5 Fasilitas Impian yang Diinginkan Karyawan Perusahaan Besar

by - Maret 23, 2022

Baca Juga

kerja kantoran
Ilustrasi Karyawan source : https://www.pexels.com/id-id/foto/pengusaha-muslimah-mengetik-di-laptop-saat-rehat-kopi-di-rumah-4050220/
Pencapaian karir tertinggi pastinya menjadi tujuan akhir setiap karyawan yang bekerja di suatu perusahaan. Mengapa demikian? Sebab sudah bukan rahasia lagi, bahwa ketika seorang karyawan berhasil berada di puncak karir, tentunya berbagai penghargaan akan didapatkan. 

Termasuk berupa fasilitas yang akan sangat bermanfaat untuk perkembangan karir kedepannya. Seperti penghargaan berupa car ownership program, yang banyak menjadi pilihan bagi perusahaan besar, dalam memberikan penghargaan kepada karyawan terbaiknya.

4 Tujuan Pemberian Penghargaan Kepada Karyawan

Sebenarnya apa tujuan perusahaan dalam memberikan penghargaan kepada karyawan?


1. Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Penghargaan akan semakin memotivasi karyawan untuk meningkatkan produktivitas. Penghargaan ini juga akan memberikan semangat kepada karyawan lain, untuk bersaing secara sehat dalam menunjukkan kinerja, agar bisa mendapatkan penghargaan yang sama.


2. Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Pemberian penghargaan akan semakin meningkatkan loyalitas karyawan. Sehingga mempermudah perusahaan dalam mencapai tujuan. Sebab karyawan yang loyal dengan sendirinya akan memperkenalkan perusahaan beserta produknya kepada khalayak luas.


3. Meminimalisir Keinginan Resign Atau Berpindah Perusahaan

Adanya penghargaan berpotensi mengurangi jumlah karyawan yang mengundurkan diri ataupun berpindah perusahaan. Sebab karyawan tersebut merasakan ketenangan dan kebahagiaan saat kinerjanya mendapat apresiasi. Alhasil akan semakin menguatkan tekad untuk tetap berada di perusahaan tersebut.


4. Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Banyaknya karyawan dengan kinerja terbaik yang mendapat penghargaan dari perusahaan, akan semakin meningkatkan reputasi perusahaan. Karyawan-karyawan tersebut akan terus bekerja semaksimal mungkin demi memajukan perusahaan.


5 Bentuk Fasilitas Perusahaan Kepada Karyawan Terbaik

Semua perusahaan besar pastinya terus berupaya agar reputasinya selalu terdepan. Salah satu cara adalah dengan memberikan penghargaan kepada karyawan berprestasi. Lantas, bentuk penghargaan apa saja yang bisa diberikan oleh perusahaan?


1. Pujian Dan Motivasi

Penghargaan termudah adalah memberikan pujian kepada karyawan berprestasi. Lalu memberikan motivasi untuk terus meningkatkan kemampuan agar menjadi lebih baik.


2. Training Pengembangan Karir

Perusahaan juga dapat memberikan penghargaan berupa training lanjutan, demi pengembangan karir karyawan. Dengan training ini ilmu dan kemampuan karyawan akan semakin bert ambah, untuk diterapkan dalam mencapai tujuan perusahaan.


3. Tabungan, Investasi Dan Pemeliharaan Kesehatan

Pemberian penghargaan berupa tabungan dan investasi dalam jumlah tertentu, pastinya akan bermanfaat bagi kelangsungan hidup karyawan. Begitupun dengan fasilitas pemeliharaan kesehatan, yang menjamin ketenangan karyawan dalam bekerja. 


4. Bonus 

Penghargaan berupa bonus selain berguna sebagai tambahan penghasilan, juga sangat efektif memotivasi karyawan untuk bekerja lebih baik lagi. Sebab bonus ini dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhannya, ataupun membeli barang yang diinginkan.


5. Tempat Tinggal Dan Kendaraan 

Ada pula perusahaan besar yang memberikan penghargaan berupa tempat tinggal dan kendaraan. Tujuannya selain memotivasi, juga sekaligus mempermudah mobilitas karyawan dalam menjalankan pekerjaannya. Seperti saat ini ada beberapa perusahaan yang memberikan fasilitas berupa car ownership program, atau program kepemilikan kendaraan kepada karyawannya. 


setir mobil
Car Ownership Program source https://www.pexels.com/id-id/foto/mobil-kendaraan-setir-mobil-otomotif-6501227/

Car Ownership Program, Fasilitas Impian Karyawan Dari Perusahaan Besar

Car ownership program adalah bentuk penghargaan perusahaan atas prestasi karyawan, berupa program kepemilikan kendaraan. Lantas, bagaimana prosedur perusahaan dalam memberikan program ini, sehingga terjadi kesepakatan dengan karyawan? 


