Review Reset the Skin : Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier

by - Maret 22, 2022

Baca Juga

Have tired and problem skin because of activities, pollution, and UV rays? Don't worry bestie! It’s #Timetoreset so Let’s #StartYourResetJourney!
Dalam fungsinya melindungi tubuh, kulit seringkali menjadi sasaran empuk bagi polusi dan sinar jahat matahari. Nggak heran kalau masalah kulit seperti jerawat, kulit kusam, noda hitam bekas jerawat, hingga kerutan halus nggak pernah absen kehadirannya. Nah, setelah hampir satu bulan mencoba di kesempatan ini aku akan share pengalaman mengembalikan kesehatan kulit selama menggunakan produk dari Re.set the Skin.

skincare
Review Reset the Skin : Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier

About Brand : Reset the Skin

Reset the Skin merupakan salah satu brand perawatan kulit dari Indonesia yang berdiri pada tahun 2021. Brand dari PT. Ponny Beaute Indonesia ini berfokus pada perawatan kulit melalui formulasi minimalis dengan berbagai hero ingredients. Dengan tagline to set, adjust, or fix in a new or different way Reset the Skin bertujuan untuk memperbaiki, menyegarkan, memulihkan kesehatan, dan kekuatan kulit.


Review Reset the Skin : Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier

Di artikel kali ini ada empat produk dari Reset The Skin yang akan aku ulas. Mereka adalah 2% BHA Pore-refining Exfoliant, 10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening Serum, 1% Actosome Retinol Serum, dan 2% Actosome Retinol Skin-restoring Serum.


Apa sih yang menarik dari ReSet the Skin?

Saat pertama kali mendengar kata Re.set yang terpikirkan di kepalaku adalah ; mengatur ulang (set ulang). Kata ini ternyata sangat mencerminkan produk-produk dari Reset yang mengandung daftar bahan minimalis sehingga dapat berfokus untuk mengoptimalkan manfaat dari hero ingredientsnya. Selain itu semua produknya juga Cruelty Free, Fragrance Free, Alcohol Free, Paraben Free dan yang pasti sudah tersertifikasi BPOM.

2% BHA Pore-refining Exfoliant

Punya kulit kusam dan berkomedo? Produk 2% BHA Pore-refining Exfoliant ini bisa menjadi solusi untukmu. Seperti namanya, liquid exfoliant ini memiliki 2% kandungan Beta Hydroxy Acid (BHA) Asam Salisilat. 

Jenis exfoliant BHA ini berguna untuk membersihkan pori-pori secara mendalam dan mengangkat sel kulit mati terdalam, mencerahkan, sekaligus menghaluskan tekstur kulit. Kabar baiknya, liquid exfo ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit, loh.


Ingredients

Water, Methylpropanediol, Butylene Glycol, Salicylic Acid, Polysorbate 20, Vincetoxicum Atratum Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Disodium EDTA, Sodium Hyaluronate, Hydrolyzed Collagen.

Ada 3 hero ingredients dari produk 2% BHA Pore-refining Exfoliant ini. Mereka adalah 2% BHA Beta Hydroxy Acid (Asam Salisilat), Ekstrak Teh Hijau (Camellia Sinensis Leaf Extract), dan Sodium Hyaluronate dengan manfaat sebagai berikut.

Manfaat 2% BHA Beta Hydroxy Acid (Asam Salisilat)
  • Mengelupas sel kulit mati secara menyeluruh di dalam kulit pori-pori 
  • Mencerahkan kulit wajah 
  • Memperbaiki tekstur kulit 

Manfaat Ekstrak Teh Hijau & Sodium Hyaluronate 
  • Meningkatkan hidrasi kulit 
  • Meningkatkan antioksidan 
  • Menenangkan kulit dan mengurangi kemerahan


Packaging

exfoliasi
Review 2% BHA Pore-refining Exfoliant Reset the Skin 
2% BHA Pore-refining Exfoliant Reset the Skin dikemas dengan botol berwarna putih doff bulky. Desainnya sangat minimalis. Meskipun minim dekorasi namun tetap informatif. Jenis kemasan botol yang digunakan adalah PET (Polyethylene Terephthalate) sehingga hanya dapat digunakan sekali pakai. 

