Upgrade Skill Karyawan dengan Pelatihan Online di LMS Ruangkerja

by - September 02, 2021

Baca Juga

Suatu perusahaan dapat terus bersaing apabila memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Jika ingin terus berkembang dan dapat dengan cepat mengikuti perkembangan zaman, maka pelatihan harus dilakukan. Tentunya pelatihan ini dilaksanakan dengan memperhatikan kebutuhan masing-masing perusahaan. 

Apalagi persaingan segala bidang bisnis di era digitalisasi ini semakin ketat. Untuk menjaga kelangsungan usaha, perusahaan harus memastikan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki memiliki kualitas yang baik. 
 
Mengapa? Agar perusahaan dapat tumbuh dan eksis di masa yang akan datang, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia sangat penting untuk meningkatkan skill karyawan sehingga dapat menunjang operasional perusahaan. 

Namun, pandemi Covid-19 ini menjadi kendala khususnya tantangan bagi pelatihan terlebih bagi staf biasa. Wujud nyata hambatan itu adalah terbatasnya komunikasi pribadi secara langsung dan pembatasan penyelenggaraan acara masal. Padahal, anggaran yang sudah dipersiapkan dan tuntutan perkembangan zaman sudah tak dapat lagi dielakkan. 
 

Lantas apa langkah yang tepat bagi perusahaan untuk terus memberikan pelatihan guna meningkatkan kualitas dan kapasitas SDM? 

lms ruangkerja
Ruangkerja dari Ruangguru
Pelatihan secara online dapat menjadi solusi terbaik dalam menyelesaikan masalah ini. Dengan teknologi, pembelajaran kini juga dapat disampaikan secara virtual melalui media digital. Hal ini sangat memudahkan individu atau kelompok untuk bekerja tanpa pertemuan tatap muka. 
 
Apakah kamu pernah mendengar tentang Learning Managemen System (LMS)? LMS kini menjadi alternatif pembelajaran digital. 
 
Salah satu LMS di Indonesia yang menyediakan pelatihan staf online di berbagai perusahaan dan sudah memiliki pengalaman yang bagus untuk memenuhi kebutuhan pelatihan digital karyawan adalah Ruangkerja dari Ruangguru. 
 
Ruangkerja sangat memahami kebutuhan pelatihan perusahaan yang berbeda di era modern. Ada berbagai macam fitur yang mendukung proses pembelajaran yang ditawarkan, sehingga membuat pelatihan terasa nyaman bagi karyawan.

Melalui penggunaan teknologi mobile learning, ruangkerja menyediakan sistem pembelajaran secara fleksibel. Karena dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja ketika karyawan memiliki waktu luang selain waktu bekerjanya.

Apakah ini bekerja untuk karyawan? Bukankah seharusnya pelatihan memiliki struktur yang jelas agar tidak kehilangan poin pelatihan? 

 
Tentunya Ruangkerja juga sudah mengantisipasi masalah ini. Sistem pembelajaran yang digunakan adalah learning journey. Dengan itu, karyawan akan belajar dengan gaya belajar terstruktur dan sistematis. 

Hal ini akan sangat membantu sekaligus menjawab rasa bingung karyawan yang kadang bertanya-tanya, dari mana dia harus memulai belajar? Sehingga, pilihan ini sangat cocok untuk karyawan yang sangat sibuk. 

Selain itu, terdapat fungsi learning plan karyawan yang dirancang untuk memudahkan perusahaan menyelenggarakan sesi pelatihan karyawan secara terstruktur dan sistematis sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan setiap karyawan. So, perusahaan tidak perlu khawatir. Serta mengantisipasi jika apa yang dipelajari karyawan tidak sesuai dengan kebutuhannya. 
 
Untuk menghindari kebosanan dan kebingungan, ruangkerja didesain dengan baik sehingga memiliki tampilan website yang enak dipandang, mudah digunakan, dan tidak mempersulit dalam pelatihan. Hal ini tentu sangat mendukung bagi karyawan untuk merasa nyaman ketika belajar. 

Hal lain yang menarik dari salah satu fungsi yang disediakan oleh Ruangkerja adalah adanya fungsi kolaborasi. Jadi Ruangkerja telah membuat forum diskusi agar setiap peserta memiliki kesempatan untuk berkolaborasi dengan partisipan lain. 
fitur diskusi ruangkerja
Fitur Diskusi Ruangkerja
Parsitipan bahkan dapat bertanya langsung kepada ahlinya tentang dokumen tersebut tentang apa yang akan dipelajari. Hal ini membuat ruangkerja menjadi platform yang sangat efektif dan efisien. 
leaderboard ruangkerja
Leaderboard Ruangkerja
Selain itu, ada leaderboard (papan peringkat) yang dapat mendorong peserta untuk mencapai skor tertinggi. Jadi ini bukan tidak mungkin, karyawan akan tertarik dan termotivasi dalam pelatihan sekaligus mendapatkan sertifikat.
contoh sertifikat
Sertifikat Ruangkerja
LMS Ruangkerja menawarkan solusi pelatihan yang fleksibel untuk karyawan. Peserta akan dapat dengan mudah mengakses materi pelatihan menggunakan berbagai perangkat, mulai dari handphone hingga pc ataupun laptop.

Bagian penting yang menjadi alasan sekaligus membuat banyak perusahaan mempercayai Ruangkerja sebagai mitra belajar online adalah Ruangkerja memiliki fitur yang memudahkan para manajer bahkan leader untuk melakukan mentoring (melacak) kelas mana yang diinginkan dan kemudahan dalam melakukan scoring. 
mentoring di ruangkerja
 Mentoring dengan Ruangkerja
Peserta kemudian dapat mengumpulkan poin yang bobotnya ditentukan langsung oleh perusahaan, jika peserta telah menyelesaikan modul pelatihan untuk kelas yang ditetapkan perusahaan. Hal ini memuat ruangkerja sangat efektif terlebih menggunaan waktu yang sangat efisien. 

Bisakah ruangkerja menghemat anggaran perusahaan untuk pelatihan karyawan? 


Kabar baiknya adalah, iya. Karena ruangkerja berbasis cloud yang sistematis menjadikan investasi bagi perusahaan untuk menghemat dana. 

Penggunakan sistem cloud membuat ruangkerja akan sangat menghemat investasi perusahaan hingga miliaran rupiah jika dibandingkan dengan membangun sistem itu sendiri. Kebutuhan pengaplikasian waktu juga sangat singkat, yakni 2 minggu saja untuk dapat go live

Dengan dilengkapi dengan SSL Security membuat data ruangkerja aman, sehingga konten perusahaan akan terlindungi di dalam cloud.

So, tunggu apalagi? Mari membantu para karyawan untuk berkembang dan meningkatkan skill agar rencana dan inovasi perusahaan dapat segera terealisasi. Dengan proses pelatihan karyawan menggunakan media ruangkerja, perusahaan akan mendapatkan banyak keuntungan. Seperti efektifitas waktu, menghemat biaya perusahaan, serta mempermudah pengawasan selama pelatihan.

Cheers,

andayani rhani

You May Also Like

1 Comments

Thank you for your time to come by and leave comment! Follow me on Instagram @andayanirhani, let me know you found me from my blog, and I'll follow you back :)
-Xoxo