Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Campuran Shampo dan Kopi yang Viral di Tiktok

by - Februari 26, 2022

Baca Juga

Saat lagi sisiran atau sampoan, di hijab atau kucir rambut, even ngibas rambut dikit pun, dimana-mana ada aja rambut rontok
Frustasi karena rambut rontok pernah menjadi mimpi buruk bagi saya. Apakah kamu juga? Sudah berbagai macam cara saya lakukan untuk mengatasi masalah kehidupan yang satu ini.

Mulai menggunakan shampo dengan bahan tertentu yang dipercaya bisa mengatasi kerontokan, melakukan treatment, hingga potong rambutpun pernah saya jalani. Hasilnya? Lagi-lagi jumlah rambut rontok masih saja tak terkendali.

Keberadaan rambut rontok ini memang sah-sah saja terjadi, ibarat manusia di kehidupan yang senantiasa datang dan pergi silih berganti, cielah... Tapi kalau rontoknya dalam jumlah yang sangat banyak rasanya sangat meresahkan dan tidak normal, bukan? Kadang saya jadi overthinking sendiri, apa jangan-jangan punya penyakit kronis ya? Eh...


rambut rontok
Masalah Rambut Rontok


Campuran Shampo dan Kopi untuk Rambut Rontok

Setelah lebih dari satu tahun bergelut dengan rambut rontok ini akhirnya I got the solution! Solusi rambut rontok ini berasal dari rekomendasi beberapa teman di aplikasi Instagram.

Jadi waktu itu karena saya udah pusing banget dan bingung harus nyoba apa lagi, akhirnya saya tanya ke teman-teman melalui fitur QnA tentang masalah rambut rontok. Sebagian dari mereka menyarankan untuk mencoba menggunakan shampo yang dicampur dengan kopi atau Coffee Rinse.

Atas saran dan berbekal sedikit hasil riset positif, sayapun tertarik untuk mencobanya. Sebelumnya saya sudah membagikan pengalaman ini secara singkat di instagram. Tapi di tulisan kali ini saya akan menjelaskan lebih lengkap pengalaman cara mengatasi rambut rontok dengan shampo dan kopi yang viral dari Tiktok ini


Apakah Boleh Mencampur Shampo dengan Kopi?

Mungkin sebagian dari teman-teman merasa ragu dengan tips ini dan mempertanyakan,
boleh nggak sih mencampur shampo dengan kopi khususnya dari sisi medis atau kesehatan?
Oke-oke tenang, saya juga akan membahas hal ini untuk menjawab rasa penasaran kamu. Seperti yang sudah saya tuliskan sebelumnya. Biar nggak cuman ikutan trend dan FOMO, sayapun melakukan riset terlebih dahulu dengan membaca artikel dan keterangan dari ahli ataupun dokter tentang tips coffee rinse ini. Hasilnya pun ternyata positif (kabar baik).

Seiring bertambahnya usia, folikel rambut yang kita miliki pun banyak yang menjadi rusak. Kabar baiknya, untuk mengatasi hal ini ada beberapa bahan yang berfungsi untuk memperbaiki seperti gingseng dan juga kopi. Dibandingkan dengan gingseng, memang eksistensi bahan kopi ini masih jarang dijumpai pada produk perawatan rambut.

manfaat kopi untuk rambut
Manfaat Kopi untuk Rambut Rontok
Kendati demikian, beberapa penelitian seperti yang dilakukan oleh National Center of Biotechnology Information (AS) menjelaskan bahwa kopi dapat mengaktifkan sel folikel rambut. Hal tersebut dilakukan dengan cara melepaskan adenosida trifosfat (ATP). 

ATP inilah yang berfungsi membawa energi dan menekan kinerja Dihydrotestosterone (DHT) penyebab rambut mudah patah. Selain itu, kandungan flavonoid dalam kopi berguna sebagai antioksidan yang dapat mempercepat proses regenerasi.

Kafein pada kopi ternyata tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan produktifitas saja. Berdasarkan riset yang dilakukan Pharmacology and Psysiology (2013), kandungan kafein dapat menutrisi serta mengunci kelembaban dan minyak alami rambut.

Cara kerja kopi yang bermanfaat untuk kesehatan rambut tersebut pada akhirnya dapat mengatasi rambut rontok dengan membuat akar rambut yang lebih kuat. Selain itu, kandungan kopi juga membuat rambut lebih berkilau, memperlancar sirkulasi darah pada kulit kepala, menjadi pewarna alami dan mengurangi uban, serta membantu rambut agar tidak mudah kusut.


Cara Menggunakan Shampo dan Kopi untuk Rambut Rontok

Cara menggunakan shampo dan kopi ini sangat mudah sekali. Adapun yang perlu kamu persiapkan adalah shampo khusus untuk rambut rontok. Merknya apa? Bebas. Saya sendiri pertama kali mencoba menggunakan shampo Natur Gingseng untuk rambut rontok. Karena itu satu-satunya shampo yang tersedia di kos dan udah terlanjur dibeli (sebelum melakukan QnA) hehehe. Tapi, saat di rumah saya berganti shampo Head and Shoulders juga tetep work, kok.

