Pentingnya Mengetahui Cara Membangun Brand Image Produk

by - April 16, 2022

Baca Juga

Salah satu hal terpenting dalam merintis sebuah bisnis adalah membangun brand image sebuah produk. Dalam upaya menciptakan brand image sendiri bukan perkara yang mudah dan membutuhkan waktu yang tidak singkat. Untuk itu, di artikel kali ini akan dibahas secara lengkap tentang pengertian brand image dan bagaimana cara membangunnya.


Apa itu Brand Image?

bag product
Membangun Brand Image Produk
Mungkin kamu sudah tidak asing dan sering mendengar dengan istilah yang satu ini. Adapun definisi dari Brand image adalah sebuah ide, konsep, kesan, ataupun keyakinan yang terlihat dan menggambarkan persepsi dari suatu produk pada ingatan konsumen. 

Tentunya jika sebuah perusahaan memiliki brand image yang baik akan sangat menguntungkan perusahaan. Begitu pula sebaliknya, saat brand memiliki brand image yang buruk. Bukan tidak mungkin akan membuat bisnisnya menjadi terpuruk dan merugikan perusahaan.


Perbedaan dari Brand Image dengan Brand Identity atau Brand Awareness?

Bagi kamu yang baru terjun dalam dunia bisnis mungkin bingung tentang perbedaan dari ketiga istilah ini. Perbedaan dari Brand Image dengan Brand Identity atau Brand Awareness cukup tipis. 

Brand Image berhubungan dengan persepsi konsumen yang terlihat dari sebuah produk. Sementara Brand Identity merupakan bagaimana sebuah produk ingin dilihat. Adapun Brand Awareness berhubungan terhadap jangkauan dari konsumen pada suatu brand. Apakah konsumen mengenal brand tersebut atau tidak.


Pentingnya Brand Image Produk

Brand Image sangat penting bagi sebuah bisnis karena perusahaan tidak dapat mengontrol kesan dari konsumennya. Oleh karena itu, brand image hadir sebagai sarana perusahaan untuk unjuk gigi dalam menciptakan persepsi konsumen. Selain itu, brand image juga menjadi aspek yang penting untuk menarik hati pelanggan.


Manfaat Brand Image

girl thinking
Manfaat Brand Image Produk
Manfaat dari brand image sendiri dapat dirasakan oleh pihak perusahaan itu sendiri maupun konsumen yang menggunakan suatu produk atau jasa dari sebuah brand.

1. Manfaat Brand Image bagi perusahaan

Dengan brand image atau citra merek yang baik di mata konsumen akan membuat perusahaan dapat terus bertahan serta mengembangkan lini bisnisnya.

2. Manfaat Brand Image bagi konsumen. 

Adapun manfaat brand image bagi konsumen adalah memberikan manfaat ataupun value yang ingin didapatkan dari sebuah produk.


Fungsi dari Brand Image

  1. Menjadi Identitas Brand yang Membedakannya dari produk Lain
  2. Menambah Nilai dan Menarik Minat Konsumen
  3. Sarana dalam Segmentasi Pelanggan
  4. Mempertahankan Loyalitas Pelanggan



Cara Membangun Brand Image Produk

Setelah mengetahui istilah hingga fungsi dari brand image. Selanjutnya yang tak kalah penting adalah cara membangun brand image produk. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai aspek seperti berikut.


Membangun Brand Image dengan Desain Kemasan

Brand Image dapat dibangun berdasarkan desain kemasan suatu produk. Pemilihan desain ini dapat menambah value dari sebuah produk. 

Tak hanya sampai disitu saja, pemilihan desain yang tepat dapat membuat brand image yang kuat di ingatan konsumen. Sekaligus memudahkan perusahaan dalam mengembangkan produk selanjutnya secara berkelanjutan.

