Review Wardah Acnederm Pore Blackhead Balm

by - Juli 06, 2021

Baca Juga

Hello guys! Siapa di sini yang komedoan? Eits tenang karena kalian nggak sendirian. Akupun pernah mengalami situasi kulit yang tersumbat akibat adanya komedo. 

Hal yang membuat aku sebel sama komedo ini adalah bikin nggak pede dengan penampilan. Apalagi kalau jenis komedonya adalah blackhead. Selain itu, aku paling sedih kalau pas cuci muka eh tekstur kulit jadi ngeganjel dan nggak rata. 

Di tambah dengan kebiasaan tanganku yang suka gatel mampir ke wajah. Alhasil komedo meradang dan jadi jerawat. Apakah kalian juga pernah mengalaminya? Ngomong-ngomong soal komedo, kalian sudah tahu belum sih tentang salah satu jenis masalah kulit ini?


Apa itu Komedo?

Mungkin kalian pernah bertanya-tanya, apa itu komedo? Dilansir dari dermnetnz.org, komedo adalah benjolan kecil pada kulit (papula) yang sering ditemukan di area sekitar dahi dan dagu. 


Jenis-jenis Komedo

Jenis komedo sendiri sangat beragam. Namun yang sering ditemukan adalah jenis komedo terbuka dan komedo tertutup.
 
Komedo terbuka adalah jenis komedo yang biasanya berwarna hitam. Hal ini terjadi karena pigmen permukaan (melanin) bercampur dengan udara. Bukan karena adanya kotoran.

Sedangkan jenis komedo tertutup adalah komedo yang berwarna putih dan biasanya letaknya sangat tertutup. Hal ini terjadi karena folikel benar-benar tersumbat oleh kulit.


Apa Penyebab Komedo?

Komedo muncul ketika sel-sel kulit mati tersumbat atau adanya peningkatan produksi sebum (minyak). Berbeda dengan jerawat, komedo ini tidak menimbulkan rasa sakit atau peradangan.


Review Wardah Acnederm Pore Blackhead Balm

wardah pore blackhead balm
Review Wardah Acnederm Pore Blackhead Balm
Dua tahun lalu, waktu lagi nyari produk untuk mengatasi komedo aku nggak sengaja menemukan review produk Wardah Acnederm Pore Blackhead Balm ini. Aku tergiur untuk membelinya karena komedo di hidungku waktu itu banyak kali sist. Mana bikin gatell!

Tentunya aku beli di Sociolla karena waktu itu lagi promo hehe. (Jangan lupa pake kode voucherku yak SBN04B0D0) hihihi numpang iklan...


Deskrispsi Produk

Merupakan balm untuk kurangi komedo/blackhead di pori-pori wajah yang timbul akibat minyak berlebih, yang menumpuk di dalam pori kulit dan menghitam karena terkontaminasi oleh udara.


Ingredients 

Mineral Oil (Paraffinum Liquidum), PEG-20 Glyceryl Triisostearate, Polyethylene, Salicylic Acid, Phenoxyethanol, Caprylyl Glycol, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Silica, Tocopheryl Acetate.

Dilihat dari ingredientsnya, Wardah Acnederm Pore Blackhead Balm tergolong skincare dengan minimal ingredients. Selain itu dia juga sudah alcohol-free. Which is good buat kalian yang punya kulit kering. Namun, dia masih memiliki parfum berupa tea tree yang bisa jadi warning bagi kalian pemilik kulit sensitif.

Beberapa key ingredients yang bermanfaat dari Wardah Acnederm Pore Blackhead Balm diantaranya adalah Salicylic Acid yang berfungsi sebagai anti acne, exfoliant, sekaligus shooting ingredients.

Pore balm ini juga mengandung Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil dan Tocopheryl Acetate yang bermanfaat sebagai antibacterial sekaligus antioksidan. Emollient ingredients berupa Mineral Oil (Paraffinum Liquidum) dan PEG-20 Glyceryl Triisostearate. Serta humectant berupa Caprylyl Glycol.


Packaging

review wardah blackhead balm
Kemasan Wardah Acnederm Pore Blackhead Balm
Wardah Acne derm Pore Blackhead Balm dikemas dengan packaging jar berukuran 20 gram. Warna jarnya didominasi dengan warna putih. Sedangkan desain tulisannya hijau tosca dan silver khas Wardah Acnederm Series. 

Selain produk pore balm ini, di Wardah series acnederm juga terdapat pilihan produk lain yang bisa kalian coba khususnya buat kalian pemilik kulit acne. Seperti toner, day/night cream, acne spot treetment, hingga clansing foam.

kemasan wardah blackhead balm
Kemasan Belakang Wardah Acnederm Pore Blackhead Balm

Di belakang produknya terdapat label yang menampilkan keterangan nama, exp, dan isi produk. Jadi nggak perlu khawatir kalau dus kemasannya hilang.

Sebenernya dia ada kemasan dusnya tapi karena sudah bertahun-tahun aku lupa naruh di mana. Kemasan kardusnya seingatku juga cukup informatif. Wardah Acnederm Pore Blackhead Balm ini termasuk skincare yang tahan lama. Aku beli sekitar tahun 2018-an dan baru exp bulan 10 2021 nanti.


Texture

review wardah acnederm
Tekstur Wardah Acnederm Pore Blackhead Balm
Seperti namanya, Wardah Acnederm Pore Blackhead Balm memiliki tekstur balm yang mudah dibaurkan. Warna balmnya cenderung keruh. Untuk scentnya di hidungku mirip-mirip dengan balsem. But tenang, dia nggak akan bikin wajah kalian jadi panas kok.


How to use 

1. Ambil produk dengan telunjuk secukupnya
2. Oleskan pada area wajah yang terdapat komedo
3. Pijat lembut kulit
4. Bilas dengan Face wash
5. Gunakan secara teratur untuk hasil yang maksimal


Performance 

Over all, Wardah Acnederm Pore Blackhead Balm ini cukup efektif dalam menggangkat komedo terbuka jenis backhead maupun whitehead. Keunggulan dari pore balm ini bisa mengangkat komedo dengan mengurangi potensi iritasi. Tapi tetap saja, untuk cara penggunaannya sangat butuh effort ya guys. 

Aku pribadi menggunakan pore balm ini waktu lagi santai. Salah satunya nyambi nonton drakor. Biar nggak kerasa waktu mijitnya. Tiba-tiba di tangan dah ada butir-butir komedo aja.

Wardah Acnederm Pore Blackhead Balm ini juga lumayan mudah dibilas. Kabar baiknya, dia tidak meninggalkan efek lengket ataupun greasy. Which is good for my oily skin.

Kalau kalian tipe manusia yang males ribet tentunya aku lebih menyarankan menggunakan produk pore-pack atau peeling untuk mengatasi komedo biar mudah. Tapi tentu hal tersebut bisa berpotensi menyebabkan iritasi. Terlebih jika kalian memiliki jenis kulit sensitif. But the choice is yours.


Price

Harga dari Wardah Acnederm Pore Blackhead Balm sangat terjangkau. Rata-rata produk ini dijual dengan harga Rp 39.500-40.000an rupiah. Untuk mendapatkan produk ini juga mudah karena banyak tersedia baik di offline maupun online store. 

Tertarik untuk mencoba produk ini? Let me know di kolom komentar ya!

Cheers,

andayani rhani

You May Also Like

1 Comments

Thank you for your time to come by and leave comment! Follow me on Instagram @andayanirhani, let me know you found me from my blog, and I'll follow you back :)
-Xoxo