibuka. huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama kak, wah harus di cek tuh. Apalagi produk untuk si kecil kak

      Hapus
  32. Dulu mah ngga ngeh sm kode2 dibawah botol ya, skrg jd tau dh maksud nya. Thanks sharingnya mom

    BalasHapus