Cara Mudah Cek Body Mobil Second agar Tak Tertipu

Mobil bekas atau second biasanya punya harga yang terjangkau, mobil ini juga bisa jadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin punya mobil tapi budget-nya terbatas. Agar tak tertipu dengan rupa body mobil yang terlihat mulus, kamu bisa cek dan periksa dengan teliti lebih dulu. 

Body mobil yang bagus tentu menjadi nilai lebih ketika membeli mobil, jika body-nya penuh dengan baret atau goresan, kenyamanan berkendara bisa berkurang. Tidak sulit mengecek body mobil secara menyeluruh, ikuti tips berikut ini ya!

cek body mobil
Cara Mudah Cek Body Mobil Second


Cara Cek Body Mobil Second

1. Sentuh Permukaan Cat Mobil

Ketika membeli mobil second, cobalah untuk menyentuh permukaan cat mobil. Jika terasa kasar atau bergelombang, kemungkinan mobil tersebut body-nya sudah tergores dan ditumpuk dengan cat hingga tebal. Permukaan yang tidak mulus juga menjadi tanda bahwa perbaikan body yang dilakukan tak rata. 


2. Periksa Kesimetrisan Mobil 

Kamu juga bisa memeriksa bagian body mobil yang lain, diantaranya kap, pintu dan juga panel bodi. Pastikan semua bagian tersebut sejajar dan simetris, karena jika tidak, kemungkinan mobil bekas yang kamu pilih pernah mengalami benturan atau perbaikan. 

Kerusakan pada bodi mobil juga bisa kamu lihat ketika ada bagian body yang menonjol. Kalau kamu tak masalah dengan kerusakan tersebut, kamu bisa mempertimbangkan untuk membelinya. Tapi jika kerusakan terlalu parah, sebaiknya pertimbangkan cari yang lain. 


3. Cek Keberadaan Panel Fiber atau Plastik 

Untuk melihat apakah mobil pernah mengalami tabrakan atau benturan, kamu bisa mengecek panel fiber atau plastiknya. Bekas perbaikan karena benturan ataupun tabrakan bisa terlihat lewat panel plastik dalam mobil. Kalau memang ada bagian yang terlihat berbeda, kemungkinan besar mobil tersebut sudah mengalami perbaikan. 


4. Periksa Bagian Pintu dan Kap Mobil

mobil bekas
Ilustrasi mobil second
Memeriksa body mobil second tak hanya terbatas di bagian samping atau depan mobil saja, lihat bagian kap dan pintu mobil. Kedua bagian body mobil ini punya fungsi vital agar kenyamanan mobil tetap terjaga selama berkendara. 

Pastikan ketika kamu membuka atau menutup pintu, tidak ada bunyi aneh yang terdengar. Lihat pula apakah pintu dan kap mobil macet ketika digunakan, apabila ada celah, usahakan tak terlalu besar. Hal yang sama berlaku untuk kap mobil, lihat apakah kap bisa tertutup dengan baik. 


5. Lihat Warna Cat Mobil

Cat mobil juga menjadi bagian penting yang harus kamu perhatikan ketika memeriksa body mobil. Warna pada mobil memang tak mempengaruhi keamanan berkendara, namun dari segi estetika, cat mobil yang warnanya berbeda tentu tak nyaman di pandang mata.

Ingin membeli mobil bekas yang berkualitas, masih mulus dan sesuai dengan budgetmu? Kunjugi saja mobbi! Platform jual beli mobil ini menyediakan banyak pilihan produk mobil, kamu bisa mengakes-nya lewat website atau aplikasi yang diunduh via Play Store dan App Store.


Cheers,

andayani rhani

Reactions

0 Komentar