Untuk kopinya, saya pakai kopi hitam instan yang ada logo kapalnya. Kamu juga bisa menggunakan merk kopi lain, asalkan kopi yang digunakan jenis kopi hitam murni (tidak ada campuran gulanya). Saya juga pernah menggunakan brand lain (Nesscafe), tapi karena butiran kopinya yang berukuran lebih besar jadi terasa agak kasar dan kurang nyaman. So, aku prefer menggunakan kopi legend yang ada kapalnya.

keramas shampo dan kopi
Bahan untuk Coffee Rinse
Adapun langkah-langkah cara menggunakan campuran shampo dan kopi atau coffee rinse adalah sebagai berikut :
  1. Bilas terlebih dahulu rambut dengan air.
  2. Ambil shampo secukupnya.
  3. Tambahkan bubuk kopi hitam kurang lebih sebanyak satu sendok teh (disesuaikan dengan banyak/panjang tidaknya rambut).
  4. Campurkan keduanya hingga bertekstur menjadi pasta (bisa langsung dilakukan di telapak tangan bila tidak mau ribet atau menggunakan wadah kecil)
  5. Usapkan campuran shampo dan kopi perlahan pada kulit kepala secara lembut dan menyeluruh.
  6. Tunggu beberapa saat dan bilas hingga bersih.
  7. Langkah terakhir, keramas lagi seperti biasa (hanya menggunakan shampo saja) untuk membersihkan sisa-sisa kopi.

Hasil Penggunakan Shampo dan Kopi untuk Rambut Rontok

Setelah menggunakan campuran shampo dan kopi ini saya merasa ada yang berbeda. Rambut saya terasa lebih kering dari biasanya. Tetapi saya sangat impressed dengan hasilnya. Saat menyisir rambut setelah keramas, hampir tidak ada rambut yang rontok sama sekali. Saat saya coba ulangi lagi, eh ada tapi cuma satu helai.

rambut rontok
Before-after Keramas dengan Campuran Shampo dan Kopi
Begitu pula beberapa hari setelahnya. Sejak keramas menggunakan campuran shampo dan kopi ini jumlah rambut rontok saya jadi lebih terkendali. Tidak sebanyak dulu yang saat jalan saja ada rambut jatuh. Rambut juga terasa lebih lembut dan nggak gampang lepek dan kusut. Sangat membantu banget buat saya yang berhijab. 

Buat mbak @sindi9rande yang membagikan tips haircare melalui Tiktoknya serta teman-teman Instagram yang sudah menyarankan saya tips ini terima kasih banyak ^^ Finally, I can deal with my uncontrolled hair loss.


Tips Penggunakan Shampo dan Kopi untuk Rambut Rontok

Setelah hampir setengah tahun mencoba keramas dengan campuran shampo dan kopi ini ada beberapa tips yang bisa saya berikan. First of all, tentu kita tahu bahwa apa yang berlebihan itu tidak baik. Termasuk terlalu sering berkeramas dengan campuran shampo dan kopi ini. 

Dari pengalaman saya, jika terlalu sering melakukan coffee rinse dapat membuat rambut jadi sangat kering. Selain itu, dapat meningkatkan potensi iritasi juga. Jadi, setelah trial and error intensitas penggunaan ideal saya keramas dengan campuran ini adalah dua minggu sekali.

Jika rambut kamu terasa sangat kering bisa menggunakan hair oil setelah keramas. Sebelum menggunakan tips ini, pastikan juga kamu tidak memiliki kulit sensitif yang dapat meningkatkan potensi iritasi. Hal ini dapat kamu antisipasi dengan berkonsultasi dengan ahli atau dokter andalanmu.

Itulah pengalaman cara mengatasi rambut rontok dengan shampo kopi yang viral dari Tiktok yang saya lakukan. Semoga tips ini bisa membantu ya. Tertarik untuk mencoba atau justru sudah pernah mencoba tips ini? Let me know di kolom komentar ya!

Cheers,

andayani rhani

You May Also Like

4 Comments

  1. Wah ternyata bisa pake kopi ya buat ngatasin rambut rontok

    BalasHapus
    Balasan
    1. betull mas, saya ketagihan nyobain tips ini. tipe rambut saya tipis, kalau rontok terus lama-lama sisir saya bisa pensiun hehehe

      Hapus
  2. Patut dicoba ini, tapi pas mbilasnya ga susah itu mbak? Aku kok mbayangin ada butiran kopi nempel ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah aman mba Rahayu, pengalaman saya di shampoin sekali lagi juga sudah bersih kok. semoga bermanfaat ya tipsnya ^^

      Hapus

Thank you for your time to come by and leave comment! Follow me on Instagram @andayanirhani, let me know you found me from my blog, and I'll follow you back :)
-Xoxo