Hal yang menarik bagiku adalah bagian tutupnya yang berwarna hitam. Saat pertama kali dibuka, aku kaget karena jumlah ulirnya cukup banyak dibanding jenis tutup yang sama pada umumnya. Di bagian dalam tutupnya juga ada garis panjang yang pas untuk menutup lubang botol. Sehingga tutupnya tetap mudah dibuka dan lebih safety.


toner exfo
Kemasan 2% BHA Pore-refining Exfoliant Reset the Skin 
Isi bersih dari liquid exfo ini sebanyak 100 ml atau 3.4 fl.oz. Terdapat informasi komposisi di bagian belakang botol. Sedangkan kode produksi dan tanggal exp dapat dilihat di bagian bawah produk.
 
2% BHA Pore-refining Exfoliant Reset the Skin memiliki kemasan sekunder berupa dus dengan desain dan warna yang serupa dengan botolnya. Sisi kanan dus terdapat stiker berisi barcode BPOM (NA26211200427) dan identitas produk. 

Sedangkan di sisi kiri terdapat cara penyimpanan dan informasi perhatian penggunaan. Serta terdapat deskripsi, cara penggunaan, komposisi, dan identitas produk di bagian belakang. 


Texture and Scent

lokal exfo
Tekstur 2% BHA Pore-refining Exfoliant Reset the Skin 
2% BHA Pore-refining Exfoliant memiliki tekstur yang sangat cair (liquid) bening. Selain tidak berwarna, liquid exo ini memiliki aroma acid yang lembut. Sehingga tetap nyaman digunakan dan tidak mengganggu indera penciuman.

How to Use?

Aku biasanya menggunakan produk ini sebagai toner. Jadi, langkah penggunaan yang pertama adalah membersihkan wajah, kemudian menuangkan isi liquid exfo pada kapas untuk menghilangkan mati sel kulit secara lebih efektif. 

2% BHA Pore-refining Exfoliant dapat digunakan hari atau malam. Tetapi aku biasa menggunakannya di malam hari setelah beraktifitas. Kemudian menggunakan pelembab. Tapi jika mau menggunakannya pada siang hari jangan lupa menggunakan tabir surya (sunscreen) ya!

Performance

It’s my first time using liquid exfoliant, so I feel Amazed saat pertama kali mencoba. Setelah mengaplikasikan 2% BHA Pore-refining Exfoliant aku dapat merasakan saat cairannya masuk ke dalam pori-pori kulit. Jadi ada sensasi sedikit geli dan dingin alias semriwing di saat bersamaan.

Liquid exfo ini nyaman sekali saat digunakan. Meskipun aku menggunakannya setiap hari, alhamdulillah tidak ada efek samping tanda iritasi seperti kemerahan ataupun gatal. Bahkan saat digunakan di area yang berjerawat pun, liquid exfo ini tidak menimbulkan efek perih sama sekali. Juga tidak menyebabkan peeling (pengelupasan kulit).

Setelah di apply, kulit jadi terasa lebih segar dan lembut. Efek jangka panjang yang aku rasakan adalah berkurangnya komedo yang membuat kulit bertekstur di area sekitar hidung dan dagu. Perubahan ini aku notice banget ketika mencuci wajah. 

Biasanya setiap ritual mencuci wajah tanganku selalu terhenti di bagian T-Zone dan dagu. Ibarat kendaraan yang mesinnya mogok karena lewat jalan terjal penuh kerikil. Terus kalau sekarang? Alhamdulillah lancar jaya selamat sentosa, bestie. Tekstur kulit di area tersebut sudah sangat membaik semulus tol trans Jawa, cielah.

Tentu perubahan besar ini nggak terjadi satu malam seperti candi Prambanan permintaan Roro Jonggrang ya. Perubahan yang signifikan ini mulai aku rasakan setelah 2 minggu dari awal penggunaan.

