Cara Daftar QRIS Gratis untuk Pembayaran Usaha Secara Online, Sehari Langsung Jadi!

Eksistensi dunia digital saat ini sudah tidak bisa diragukan lagi. Hingga dalam transaksi jual beli atau alat pembayaran pun sekarang sudah dapat dilakukan secara digital seperti penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard atau yang biasa kita kenal sebagai QRIS.
 
Setelah beberapa waktu lalu membahas QRIS untuk pembeli atau konsumen. Di kesempatan kali ini aku mau sharing tentang QRIS dari sisi pelaku usaha (bisnis). Mulai dari kelebihan hingga cara membuat atau daftar QRIS untuk pembayaran usaha yang mudah dan praktis secara online. Nggak perlu repot-repot ke luar rumah. Bahkan sehari bisa langsung jadi loh!
 
Eitts, tapi sebelum bikin QRIS emang kamu yakin sudah tahu dan kenal sama QRIS? Atau justru bimbang, apakah QRIS beneran aman untuk pembayaran? Untuk menjawab rasa penasaran kamu, yuk simak penjelasan berikut ini!
 

Apa itu QRIS?

daftar qris pedagang
Ilustrasi Cara Menggunakan  QRIS
QRIS merupakan standar kode QR yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia sejak 17 Agustus 2019 lalu. Tujuan QRIS dirancang untuk mempermudah dan efisiensi pembayaran dengan menggunakan kode QR yang telah distandarisasi di seluruh Indonesia.
 
Pernah lihat stiker berbentuk kotak-kotak hitam dengan latar putih saat di meja kasir atau toko? Nah itulah sistem pembayaran elektronik pada QRIS yang dinamakan QR code. Teknologi ini merupakan serangkaian kode kotak-kotak yang dapat dipindai (scan) dengan smartphone atau perangkat lainnya.
 

Siapa Saja yang Menggunakan QRIS?

Ada banyak pihak yang saat ini memanfaatkan QRIS sebagai alat pembayaran. Selain pembeli atau konsumen, beberapa contoh pelaku usaha yang menggunakan QRIS antara lain adalah toko online, pasar tradisional, restoran, minimarket, dan bahkan institusi pemerintah.
 
QRIS dapat digunakan untuk pembayaran berbagai jenis transaksi, seperti pembelian barang dan jasa, pembayaran tagihan, dan transfer uang antar bank. QRIS juga telah diadopsi oleh berbagai bank di Indonesia, sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi tanpa harus membawa uang tunai.
 

Kenapa Harus Menggunakan QRIS?

transaksi qris
Ilustrasi Penggunaan QRIS untuk Memudahkan Pembayaran
Jadi gini, dulu sebelum adanya QRIS satu pedagang bisa memiliki lebih dari satu QR Code. Saat pembeli mau membayar menggunakan satu jenis media atau alat pembayaran digital (e-wallet) maka pedagang harus memiliki QR Codenya. Kalau nggak punya? Ya ga bisa lanjut bayar-lah.
 
Alhasil, pedagang jadi kolektor QR CODE setiap media pembayaran deh. Kebayang nggak tuh pusingnya gimana cara dan lamanya merekap transaksi di alat pembayaran yang beda-beda? Satu aja kadang bisa bikin pusing tujuh keliling.
 
Sebagai pembeli pun kadang galau saat mau melakukan pembayaran ternyata pedagangnya nggak punya QR Code untuk sistem pembayaran digitalnya (e-wallet). Mau registrasi saat bayar? Eh udah ditungguin sama antrian di belakang. Kan jadi susah.
 
Nah, dengan adanya QRIS ini para pedagang nggak lagi jadi kolektor QR Code. Karena QRIS bisa digunakan untuk seluruh alat pembayaran digital yang ada. Pembeli senang, usaha pedagang pun bisa semakin berkembang.
 

Apakah Pembayaran dengan QRIS Aman?

Nah, sekarang pertanyaannya apakah pembayaran dengan QRIS ini aman? QRIS menggunakan standar kode QR yang sama di seluruh Indonesia, sehingga mempermudah konsumen dalam melakukan pembayaran. Selain itu, QRIS juga mengadopsi end-to-end encryption sehingga keamanan transaksi dapat terjaga.
 
Hingga saat ini, QRIS tercatat sudah digunakan di 416 Kabupaten dan 98 Kota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan total 229.347 merchant (pedagang) yang bergabung. Dengan banyaknya data ini, kamu nggak perlu lagi mempertanyakan soal keamanannya.
 

Keuntungan Pembayaran Menggunakan QRIS

qris indonesia
Keuntungan Pembayaran Menggunakan QRIS


Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan QRIS baik untuk pemilik usaha maupun pelanggan. Bagi pelanggan, QRIS akan memudahkan transaksi elektronik karena penggunaannya yang cukup simple dan cepat.
 