Contohnya adalah desain kemasan yang praktis dan mudah digunakan. Ataupun penggunaan kemasan yang dapat digunakan kembali (reusable) ataupun kemasan yang terbuat dari bahan alami maupun recycle. Hal ini akan menciptakan brand image yang eco-friendly


Membangun Brand Image dengan Warna Produk

color pallete
Membangun Brand Image dengan Warna
Setelah menentukan desain, aspek selanjutnya yang dapat digunakan dalam membangun brand image adalah warna. Selain menjadi media komunikasi non-verbal. Dalam psikologi, warna dapat menciptakan suatu gairah serta menciptakan kedekatan emosional.

Contohnya adalah penggunaan warna biru yang menginterpretasikan ketenangan, kestabilan, atau kepercayaan. Warna kuning yang menggambarkan kesan ceria, senang, kemakmuran. Warna merah jambu (pink) yang mempresentasikan kesan feminin dan ceria. Serta lain sebagainya.


Membangun Brand Image dengan Pengenalan Produk

Langkah selanjutnya dalam membangun brand image adalah cara dalam pengenalan produk. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Contohnya seperti promosi di berbagai media massa, memberikan diskon atau promo, maupun membuat official website sebagai wujud profesionalitas bisnis.

Dalam pembuatan official website saat ini perusahaan dapat dengan mudah mendaftar dan beli domain murah. Salah satu manfaat  dari pembuatan website adalah meningkatkan trust atau kepercayaan dari konsumen.


Membangun Brand Image dengan Harga Produk

Harga produk juga berperan sangat penting dalam membangun brand image. Sebagian konsumen rela membayar dengan harga tinggi untuk sebuah produk. Hal ini akan meninggalkan kesan brand image produk yang high-end nan expensive. Sedangkan sebagian konsumen lainnya lebih memilih produk dengan harga yang murah.


Membangun Brand Image dengan Lokasi Produk

Selanjutnya adalah lokasi dimana produk akan dijual.Tentunya produk yang dijual di tempat eksklusif seperti mall dengan produk yang dapat ditemukan bebas di pasaran akan memiliki persepsi berbeda di mata konsumen. Untuk itu, perusahaan perlu mempertimbangkan dengan matang lokasi produknya akan dijual.


Kesimpulan

Brand image sangat penting bagi sebuah produk bisnis serta membutuhkan waktu yang lama. Untuk itu, perusahaan perlu membangun brand image yang kuat untuk menciptakan persepsi positif dan baik pada konsumennya.

Itulah penjelasan lengkap tentang istilah brand image hingga cara membangun brand image produk yang dapat diterapkan dalam bisnis. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Cheers,

andayani rhani

You May Also Like

5 Comments

  1. Kadang hal-hal seperti ini terlihat sepele namun besar manfaatnya ya mba. Kita bisa melihat bagaimana persepsi konsumen atas produk kita melalui brand image ini.

    BalasHapus
  2. Iya sih. Kita akan lebih mudah mengenal suatu produk kalau kita sudah mengenal brand imagenya terlebih dahulu. Ini berkaitan dengan apakah kita sudah aware sama brandnya atau belum ya.

    BalasHapus
  3. Ternyata ada bedanya yaa..antara brand image, brand identity dan brand awareness.

    Memiliki usaha di zaman digital kudu membangun Hal seperti ini dengan detail sehingga meningkatkan trust bagi pembeli dan menimbulkan kesan yang baik.

    BalasHapus
  4. Benar sekali ya kak, brand image itu sangat penting bagi sebuah bisnis
    Melalui brand image inilah sebuah bisnis dikenal oleh masyarakat
    Makanya pelaku bisnis harus benar benar serius dalam membangun brand image ini

    BalasHapus
  5. Setuju banget sih, kadang mau beli atau nyobain produk pasti liat brand imagenya dulu seperti apa, baru berani buat cobain.. Penting banget tuh

    BalasHapus

Thank you for your time to come by and leave comment! Follow me on Instagram @andayanirhani, let me know you found me from my blog, and I'll follow you back :)
-Xoxo