6 Tips Memulai Bisnis untuk Pemula

Mendapatkan keuntungan dari bisnis yang stabil merupakan impian banyak orang. Akan tetapi, tidak banyak orang yang bisa mencapai hal ini. Banyak yang mendirikan bisnis, namun gagal di tengah jalan. Salah satu penyebabnya adalah pebisnis tidak menerapkan strategi yang tepat di awal pendirian bisnis.

Oleh karena itu, Kamu yang memiliki jiwa wirausaha dan ingin memulai bisnis sebagai pemula perlu mengetahui tips-tips yang harus dilakukan dalam memulai bisnis. Pada ulasan di bawah ini, Kamu akan mengetahui tips memulai bisnis untuk pemula. Yuk simak ulasannya!

writing
Tips Memulai Bisnis untuk Pemula


1. Menentukan Jenis Usaha

Tips pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan jenis usaha yang akan dibuka. Kamu bisa menentukannya berdasarkan produk yang disukai di pasar atau bidang yang Kamu sukai.

Selain itu, Kamu juga perlu menyesuaikan jenis usaha dengan modal yang dimiliki. Pilihlah jenis usaha yang bisa dibuka dengan modal Kamu, namun tetap memiliki peluang yang besar di masa depan dan sesuai dengan target pasar.


2. Melakukan Riset

Tips selanjutnya adalah melakukan riset. Riset dilakukan dengan menentukan target pasar yang dituju lalu menemukan solusi atas permasalahan mereka atau tren yang sedang berlaku di masyarakat. Dengan menghadirkan solusi dan tren dalam produk bisnis Kamu, produk bisa laku karena masyarakat akan mencarinya.

Selain melakukan riset pasar, Kamu juga bisa melakukan riset lokasi penjualan. Lokasi yang dimaksud bisa berupa lokasi fisik atau lokasi nonfisik. Jika memilih lokasi fisik, maka Kamu perlu memilih lokasi penjualan yang ramai dan aman. Sementara itu jika Kamu memilih lokasi nonfisik, Kamu bisa memilih platform yang sesuai dengan produk dan target pasar.


3. Mengelola Stok dengan Baik

Mengelola stok dengan baik merupakan salah satu aspek manajemen pergudangan. Hal ini bisa dilakukan dengan melacak stok produk. Kamu perlu tahu berapa stok produk yang masuk, stok produk yang berada di gudang, dan stok produk yang keluar gudang.

Pengelolaan gudang merupakan hal penting dalam bisnis. Sebab tanpanya, Kamu tidak akan bisa memenuhi pesanan pelanggan dengan tepat.


4. Menggencarkan Promosi

phone
Ilustrasi Promosi Melalui Media Sosial
Produk dan pelayanan yang baik tidak ada artinya apabila tidak dikenal masyarakat. Oleh karena itu, Kamu perlu menggencarkan promosi di awal pembukaan bisnis. Ketika melakukan promosi, jangan lupa untuk menyesuaikan bentuk promosi dengan jenis produk dan target pasar.

Promosi bisnis dapat dilakukan dengan memanfaatkan media sosial atau membuka toko di marketplace. Beri tahu tentang produk Kamu kepada masyarakat dan berikan promo yang menarik.


5. Melakukan Inovasi

Kunci keberhasilan bisnis di era teknologi adalah inovasi. Inovasi dalam bisnis perlu diterapkan agar bisnis tetap relevan dengan perkembangan zaman. 

Contoh inovasi adalah menjual produk makanan dengan resep unik, memberikan hadiah kecil kepada pelanggan setiap melakukan pembelian, dan menggunakan website sebagai sarana pembelian.


6. Memanfaatkan Teknologi

Operasional bisnis akan semakin mudah dikelola jika Kamu menggunakan teknologi. Dengan menyerahkan operasional bisnis pada teknologi, Kamu bisa menggunakan waktu dan tenaga untuk memperhatikan aspek bisnis lainnya, seperti promosi dan pengembangan produk.

Seperti apa bentuk teknologi yang bisa digunakan? Kamu bisa memanfaatkan sistem ERP atau Enterprise Resource Planning yang hadir dalam bentuk software. Software ERP bisa mengotomatisasikan kegiatan operasional dalam bisnis, sehingga efektivitas dan produktivitas bisnis pun meningkat.

Rekomendasi software ERP yang bisa digunakan adalah software ERP dari RedERP. Software RedERP memiliki beragam modul yang bermanfaat bagi operasional bisnis dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Salah satu modul yang dimiliki software RedERP adalah Inventory & Distribution. Software inventory ini bisa memudahkan manajemen gudang agar lebih terkendala dengan efektif. Lewat modul tersebut, Kamu bisa mengetahui stok gudang serta memantau keluar masuknya barang dari dan ke dalam gudang.

Masih banyak modul menarik lain dari software RedERP yang bermanfaat bagi bisnis. Kamu bisa melihatnya melalui situs resminya. Jangan lupa untuk menjadwalkan demo aplikasi agar bisa mengenal seluruh modulnya dengan baik.

Cheers,

andayani rhani

Reactions

0 Komentar