4 Fungsi NFC di HP Selain Untuk Bayar e-Toll

Hai-hai! Kalian tau ga sih NFC? Atau sering denger tapi gatau fungsinya? Nah di kesempatan kali ini aku mau share nih ke kamu tentang NFC serta fungsinya di ponsel atau hp. Tanpa berlama-lama lagi, let's get start it!

near field communication
4 Fungsi NFC di HP Selain Untuk Bayar e-Toll
NFC (Near Field Communication) adalah teknologi komunikasi nirkabel yang memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi dengan perangkat lainnya dalam jarak yang sangat dekat. NFC pada awalnya diperkenalkan sebagai fitur yang ada di beberapa ponsel pintar, termasuk di Indonesia. 

Seiring dengan perkembangan teknologi, NFC kini sudah tersedia pada banyak tipe smartphone, dari yang high end hingga yang memiliki harga yang terjangkau. Fitur NFC juga merupakan salah satu fitur yang dicari para pengguna smartphone, selain fitur gaming. Saat ini memang banyak pengguna smartphone yang memilih smartphone yang akan menunjang aktivitas gaming, dari mulai game website seperti yang dimainkan di m88asia hingga game yang berat. 

Tapi, kini fitur NFC juga semakin banyak dicari karena banyak yang telah merasakan manfaatnya. Apa saja fungsi fitur NFC pada smartphone? Simak beberapa fungsi NFC berikut ini.


1. Transfer data

NFC adalah teknologi transfer data nirkabel yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya, termasuk nomor telepon, foto, dokumen, URL, dan lokasi. Untuk transfer nomor telepon, pengguna cukup menempelkan dua perangkat yang mendukung NFC dan hanya dengan satu sentuhan layar, nomor telepon akan terkirim secara otomatis.

Namun, kecepatan transfer NFC tidak terlalu cepat, sehingga pengguna perlu memperhatikan ukuran file yang hendak dikirim. Pada ponsel Android, transfer file melalui NFC dapat dilakukan dengan fitur Android Beam. Namun, fitur ini telah dihapus sejak Android 10 dirilis dan digantikan oleh Nearby Share yang mirip dengan AirDrop milik Apple. Meskipun begitu, NFC tetap menjadi teknologi konektivitas yang bermanfaat dan terus dikembangkan untuk berbagai kebutuhan pengguna.

2. Pengecekan saldo e-money

NFC semakin populer di Indonesia karena kebijakan cashless yang diterapkan untuk transaksi di gerbang tol. Hal ini membuat pengendara yang ingin menggunakan jalan tol harus memiliki kartu e-money. Seiring dengan perkembangan teknologi, sebagian besar mesin ATM saat ini sudah mendukung untuk mengecek dan mengisi saldo kartu e-money.

Namun, tahukah kamu bahwa sekarang kamu bisa melakukan fungsi tersebut hanya dengan menggunakan HP yang memiliki fitur NFC? Ya, dengan teknologi NFC di HP, kamu dapat mengecek dan mengisi saldo kartu e-money kapan saja dan di mana saja tanpa perlu mencari mesin ATM terdekat.

3. Pembayaran digital

Saat berbelanja di pusat perbelanjaan, menggunakan kartu debit memang menjadi pilihan yang paling praktis. Kamu tidak perlu lagi repot untuk antri di ATM dan mengambil uang sesuai dengan anggaran belanja yang sudah kamu tetapkan. Namun, pengalaman berbelanja kamu bisa semakin praktis jika kartu debit tersebut terhubung dengan smartphone. Teknologi NFC memungkinkan hal tersebut terjadi. Kamu hanya perlu menempelkan smartphone pada alat penerima pembayaran dengan NFC di pusat perbelanjaan, dan transaksi kamu sudah selesai.

Beberapa produsen smartphone bahkan telah mengembangkan aplikasi pembayaran yang mendukung teknologi NFC ini, seperti Samsung Pay untuk perangkat Samsung dan Apple Pay untuk iPhone. Selain itu, kedua aplikasi ini juga dapat terhubung dengan akun dompet digital. Hal ini tentunya semakin memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi tanpa perlu membawa uang tunai atau kartu kredit secara fisik.

4. Autentikasi WiFi

Saat menghubungkan HP dengan jaringan WiFi baru, biasanya harus memasukkan password untuk keamanan. Namun, di beberapa tempat umum seperti hotel, pengunjung dapat menggunakan WiFi porter yang menyimpan password jaringan WiFi dan dapat diakses dengan ponsel NFC. Cukup mendekatkan ponsel ke WiFi Porter, maka HP akan tersambung ke jaringan WiFi tanpa perlu memasukkan password.

Nah, sekarang kamu udah tahu kan fungsi dari NFC di HP selain untuk bayar di e-toll tentunya, kegunaan fitur ini bisa dibilang sangat beragam. Kira-kira kamu sering pake NFC sebagai apa nih? Drop di kolom komentar ya!

Cheers,

andayani rhani

Reactions

0 Komentar