Anyway, meskipun baru pertama kali aku menggunakan liquid exfo tetapi sebelumnya aku sudah pernah mencoba exfo serum. So, jika kalian belum pernah mencoba produk exfo sebelumnya bisa diberi jangka dulu ya untuk waktu penggunaannya. Mudahnya, diselang-seling gitu (sekarang pakai, besok nggak, besoknya lagi pakai) untuk memperkenalkan sekaligus mengetahui toleransi bahan skincare berbahan exfo BHA ke kulit.


10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening Serum

Punya kulit tidak merata, kusam, dan bintik hitam? You might like this product. Produk 10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening merupakan serum yang bermanfaat untuk mencerahkan kompleksi kulit serta memudarkan noda hitam dan kulit kusam. Serum ini juga dapat digunakan untuk semua jenis kulit. 


Ingredients

Water, Niacinamide, Alpha-Arbutin, Pentylene Glycol, Polysorbate 20, Phenoxyethanol, Xanthan Gum, Chlorphenesin, Tetrasodium EDTA, Citric Acid.

Ada 2 hero ingredients dari produk 10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening Serum ini. Mereka adalah 10% Niacinamide dan 2% Alpha Arbutin dengan manfaat sebagai berikut.

Manfaat 10% Niacinamide
  • Sebagai Antioksidan 
  • Mencerahkan kulit kusam 
  • Memudarkan flek hitam 
  • Meratakan warna kulit  

Manfaat 2% Alpha Arbutin
  • Melindungi dari paparan sinar matahari 
  • Melasma 
  • Mengatasi Hiperpigmentasi pasca inflamasi (bekas luka jerawat) 10%

Packaging

brightening serum
Review 10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening Serum
Sama seperti liquid toner, 10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening Serum dikemas dengan botol doff bulky. Bedanya, ukurannya lebih mungil dengan isi bersih 30 ml atau 1 fl.oz. Desainnya di dominasi dengan warna putih dan hijau neon.

Tutupnya berupa pump yang mudah dibuka. Selain itu, di bagian lubangnya juga terdapat penutup silikon yang menahan isi agar tidak tumpah. Untuk mengambil isi produknya sangat mudah, cukup menekan pumpnya saja maka isi akan langsung keluar. 

lokal brand serum
Kemasan 10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening Serum
10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening Serum memiliki kemasan sekunder berupa dus dengan desain dan warna yang serupa dengan botolnya. Sisi kanan dus terdapat cara penggunaan dan informasi perhatian penggunaan dalam bahasa Inggris beserta Barcode BPOM (NA18211901404), sedangkan di sisi kirinya berbahasa Indonesia. 

niacinamide serum
Logo Hologram 10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening Serum
Serta terdapat deskripsi, komposisi, dan identitas produk di bagian belakang. Setiap dus produk dari Reset the Skin ini juga disertai dengan segel hologram yang berada bagian atas sebagai bukti keaslian produk.



Texture and Scent

gel serum
Tekstur 10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening Serum
Tekstur dari 10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening Serum berupa gel cair dengan warna bening. Karena tidak mengandung fragrance, jadi serum ini hampir tidak beraroma sama sekali. 

How to Use?

  1. Setelah membersihkan wajah dan menggunakan liquid exfo.
  2. Ambil isi produk serum ke telapak tangan secukupnya.
  3. Aplikasikan ke wajah secara merata dan tepuk–tepuk perlahan.
  4. Serum ini dapat digunakan setiap hari baik pagi maupun malam. 
  5. Pada penggunaan siang hari tetap memerlukan sunscreen sebagai protection. Sedangkan untuk penggunaan malam hari dapat di layer dengan pelembab. 

Performance

10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening Serum sangat cepat menyerap di kulit dan mudah diratakan. Serum ini sedikit lengket namun masih bisa ditoleransi karena lengketnya tidak mengganggu. In other case, aku cukup terbantu saat menggunakan makeup karena sedikit lengket jadi dapat dialih fungsikan juga sebagai base atau primer untuk mengunci complexion dan membuat riasan stay on.