Tinggal buka kamera atau sistem pembayaran digital yang akan digunakan. Kemudian tunggu hingga layar selesai melakukan scan. Masukan angka atau nominal yang perlu dibayarkan. Klik kirim dan beres deh. Pembayaran telah dilakukan. Nggak perlu pusing-pusing lagi mikirin dompet yang ketinggalan ataupun uang receh yang biasa diganti permen untuk kembalian.
 
Selain itu, dari sisi pelaku usaha. Dengan menggunakan QRIS, pedagang dapat menerima pembayaran dari berbagai platform pembayaran digital dengan mudah. Pedagang tidak perlu lagi memiliki banyak perangkat pembayaran yang berbeda, karena QRIS dapat digunakan untuk semua jenis pembayaran elektronik.
 
QRIS juga meningkatkan keamanan pembayaran. Dalam sistem pembayaran tradisional dengan uang tunai. Risiko keamanan seringkali menjadi mimpi buruk untuk pelaku usaha, contohnya seperti peredaran uang palsu atau kecurangan kartu kredit. Nah dengan penggunaan QRIS ini, akan mengurangi risiko tersebut karena transaksi dilakukan secara langsung antara pelanggan dan pedagang tanpa melalui pihak ketiga seperti bank atau perusahaan kartu kredit.
 
Pedagang juga tidak perlu bingung mencari uang kembalian untuk pembeli. Tidak hanya itu, pedagang akan sangat diuntungkan jika menggunakan QRIS karena setiap transaksi yang terjadi akan langsung tercatat. Sehingga meminimalisir kecurangan yang mungkin dilakukan oleh karyawan.
 
Setelah mengenal QRIS, sekarang saatnya membantu usaha atau bisnis kamu lebih berkembang dengan beralih ke sistem pembayaran digital melalui QRIS. Kamu bisa daftar QRIS melalui sooltanPay. sooltanPay sendiri merupakan aplikasi penyedia QRIS dibawah naungan PT Telkom Indonesia.


Cara Mudah dan Cepat Daftar QRIS di sooltanPay

Berikut Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk daftar QRIS di sooltanPay:
  1. Masuk ke halaman www.sooltanpay.id atau download dan install aplikasi sooltanPay melalui Google Play Store.
  2. Setelah muncul halaman utama, pilih “daftar” kemudian isi form yang dibutuhkan mulai dari nama lengkap, nomor handphone, dan kode referral. Bagian kode referral ini kamu biasa isi dengan “ANDAYANI” untuk mendapatkan saldo modal usaha senilai Rp15.000,- (lima belas ribu rupiah) secara cuma-cuma.
  3. Setelah daftar tunggu dan masukan kode OTP yang kamu dapatkan melalui whatsapp ataupun pesan SMS.
  4. Jika sudah, kamu bisa membuat password untuk keamanan saat masuk ke aplikasi. Minimal password adalah 8 karakter.
  5. Selanjutnya, kamu perlu membuat PIN berupa 6 digit angka yang nantinya akan digunakan saat bertransaksi.
  6. Baca syarat dan ketentuan dengan cermat, kemudian klik setuju untuk lanjut.
  7. Langkah berikutnya, kamu cukup login dengan data nama pengguna, password, serta PIN yang sudah kamu buat.
  8. Selesai! Kamu sekarang terdaftar menjadi pengguna sooltanPay dan siap menggunakan QRIS.
Tutorial lengkap tentang mendapatkan QRIS-nya bisa kamu lihat melalui tutorial youtube berikut ya https://www.youtube.com/watch?v=FUuKOHVUH04&t=147s
Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak ilustrasi berikut untuk daftar QRIS melalui sooltanPay.
sooltanPay qris
Cara Daftar QRIS Gratis sooltanPay



Penutup

Dalam era digital saat ini, QRIS menjadi salah satu solusi pembayaran yang praktis dan efisien bagi masyarakat Indonesia. Dengan menggunakan QRIS, pelaku usaha dapat menjangkau lebih banyak konsumen dan memudahkan transaksi pembayaran. 

Selain itu, penggunaan QRIS juga dapat meminimalkan risiko kehilangan uang atau pencurian, serta mempercepat proses pembayaran. Semakin banyaknya pihak yang menggunakan QRIS, masyarakat dapat semakin mudah mengakses layanan pembayaran digital dan memanfaatkannya dengan optimal. Termasuk dalam akselerasi bisnis bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar tetap bertahan dan berkembang di era digital.

Tertarik untuk mencoba daftar QRIS untuk usahamu? Yuk Klik di Sini untuk Mendapatkan saldo modal Gratis di sooltanPay. Atau ada pertanyaan lainnya? Jangan ragu untuk share di kolom komentar ya!

Cheers,

andayani rhani

Reactions

0 Komentar