Review Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ di Kulit Berminyak

by - Maret 01, 2022

Baca Juga

Hallo bestie bagaimana kabar hari ini? Semoga masih tetap sehat ya di tengah-tengah gelombang Covid-19 varian Omicron yang mulai mewabah, aamiin. Anyway, meskipun banyak yang aktivitasnya beralih kembali menjalani Work From Home alias WFH tapi tetap jangan lupa pakai selalu sunscreen ya!

Beraktivitas di dalam rumah, ternyata tidak menghalangi efek jahat sinar matahari (UVA dan UVB) loh. Karena cahaya dari sinar matahari tetap bisa masuk ke dalam ruangan melalui jendela, celah ventilasi udara, dan lain sebagainya. Seperti yang sudah pernah aku ulas di artikel Jenis Sunscreen dan Cara Penggunaan yang Baik dan Benar


Review Wardah UV Shield SPF 30 PA+++

review sunscreen wardah
Review Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++
Nah, beberapa waktu kebelakang produk yang membantuku melindungi kulit dari sinar jahat matahari sehari-hari adalah si kuning Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++. Sebelumnya, aku juga penggemar sunscreen Wardah sejak SMA, karena selain harganya yang ekonomis produknya juga sangat bersahabat di kulitku yang berminyak. Karena produk lama sudah discountinued, that's why I try this one. 


Deskrispsi Produk

Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ adalah sunscreen dengan Broad Spectrum Protection dengan klaim 30x lebih optimal* menjaga kulit dari sinar UV A / UV B serta pancaran blue light berlebih. Dengan inovasi formula 0% alkohol namun tetap ringan dan tidak lengket, serta kombinasi Vitamin E dan Pro Vitamin B5 di dalamnya yang bantu penuhi kebutuhan nutrisi kulit sehari-hari.


Ingredients 

Aqua, Ethylhexyl Methoxycinnamate, 4-Methylbenzylidene Camphor, Propylene Glycol, Acrylates Copolymer, Polyacrylamide, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Dimethicone, Cyclopentasioxane, Phenoxyethanol, C13-14 Isoparaffin, Triethanolamine, Panthenol, Tocopheryl Acetate, Laureth 7, Aloe Vera (leaf) Extract, Dimethicone Crosspolymer, Carbomer, Fragrance, Disodium EDTA, Triethylene Glycol, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Dimethyconol, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate.

skincarisma
Analisis Ingredients Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ Skincarisma


skincarisma wardah
Analisis Ingredients Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ Skincarisma
Analisis dari skincarisma.com, sunscreen ini punya 3 jenis UV Protection Chemical berupa Butyl Methoxydibenzoylmethane, Ethylhexyl Methoxycinnamate, dan 4-Methylbenzylidene Camphor. Selain itu juga mengandung Panthenol untuk mempercepat penyembuhan luka dan Tocopheryl Acetate (Vitamin E) untuk antiaging. Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ juga tergolong minimal ingredients, Paraben-Free, Alcohol-Free, Fungal Acne (Malassezia) Safe, EU Allergen-Free, dan Sulfate-Free

Kendati demikian, sunscreen ini masih belum Silicone-Free karena adanya kandungan Silicone khususnya Dimethicone yang memiliki Comedogenic Rating (1) dan Triethanolamine dengan Comedogenic Rating (2). Selain itu, kandungan UV Filter Ethylhexyl Methoxycinnamate membuat sunscreen ini tidak direkomendasikan untuk ibu hamil, menyusui, maupun anak-anak yang kurang dari 12 tahun. Serta adanya kandungan fragrance juga perlu diperhatikan oleh kulit sensitif. 


Packaging

wardah brand
Kemasan Depan Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++

wardah sunscreen
Kemasan Belakang Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++
Kalau bicara soal kemasan, inovasi produk terbaru dari wardah ini nggak jauh beda dengan produk sunscreen terdahulunya yang berwarna putih dan hijau kebiruan khas wardah. Packaging dari Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ berupa tube berwarna orange dengan tutup fliptop putih. 

tutup fliptop
Tutup Flip-top Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++

Bedanya, sunscreen ini tidak menggunakan dus sebagai kemasan sekundernya. Sebagai gantinya, dibalut menggunakan mika dengan tatakan kardus untuk memberikan informasi produk. Isi bersihnya juga cukup banyak yakni 40 ml.

kemasan sunscreen wardah
Kemasan Sekunder Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++

Texture

tekstur sunscreen chemical
Tekstur Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++
Tekstur dari Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++  ini berupa gel yang sangat rich. Warnanya putih susu dan sedikit beraroma. 


