3 Hal Menandakan Keadaan Mesin di Mobil Bekas Masih Bertenaga

Keputusan untuk memilih antara beli mobil yang baru langsung dari dealer resmi atau beli mobil bekas dari orang lain tentu hal yang sangat sulit. Apalagi setiap orang tentunya akan lebih pilih memiliki mobil baru karena sudah jelas kualitasnya masih sangat bagus karena baru keluar dari pabrik sehingga kenyamanan dalam berkendara juga tidak perlu dipertanyakan lagi. 

seat mobil
3 Hal Menandakan Keadaan Mesin di Mobil Bekas Masih Bertenaga
Biasanya keinginan tersebut terkendala sesuatu yang dinamakan uang, dengan terbatasnya uang maka tidak memungkinkan untuk beli mobil yang baru. Sebaiknya cari alternatif lain yaitu cari mobil bekas dengan harga yang lebih murah dan memang cocok dengan dana yang dimiliki.

Untuk prosesnya tentunya jelas berbeda antara beli baru dengan bekas, saat beli baru tentunya yang dibutuhkan hanya uang untuk melakukan pembayaran saja. Sedangkan jika beli mobil bekas tentunya harus banyak bertanya bahkan penting untuk bertemu di suatu tempat dengan penjual untuk melakukan inspeksi secara mandiri. 

Jika belum ada pengalaman atau belum mengerti tentang kendaraan roda empat, maka ajak orang lain yang memang lebih berpengalaman. Jangan sampai setelah dibeli ada beberapa gangguan yang terjadi karena tidak ada pengecekan saat proses pembelian. Apalagi bagian mesin yang sudah pasti harus dicek untuk pertama kali dan berikut ini ada 3 hal yang menandakan keadaan mesin di mobil bekas masih bagus dan bertenaga.

mesin mobil
Tips Mengecek Keadaan Mesin Mmobil Bekas

Kepala silinder pada mesin dalam keadaan lurus

Di sekitar mesin terdapat satu area untuk menempatkan kepala silinder yang memiliki fungsi sebagai tempat pembakaran agar mobil bisa menyala. Idealnya kepala silinder ini harus dalam keadaan lurus atau rata agar sirkulasi tetap lancar. Tetapi jika kondisi kepala silinder sudah berbeda atau bahkan sudah melengkung maka akan membuat sirkulasi oli terhambat dan mesin jadi mengalami kendala.


Hasil stick oli bagus

Hal selanjutnya untuk cek keadaan mesin adalah dengan memanfaatkan alat yang bernama stick oli dengan fungsi mengecek kualitas oli dari sisi volume dan juga kualitas. Saat stick ini dicelupkan ke dalam bagian mesin dan ambang batasnya masin normal maka tidak ada kebocoran pada mesin. Selain cek ambang batas, cek juga warna stick setelah dikeluarkan dari mesin apakah oli masih bagus kualitasnya atau sudah berubah jadi warna hitam pekat yang menandakan oli wajib untuk segera diganti.


AC masih memberikan kesejukan

Komponen akan terhubung dengan semua komponen pendukung yang ada di mobil termasuk komponen AC. Saat sedang berada di mobil lalu merasakan kesejukan, itu pertanda bahwa AC dan mesin masih bekerja dengan baik. Tetapi jika AC kurang dingin atau tidak dingin sama sekali maka harus cek bagian mesin, bisa jadi disebabkan karena mesin ada masalah sehingga pendinginan tidak bisa bekerja maksimal.

Itulah 3 hal yang menandakan mesin mobil masih bertenaga dan bisa melakukan akselerasi dengan baik. Jika merasa tidak yakin jika harus membeli mobil bekas dari orang lain, sebaiknya pikirkan cara lain yaitu bergabung dengan mo88i yang sekarang sudah diubah namanya menjadi mobbi. Sebuah platform canggih yang fokus untuk jual beli mobil bekas didukung juga dengan fitur-fitur yang memberikan kemudahan kepada setiap orang dan menjamin semua kendaraan bekas masih berkualitas.


Cheers,

andayani rhani

Reactions

0 Komentar