Finish setelah penggunaan serum ini, wajah jadi dewy dan lebih lembab. Efek jangka panjang yang aku rasakan, kulit lebih terhidrasi, dan tidak kusam. Area sekitar pori-pori yang sebelumnya besar juga jadi lebih kecil. So, sebagai oily skin kadar sebum di wajah jadi lebih terkendali.

Sedikit tips dari aku, jika kamu memiliki kulit kering atau sensitif bisa menggunakan pelembab dengan tekstur occlusive ya untuk memberi kelembaban ekstra dan menghindari transepidermal water loss. Karena kandungan niacinamide yang tinggi untuk jenis kulit tertentu berpotensi membuat kulit menjadi lebih kering dan iritasi.


1% Actosome Retinol Serum

Punya bintik-bintik hitam, bekas noda jerawat, atau garis-garis halus? Produk 1% Actosome Retinol Serum ini akan sangat cocok untuk mengatasi masalah kulit khususnya bagi kamu yang belum pernah mencoba retinol sebelumnya. 

Dengan kadar 1%, serum ini dapat menjadi perawatan dan pengenalan bahan Retinol yang gentle untuk kulit. Serum ini juga memiliki efektivitas lebih tinggi dengan risiko iritasi lebih rendah. 


Ingredients

Aqua, Glycerin, Caprylic/Capric Triglyceride, Propanediol. Isopropyl Myristate, Polysorbate 20. Propylene Glycol, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Retinol, Phaseolus Radiatus Seed Extract, Avena Sativa Meal Extract, Cholesterol, Tocopheryl Acetate, Ethylhexylglycerin, Bisabolol, Octyldodecanol, Black Currant (Ribes Nigrum) Oil, Hydroxypinacolone Retinoate, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Cardiospermum Halicacabum Flower/Leaf/Vine Extract, Jania Rubens Extract, Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Extract, Cetearyl Alcohol, Phenoxyethanol, Ceteareth-20, Cetyl Alcohol, Glyceryl Stearate, Dimethyl Isosorbide, PEG-75 Stearate, Steareth-20, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Disodium EDTA, Xanthan Gum, Hydrogenated Lecithin, BHT, BHA, Tocopherol, Sodium Carrageenan.

Ada 3 hero ingredients dari produk 1% Actosome Retinol Serum ini. Mereka adalah 1% Actosome Retinol, Aloe Vera Extract, serta Vitamin E dengan manfaat sebagai berikut.

Manfaat 1% Actosome Retinol
  • Mempercepat pergantian sel kulit 
  • Antioksidan untuk melindungi kulit dari polusi 
  • Meningkatkan kolagen dan mengembalikan elastisitas kulit 
  • Mengurangi kerutan dan garis halus 
  • Mencerahkan kulit kusam dan memudarkan gelap bintik-bintik 
  • Memperbaiki tekstur kulit dan jerawat

Manfaat Aloe Vera Extract
  • Tingkatkan hidrasi dan perawatan kulit kekeringan 
  • Meredakan kemerahan pada kulit 
  • Mengurangi peradangan.

Manfaat Vitamin E
  • Antioksidan untuk melindungi kulit melawan polusi 
  • Memperkuat penghalang kulit 
  • Menenangkan dan meredakan peradangan

Packaging

retinol serum
Review 1% Actosome Retinol Serum Reset the Skin
1% Actosome Retinol Serum dikemas dengan botol doff bulky. Isi bersihnya sebanyak 30 ml atau 1 fl.oz. Desainnya didominasi dengan warna putih dan merah jambu. 

Tutupnya berupa pump yang mudah dibuka. Selain itu, di bagian lubangnya juga terdapat penutup silikon yang menahan isi agar tidak tumpah. Untuk mengambil isi produknya sangat mudah, cukup menekan pumpnya saja maka isi akan langsung keluar. 

