Blogwalking Asik : Grup BW Pertamaku sebagai Seorang Blogger

by - Desember 05, 2021

Baca Juga

Punya rumah yang bisa menaungi kita saat hujan badai atau teriknya panas matahari, yang bisa membuat kita nyaman, berkembang, sekaligus tempat dalam mencurahkan segala hal merupakan salah satu impian bagi semua orang. Sejak terjun ke dunia Blogger ini, pertama kali aku menemukan arti "rumah" ketika masuk ke dalam grup Blogwalking Asik.


Apa itu Blogwalking Asik?

Blogwalking Asik merupakan grup berisi blogger yang dibuat oleh kak Hani dan kak Rini. Nama grup ini terdari dari 2 kata, blogwalking dan asik. Blogwalking sendiri merupakan istilah yang digunakan ketika seorang blogger berjalan-jalan alias mengunjungi blog lain. Sedangkan arti kata asik di KBBI merupakan aktivitas atau kegiatan yang dilakukan dengan senang hati. 

Seperti namanya, grup ini nggak hanya menyuguhkan kesempatan untuk berkunjung ke blog atau website orang lain saja. Tetapi juga memberikan beragam pengalaman, kegiatan, serta kenalan dari penjuru kota di Indonesia yang orangnya unik nan asik.


Awal Mula Kenal Blogwalking Asik

blog andayani
Blog Andayani Rhani
Aku masih ingat betul, pertama kali aku memulai blog ini tahun 2016 dengan postingan puisi-puisi bucin alias budak cinta khas anak SMA yang baru putus cinta ahahaha. Pengunjungnya pun sedikit. Paling banyak cuma dua digit, sama seperti jumlah absen di kelas. 

Bisa page-one di Google itu rasanya mustahil banget. Bahkan komentarpun cuma satu. Dari gebetan yang tahu karena aku share link postingannya di status wa uhukk. Kadang ada rasa insecure (sekaligus iri) saat singgah di blog-blog orang lain yang ramai dengan komentar atau total pembaca yang terpampang jelas dengan nominal jutaan. 

Setelah sempat hiatus karena kesibukan ngebakul (jualan online). Aku kembali fokus menekuni blog pada pertengahan tahun 2019, setelah kelulusan SMA. Komitmenku ngeblog saat itu adalah menuliskan pengalaman yang pernah aku alami untuk membantu orang lain. Mulai dari cerita pengalaman masak, memperbaiki layar laptop yang error, tips ala kadarnya, hingga ulasan buku maupun produk-produk perawatan yang aku pakai sehari-hari pokoknya ada di sini.

Tapi memang tidak bisa dipungkiri bahwa jalan kehidupan itu nggak selamanya bisa selalu berjalan lurus. Ada aja persimpangan jalan yang bercabang seperti perasaan gebetan. Sebagai seorang manusia yang udah komit untuk menjadi blogger, tantangan terbesarku adalah mengatur waktu dan mengelola emosi karena sifatku yang moodyan. 

Kadang sibuk nugas kuliah, ngurusin program kerja organisasi sampai nggak sempet untuk nulis. Atau ada waktu tapi rasa males nulis tiba-tiba hinggap. Alibilku saat itu, toh yang baca juga dikit, nggak ada yang komentar pula. Kayaknya emang aku nggak bakat buat nulis, nih.

Di saat menghadapi tantangan itu aku bertemu dengan kak Tri pemilik blog pohontomat.com. Beliau menyarankanku untuk bergabung di grup Blogwalking Asik ini. 


Fakta Menarik tentang Grup Blogwalking Asik

laptop
Ilustrasi Blogger
Sejak bergabung tahun 2019 hingga hari ini, terhitung sudah lebih dari 2 tahun aku menjadi bagian dari Blogwalking Asik. Berikut ini adalah fakta menarik sekaligus alasan kenapa aku bisa betah, nyaman, bahkan sampai menganggap tempat ini sebagai rumah.


Beraneka Ragam Spesies Anggotanya

Anggota dari grup ini sangat beragam. Ada yang backgroundnya akademisi, full time freelance, ibu rumah tangga, anak kuliahan, hingga dosen. Semuanya jadi satu di grup ini dan anggotanya sangat welcome

Satu tahun belakangan ini kalau ku amati, pasti ada saja ucapan-ucapan yang ditujukkan pada member di grup karena berhasil memenangkan lomba. Meskipun aku jarang banget ikutan apalagi menang lomba blog, tapi rasanya bangga dan senengnya itu selalu nular kalau ada teman sesama blogger yang menang. 