1. Kriteria Pengajuan

Penting untuk menginventarisir data karyawan, dan menentukan standar untuk dapat mengajukan program kepemilikan mobil ini. Seperti lamanya masa kerja, pencapaian nilai kinerja, dan tingkat jabatan karyawan. Kriteria ini yang akan menentukan besaran plafon dari car ownership program ini. 


2. Prosedur Kepemilikan 

Perusahaan dan karyawan selanjutnya menyepakati tentang prosedur kepemilikan mobil. Apakah berupa pinjaman mobil dinas dan dikembalikan setelah program berakhir, ataukah nantinya diberikan sebagai hak milik jika memenuhi syarat. Ada pula yang menggunakan sistem sewa sesuai ketentuan. Ada pula perusahaan yang memberikan tunjangan yang bisa digunakan untuk mengangsur mobil yang telah dibeli karyawan.


3. Nama Pemilik Kendaraan

Jika kendaraan tersebut atas nama perusahaan, maka saat jangka waktu program berakhir, perusahaan dapat membalik nama kepemilikan langsung menjadi hak milik karyawan. Namun ketika kendaraan atas nama karyawan, maka perusahaan akan menahan surat berharga kendaraan tersebut, dan dikembalikan kepada karyawan saat jangka waktu car ownership program ini berakhir.


4. Lama Kontrak Program

Penting pula untuk menentukan lama kontrak program ini, serta antisipasi jika karyawan tidak lagi bekerja dikarenakan mengundurkan diri, PHK ataupun meninggal dunia. Di saat itulah karyawan harus menyelesaikan tanggung jawabnya, sampai akhirnya kendaraan tersebut menjadi miliknya. Ataukah perusahaan yang menyelesaikan program ini, dengan konsekuensi kendaraan akan menjadi milik perusahaan sepenuhnya.


5. Kondisi Tak Terduga

Perusahaan dan karyawan juga harus menyepakati situasi tertentu terkait car ownership program ini. Seperti penanggung jawab biaya pemeliharaan, atau saat karyawan memilih mobil dengan jenis dan harga yang tidak sesuai dengan perjanjian. 

Berbicara tentang car ownership program yang saat ini banyak dipilih perusahaan, tentunya tak lepas dari kerjasama perusahaan tersebut, dengan lembaga penyedia jasa program kepemilikan mobil ini. 
Salah satunya adalah Maybank Finance. Sebuah lembaga pembiayaan yang membantu karyawan berprestasi, untuk mendapatkan mobil impian sebagai penghargaan atas kinerjanya. 

Maybank Finance ini telah menyediakan layanan dalam kredit kepemilikan mobil dengan cukup mudah. Dengan melengkapi persyaratan sesuai ketentuan, seorang karyawan dapat mengajukan program ini, dan menentukan angsuran serta berapa lama jangka waktunya. Selain itu keamanan dalam bertransaksi lebih terjamin, karena semua data tersampaikan secara transparan melalui website resmi yang tersedia.

Jadi, apakah Anda seorang karyawan berprestasi, dan berminat mengajukan car ownership program? Pastikan Anda memilih Maybank Finance sebagai solusinya.


Referensi :
https://www.jojonomic.com/blog/reward-appresiasi-karyawan/
https://economy.okezone.com/read/2015/03/23/320/1122935/10-fasilitas-paling-dicari-di-perusahaan
https://www.jurnal.id/id/blog/tujuan-bentuk-jenis-faktor-yang-mempengaruhi-kompensasi-adalah/
https://digihr.net/4-hal-yang-perlu-diperhatikan-dalam-menyediakan-fasilitas-car-ownership-program-cop/
https://qmfinancial.com/2019/03/fasilitas-car-ownership-program/

Cheers,

andayani rhani

You May Also Like

0 Comments

Thank you for your time to come by and leave comment! Follow me on Instagram @andayanirhani, let me know you found me from my blog, and I'll follow you back :)
-Xoxo