1% Actosome Retinol Serum memiliki kemasan sekunder berupa dus dengan desain dan warna yang serupa dengan botolnya. Sisi kanan dus terdapat cara penggunaan, informasi perhatian penggunaan dalam bahasa Inggris serta barcode BPOM (NA18210111201), sedangkan di sisi kirinya berbahasa Indonesia. Serta terdapat deskripsi, komposisi, dan identitas produk di bagian belakang. 


Texture and Scent

acne serum
Tekstur 1% Actosome Retinol Serum
Memiliki tekstur yang cukup cair dengan serum berwarna putih susu. Karena non-fragrance, jadi aroma dari serum ini nyaris tidak ada. Which is jadi kabar baik bagi kalian kulit sensitif khususnya yang mudah alergi dengan parfum.

How to Use?

  1. Kocok serum sebelum menggunakan. 
  2. Gunakan setelah membersihkan wajah pada malam hari.
  3. Tambahkan pelembab favoritmu. 
  4. Untuk kulit pemula, gunakan sekali seminggu selama 3-4 minggu, lalu tingkatkan penggunaan 2-3 kali seminggu. 
  5. Hindari melayer dengan produk yang memiliki ingredients acid (asam).

Performance

1% Actosome Retinol Serum sangat nyaman digunakan. Tidak ada efek tingling di kulit. Teksturnya yang cair membuat serum ini sangat cepat menyerap dan tidak meninggalkan kesan lengket. 

Kebetulan saat menggunakan serum ini di dahiku ada jerawat yang tengah memerah. Saat pertama kali digunakan pada malam hari, esok pagi harinya jerawat yang meradang sudah kempes dan kering. 

2% Actosome Retinol Skin-restoring Serum


Untuk yang sudah terbiasa menggunakan Retinol, 2% Actosome Retinol Skin-restoring Serum ini akan sangat membantu kuli kamu yang membutuhkan dorongan ekstra dan kekuatan dalam perawatan Retinol. Tapi sebelumnya, pastikan kamu sudah terbiasa dan memiliki toleransi efek Retinol yang cukup pada kulit sebelum menggunakan ya!

Ingredients

Aqua, Glycerin, Caprylic/Capric Triglyceride. Propanediol, Polysorbate 20, Isopropyl Myristate, Propylene Glycol, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Retinol, Phaseolus Radiatus Seed Extract, Avena Sativa Meal Extract, Cholesterol, Tocopheryl Acetate. Ethylhexylglycerin, Bisabolol, Octyldodecanol, Black Currant (Ribes Nigrum) Oil, Hydroxypinacolone Retinoate, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Cardiospermum Halicacabum Flower/Leaf/Vine Extract, Jania Rubens Extract, Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Extract, Cetearyl Alcohol, Phenoxyethanol, Ceteareth-20, Cetyl Alcohol, Glyceryl Stearate, Dimethyl Isosorbide, PEG-75 Stearate, Steareth-20, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Disodium EDTA, Xanthan Gum, Hydrogenated Lecithin, BHT, BHA, Tocopherol, Sodium Carrageenan.

Komposisi dari 2% Actosome Retinol Skin-restoring Serum ini hampir sama dengan 1% Actosome Retinol Serumnya. Bedanya terdapat di kandungan Retinol yang lebih tinggi. Serta kandungan Polysorbate 20 yang lebih dibanding Isopropyl Myristate. Hal ini dapat dilihat dari posisi kedua bahan yang berpindah tempat, dimana Polysorbate 20 berada di list komposisi lebih dahulu.

Packaging

skincare retinol
Review 2% Actosome Retinol Skin-restoring Serum 
2% Actosome Retinol Skin-restoring Serum dikemas dengan botol doff bulky. Isi bersihnya sebanyak 30 ml atau 1 fl.oz. Desainnya didominasi dengan warna putih dan merah. 

Tutupnya berupa pump yang mudah dibuka. Selain itu, di bagian lubangnya juga terdapat penutup silikon yang menahan isi agar tidak tumpah. Untuk mengambil isi produknya sangat mudah, cukup menekan pumpnya saja maka isi akan langsung keluar. 