How to use 

Berikut merupakan langkah-langkah penggunaan Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++:
  1. Ambil Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 secukupnya
  2. Oles tipis di area wajah dan leher secara merata
  3. Gunakan setiap hari sesudah menggunakan day cream
  4. Bisa digunakan untuk area kulit lainnya yang terpapar sinar matahari
  5. Cocok untuk kamu yang memiliki aktivitas semi outdoor

Performance 

Untuk kemasan produknya aku tidak ada masalah karena kemasan tube dengan tutup fliptop memang memudahkan pengguna untuk mengambil produk. Teksturnya yang berupa gel membuat sunscreen ini mudah diratakan dan lumayan cepat meresap. Tidak peeling ketika dibuild up.

Setelah menggunakan Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ wajah jadi lebih lembab dengan dewy look finish.  Kendati demikian, dikulitku yang sawo matang alias tan efek tone upnya membuat wajahku jadi terlihat sedikit abu-abu dan kontras dengan warna kulit lain (tangan dan leher) huhuhu. 

foto before after andayani rhani
Before - After Penggunaan Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++
Bisa dilihat sendiri di foto before-after di atas, perbedaan bare faceku dengan sesudah penggunaan sunscreen cukup signifikan. Karena waktu penggunaan ini ada kelas, jadi aku tambahin blush biar nggak keliatan pucet.

Seperti yang sudah aku jelaskan sebelumnya karena sunscreen ini masih mengandung sillicone, jadi selama digunakan sedikit kurang nyaman. Karena area hidungku ini tidak ramah dengan khususnya dengan Triethanolamine yang bersifat comedogenic sehingga membuat ichty (gatal). 


Price

Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ ini punya harga yang sangat ekonomis sekali. Kalian bisa membelinya di e-commerce maupun Sociolla dengan harga 30 ribuan rupiah saja. Kalau lagi promo bisa lebih murah dari itu. By the way, jangan lupa pakai kode voucher SBN04B0D0 ya kalau belanja di Sociolla biar dapat diskon tambahan hehehe..


Final Verdict

Meskipun harganya sangat affordable, sorry to say Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ ini ternyata kurang cocok di kulitku. Saat aku hibahkan ke ibu ternyata malah cocok. Kebetulan beliau memiliki jenis kulit kering dan lebih sering beraktivitas di luar rumah. Efek protectionnya juga cukup terasa karena selama penggunaan, belang di wajah belau tidak begitu kentara seperti sebelumnya.

So, dapat aku simpulkan bahwa Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ ini cukup recomended bagi kalian pemilik kulit kering. Terlebih untuk kalian yang punya kulit yang cerah ataupun kuning langsat, efek tone upnya mungkin tidak akan terlalu bermasalah dan justru akan membuat wajah terlihat lebih fresh

Untuk selanjutnya sepertinya aku akan mencoba Suncreen Wardah yang berwarna biru (warna kesukaanku hehe) kayaknya sunscreen itu diperuntukan untuk kulit berminyak deh. Alias aku salah beli nih wkwkwk. Tapi gapapa jadi pengalaman dan bisa berbagi ke kalian.

Apakah kalian tertarik untuk menggunakan sunscreen Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ ini atau justru sudah pernah menggunakannya? Yuk share pengalaman kalian di kolom komentar yah!

Cheers,

andayani rhani

You May Also Like

1 Comments

  1. plus point dari wardah, harganya terjangkau banget, setuju aku mbak
    sama kayak mbak Rhani, awalnya aku pake yang kemasan warna biru, merasa cocok aja, terus pas nyari lagi udah ga ada, dan beraniin cobain yang ini,
    aku merasa ada sedikit perbedaan, yang ini agak watery dan yang lama kayak gel, atau ini cuman perasaan aku aja mungkin ya

    BalasHapus

Thank you for your time to come by and leave comment! Follow me on Instagram @andayanirhani, let me know you found me from my blog, and I'll follow you back :)
-Xoxo