Sebagai grup yang difungsikan untuk komunikasi, di sini kita juga bebas untuk bertanya maupun menanggapi pertanyaan dari orang lain. Apalagi sebagai blogger pemula yang terbatas pengetahuannya. Awal bergabung, aku sering sekali bertanya A sampai Z. Beruntungnya. selalu ada saja yang bantu jawab.

Kalau diibaratkan negara nih, grup ini punya berbagai juru bicara alias jubir yang tanggap. Mereka adalah spesies blogger rajin banget balesin pertanyaan. Di sini juga ada spesies khusus loh, kalau nggak ada dia dijamin pasti grup bakal jadi sepi. 

Tapi kalau kamu tipe orang yang malu-malu kucing nggak perlu khawatir, karena ada juga yang diem-diem jadi silent-rider. Aku juga kadang jadi spesies ini, ikutan nyimak pembahasan sambil ngakak online dan ngesavein stiker-stiker whatsapp lucu. Pokoknya, berbagai macam jenis anggota ada di sini. 


Ada Aja Bahan Pembahasannya

Grup ini hampir selalu ada aja bahan untuk dibahas. Kontras banget jika dibandingkan dengan grup organisasiku yang nyaris selalu krik-krik. SBL SBL SBL ; Sepii banget loehh. Kalau mau anggotanya keluar harus dichat pribadi dulu satu-satu. 

Back to laptop, pembahasan di grup ini khususnya emang seputar dunia blog. Pernah sampai sehari karena sibuk aku nggak buka grupnya udah ada ribuan notif pesan belum terbaca. Alamak! Meskipun sebanyak itu, tapi aku nggak pernah ngerasa keganggu karena pembahasannya. Karena kalaupun tidak membahas dunia perblogan, mau serandom apapun bahasannya tetep ada aja faedahnya.

Baru-baru ini ada yang tanya di grup masalah terkait jurusan di SMA, antara MIPA dan IPS. Nggak butuh waktu lama. Berbagai macam saran dan juga pengalaman pun saling bersautan. Entah dimana lagi bisa nemu grup yang feel like home kayak gini.


Berbagi Pengalaman dan Berbagai Macam Kegiatannya

Selain anggota dan pembahasannya. Dari grup ini aku juga belajar banyak ilmu. Anggota di grup ini suportif banget. Jika ada anggota yang tertimpa musibah, para admin sangat tanggap dan tidak segan untuk menggalakan bantuan.

Selain itu, para senior yang sudah terjun di dunia blog bertahun-tahun juga nggak pernah pelit berbagi ilmu ke orang lain. Kegiatan pertama yang aku ikuti dari grup ini adalah webinar pelatihan desain oleh Uda. 

Kegiatan ini kalau nggak salah dilaksanakan saat pandemi tahun lalu. Jujur aku impresive banget karena anggotanya juga aktif, mau bergerak, dan terus belajar. Sebagai anak muda kadang akupun merasa iri dengan anggota lain. Padahal tidak sedikit dari mereka yang sudah bekerja, menjadi ibu rumah tangga tapi semangat belajarnya tetap 45. 

Beberapa waktu lalu juga dilaksanakan webinar Cara Meningkatkan Traffic Blog. Selain webinar tentunya masih banyak kegiatan menyenangkan yang bisa diikuti. Salah satunya adalah Challange alias tantangan menulis ini.

Bagiku, Blogwalking Asik ini bukan sekedar grup biasa tetapi juga rumah yang nyaman serta tempat untuk tumbuh menjadi seorang blogger. 

Terima kasih atas kesempatan dan ilmu yang telah diberikan kak Hani, kak Rini, kak Tri, Kak Jihan, Uda, Bang Doel, Bang Ari, dan semua member Blogwalking Asik yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu di sini. Aku sangat bersyukur bisa bertemu orang-orang baik seperti kalian. 

Cheers,

andayani rhani

You May Also Like

2 Comments

  1. Di grup ini semua ada pokoknya. Mau nanya nanya diluar blog juga nemu jawabannya.
    Dan pastinya jadi punya lebih banyak networking blogger juga

    BalasHapus
  2. Waah kok seru banget yaa infonya kak 😍 Jadi pingin join deh. Kalau mau join bisa ke mana ya kak? 😁 pengen berkembang juga nih jadi blogger. Salam kenal yaa

    BalasHapus

Thank you for your time to come by and leave comment! Follow me on Instagram @andayanirhani, let me know you found me from my blog, and I'll follow you back :)
-Xoxo