2% Actosome Retinol Skin-restoring Serum memiliki kemasan sekunder berupa dus dengan desain dan warna yang serupa dengan botolnya. Sisi kanan dus terdapat cara penggunaan, informasi perhatian penggunaan dalam bahasa Inggris serta barcode BPOM (NA18210111200), sedangkan di sisi kirinya berbahasa Indonesia. Serta terdapat deskripsi, komposisi, dan identitas produk di bagian belakang. 

Texture and Scent

  
retinol untuk kulit
Tekstur 2% Actosome Retinol Skin-restoring Serum 
Sama seperti serum sebelumnya, 2% Actosome Retinol Skin-restoring Serum memiliki tekstur yang cukup cair dengan serum berwarna putih susu dan tidak beraroma.

How to Use?

  1. Kocok serum sebelum menggunakan. 
  2. Gunakan setelah membersihkan wajah pada malam hari.
  3. Tambahkan pelembab favoritmu. 
  4. Hindari melayer dengan produk yang memiliki ingredients acid (asam)

Performance

Karena telah menggunakan retinol sebelumnya, penggunaan 2% Actosome Retinol Skin-restoring Serum ini akhirnya bisa ditoleransi dengan kulitku. Dengan kadar yang lebih tinggi, retinol ini membantu dalam meratakan kulit yang tidak merata. Khususnya noda hitam bekas jerawat di area dahi yang membandel.


Final Verdict

Overall, keempat produk dari Reset the Skin ini sangat bermanfaat untuk berbagai jenis masalah kulit khususnya dalam merawat dan mengembalikan kesehatan skin barrier. Jujur kalau harus disuruh milih mana yang paling favorit, it’s really hard for me karena semuanya bekerja sesuai dengan fungsinya.

reset the skin review
Hasil Penggunaan Skincare Reset the Skin 
And there is the result penggunaan keempat produk dari Reset the Skin. Bisa dilihat sendiri ya foto sebelum penggunaan produk wajahku cukup kusam banget dan jadi mendingan setelah penggunaan. Anyway, karena akhir bulan seperti biasa saat tamu bulanan datang kemarin kehadiran si jerawat lagi di area pipi dan hidung. Pas aku pakein retinol malam harinya, esok harinya langsung kering dong dan sekarang tinggal bekasnya aja, yeay.

Meskipun memiliki botol yang cukup bulky, yang bagi sebagian orang mungkin akan menyita sebagian ruang penyimpanan khususnya bagi kolektor skincare dan beauty enthusiast. Tetapi aku acungi jempol karena dengan packagingnya sangat aman yang membantu para traveler. Aku berani bilang demikian karena setelah produk ini datang aku harus keluar kota selama beberapa hari dan tidak ada drama isi yang meluber atau tumpah kemana-mana.

So, dari segi klaim dan manfaat yang aku rasakan selama penggunaan. Produk dari Reset the Skin ini sangat worth it to buy. Buat kalian yang belum pernah exfo, 2% BHA Pore-refining Exfoliant Reset the Skin is your answer!

Buat kalian yang punya kulit kusam khususnya yang sudah terbiasa menggunakan serum berbahan Niacinamide dapat menggunakan 10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening Serum. And the last, bagi pemilik kulit berjerawat dan noda hitam Let’s choose your Retinol.


Price and Where to Buy

Harga per produk Reset the Skin ini sekitar 90-100 ribuan saja. Buat kamu yang penasaran dan mau membeli produk yang aku dan rekan-rekan Jakarta Beauty Blogger gunakan ini bisa kalian dapatkan melalui Official Shopee Store Reset the Skin (klik link biru). 

Kira-kira produk mana nih yang jadi incaran mu? Yuk share jawaban atau pertanyaan di kolom komentar!


Cheers,

andayani rhani

You May Also Like

0 Comments

Thank you for your time to come by and leave comment! Follow me on Instagram @andayanirhani, let me know you found me from my blog, and I'll follow you back :)
-Xoxo