Asal Usul Sepak Bola Dunia

by - Januari 16, 2022

Baca Juga





football
Source (pinterest/Football)
Tidak dapat dipungkiri bahwasanya cabang olahraga sepak bola menjadi salah satu cabang olahraga yang paling terkenal dan digemari di seluruh dunia. Sepak bola memiliki daya tarik dari semua kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa, pria dan wanita. 

Maka tidak heran jika sepak bola menjadi olahraga yang terpopuler saat ini, dibalik tenarnya cabang olahraga ini ternyata sepak bola sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. 

Olahraga sepak bola dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing beranggotakan sebelas orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan. Pemenang dari sepak bola cukup mudah dipahami, di mana tim yang dapat mencetak jumlah gol ke gawang lawan lebih banyak dari lawan yang mencetak gol ke gawang tim akan keluar menjadi pemenang. 

Jika pembaca memang tertarik dengan dunia sepak bola, mungkin artikel ini cocok dan dapat menarik untuk dibaca karena kali ini akan membahas sejarah selengkapnya tentang sepak bola yang bereferensi dari berbagai sumber salah satunya indozone

Sejarah Sepak Bola 

football
 Source (pinterest/football history)
Permainan si kulit bundar diketahui sudah ada sejak 3000 tahun yang lalu dan dimainkan dari berbagai penjuru dunia dalam bentuk yang berbeda-beda. 

Sejauh ini diketahui asal dari sepak bola berasal dari negara Cina. Sejarah ini dimulai semenjak abad ke-dua dan ke-tiga sebelum masehi. Saat itu sepak bola dikenal dengan istilah Tsu Chu, yang artinya menerjang bola kulit yang ada isinya dengan kaki. Ketika itu rakyat mengadakan permainan menggiring bola kulit dan menendangnya menuju jaring kecil yang digelar pada sebuah lapangan terbuka. 

Selain di negara Cina, ternyata sepak bola juga menyebar hingga ke Jepang dan memiliki sebutan Kemari, Hanya saja sepak bola yang dimainkan di jepang dengan cara membentuk lingkaran dan saling menendang bola agar tidak terjatuh ke tanah. 

Sedangkan menurut sejarah lainnya, Italia sudah mulai memainkan sepak bola mulai abad ke-16 dengan cara menendang dan menggiring bola menuju gawang lawan. Setelah itu beberapa negara maju dan modern di benua eropa mulai mengembangkan sepak bola hingga melahirkan beberapa kompetisi dan turnamen. 

Meski begitu, pada masa itu sepak bola pernah mengalami pasang surut. Bahkan di tahun kekuasan inggris saat di pegang Edward III pada tahun 1365 melarang digulirkannya sepak bola dikarenakan beberapa insiden dan kericuhan sepak bola inggris yang disebabkan sepak bola saat itu “keras”.

Berdirinya Asosiasi Sepak Bola 


football history
 Source (pinterest/fa cup)
Pada tahun 1815 sepak bola mulai bangkit dan kembali menyita perhatian publik, apalagi di tahun tersebut sepak bola mulai diperkenalkan ke beberapa sekolah dan universitas. Hingga pada tahun 1863 dibentuklah The Football Association(FA) oleh belasan sekolah dan klub untuk merumuskan aturan baku dan sebagai awal mula sepak bola modern. 

Setelah pembentukan FA, turnamen pertama sepak bola inggris di tahun 1871 bertajuk Football Association Cup atau lebih familiar FA Cup digelar dan menjadi kompetisi domestik tertua di dunia. Kemudian sepak bola mulai menyebar ke seluruh dunia mulai dari benua amerika, afrika, hingga asia. 

Kemudian pada tahun 1904 dibentuklah Federation Internationale de Football Association (FIFA) sebagai pemegang mandat badan penyelenggara dan tanggung jawab sepak bola dunia, lalu pada tahun 1930 lah pagelaran akbar FIFA yang biasa dikenal dengan Piala Dunia dilaksanakan di Uruguay. 

Klub Sepak Bola Pertama 

football history
 Source (pinterest/football history)
Bersamaan dengan perkembangan cabang olahraga sepak bola, klub sepak bola juga mulai bermunculan sejak abad ke-15. Diketahui bahwa Sheffield menjadi klub sepak bola pertama dan juga tertua yang telah diakui oleh FA dan FIFA di dunia. 

Latar belakang yang unik dari pembentukan Sheffield ini adalah klub sepak bola ini didirikan oleh perkumpulan anggota cabang olahraga kriket yang menolak dengan peraturan yang berlaku pada saat itu, lalu melalui pertemuan secara rutin para anggota klub kriket asal kota Sheffield, Inggris, berdilah Sheffield Football Club di tahun 1857. 

Itulah pemaparan mengenai sejarah sepak bola mulai dari asal-usul, sejarah, asosiasi, dan klub pertama. Semoga bermanfaat!

Cheers,

andayani rhani

You May Also Like

0 Comments

Thank you for your time to come by and leave comment! Follow me on Instagram @andayanirhani, let me know you found me from my blog, and I'll follow you back :)
-Xoxo