Mengenal Pengertian, Fungsi, Serta Cara Kerja M-Banking

by - Juli 01, 2021

Baca Juga

mobile banking
Ilustrasi Penggunaan Mobile Banking
Apa itu mobile banking? Secara sederhana, Mobile Banking merupakan sebuah layanan atau fitur yang dibuat sedemikian rupa oleh pihak Bank supaya kamu bisa melakukan berbagai transaksi keuangan melalui smartphone.

Di era digitalisasi saat ini, segala hal tentang informasi dan teknologi tentu sudah tidak bisa lagi kita hindari. Terlebih dengan transaksi keuangan, pastinya kita butuh platform yang praktis, aman, dan nyaman untuk dilakukan. 

Kehadiran mobile banking akan sangat membantu kamu. Karena cara penggunaanya sangat fleksibel dan anti-ribet. Kamu bisa bertransaksi tanpa harus keluar rumah, terlebih di saat situasi pandemi ini.

Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir perihal keamanan transaksi karena sistem Mobile Banking sudah dibuat seaman mungkin. Sehingga bila ingin melakukan transaksi, kamu cukup memasukan kode keamanan atau password yang telah kamu daftarkan sebelumnya.

Jadi pastikan kode sandi akunmu tetap terjaga kerahasiaannya ya. Jangan sampai tersebar kemana-mana, jika tidak ingin akun bankingmu kenapa-napa. Pastikan juga kamu menyimpan dan mencatat kata sandimu di tempat yang aman.

Tapi bagaimana jadinya kalau kamu adalah orang yang pelupa seperti aku? Eits tenang, karena mobile banking sekarang sudah memiliki fitur yang canggih. Salah satunya kamu bisa menggunakan fitur keamanan sidik jari tanpa harus mengingat kata sandi, mudah bukan?

sidik jari
Keamanan Sidik Jari pada Mobile Banking


Fungsi Mobile Banking

Selanjutnya ada berbagai fungsi mobile banking untuk memudahkan proses transaksi yang perlu kamu ketahui. Dari namanya, kamu mungkin paham bahwa fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk melakukan transaksi keuangan.

Adapun beberapa fungsi lain mBanking, di antaranya adalah:

1. Memungkinkan Nasabah Melakukan Pengecekan Saldo dan Riwayat Transaksi Perbankan

Sebelum melakukan transaksi, hal pertama yang wajib aku lakukan adalah cek saldo. Kan nggak lucu kalau mau ngirim uang tapi saldonya sendiri malah kurang.

Tapi masalahnya, pergi ke ATM hanya untuk cek saldo itu menurutku sangat membuang-buang waktu. Dengan adanya mobile banking ini, aktivitas pengecekan saldo dan riwayat transaksi jadi sangat fleksibel. Karena dapat dilakukan di mana dan kapan saja. 


2. Melakukan Pembayaran Transaksi Keuangan ke Orang Lain

Melalui mobile banking kamu dapat melakukan pembayaran transaksi keuangan dengan cepat dan mudah. Nggak perlu nunggu kembalian ataupun takut kecopetan karena membawa banyak uang saat melakukan transaksi dengan nominal besar. 


3. Menyediakan Informasi Letak ATM atau Kantor Cabang Bank Terdekat 

Jika ada keperluan mendesak yang menuntutmu harus datang ke kantor cabang. Atau saat berpergian dan ingin mengambil uang secara cash di ATM langsung, kamu juga bisa memanfaatkan informasi yang tersedia di mobile banking.


4. Memberikan Laporan dan Ringkasan Aktivitas Keuangan

Salah satu hal yang akan membantumu adalah laporan dan ringkasan aktivitas keuangan. Dengan ini, kamu dapat mengetahui secara detail terkait pengeluaran maupun pendapatan yang telah kamu gunakan atau terima. 


5. Memberikan Pemberitahuan tentang Aktivitas Penggunaan Transaksi Keuangan

Setelah melakukan kegiatan transaksi keuangan, kamu akan mendapatkan pemberitahuan tentang aktivitas tersebut. Sehingga jika terjadi aktivitas diluar dugaan yang tidak kamu lakukan, kamu bisa mengetahuinya dengan segera.


6. Memberikan Layanan Pembayaran Tagihan secara Elektronik

Di saat pandemi dengan segala keterbatasan ini, kamu nggak perlu khawatir lagi. Kamu bisa memanfaatkan layanan pembayaran seperti bayar listrik, bayar paket internet, TV kabel, dan layanan lainnya dengan nyaman dalam genggaman tanpa harus keluar rumah.


Cara Kerja Mobile Banking

cara kerja mobile banking
Cara Kerja Mobile Banking
Pernahkah kamu merasa penasaran dan bertanya-tanya; Bagaimana cara kerja mBanking?

Pada dasarnya, cara kerja mBanking itu sama dengan transaksi pada umumnya. Perbedaannya adalah transaksi lewat mobile banking dapat dilakukan melalui smartphone. Dengan begitu, kamu tak perlu repot-repot lagi ke mesin ATM untuk melakukan transaksi. 

Penggunaan mobile banking dimulai dengan pendaftaran akun terlebih dahulu. Setelah terdaftar, sebagai nasabah kamu dapat menggunakannya untuk transaksi keuangan dengan cara memasukkan user ID atau password dan PIN untuk menyelesaikan transaksi.


Fitur-fitur di Mobile Banking

mBanking memiliki beragam fitur atau layanan perbankan yang bisa kamu nikmati sebagai nasabahnya. Artinya, mobile banking benar-benar seperti fasilitas mesin ATM dalam versi yang lebih praktis.

Biasanya fitur mBanking tiap-tiap bank berbeda. Namun, secara umum memiliki kesamaan, sama-sama ada fitur transaksi transfer uang. 

Berikut ini beberapa fitur yang bisa dinikmati di sebagian besar aplikasi mBanking :
  1. Layanan transfer antar bank.
  2. Layanan pembayaran tagihan kartu kredit. 
  3. Layanan pembayaran kebutuhan rumah, seperti listrik, PDAM, hingga internet. 
  4. Layanan pembayaran premi BPJS Kesehatan dan asuransi swasta lainnya. 
  5. Layanan pembelian dan top up dompet digital, seperti OVO, Gopay, hingga LinkAja. 
  6. Layanan pembayaran pajak. 
  7. Layanan investasi seperti deposito.
  8. Layanan administrasi perbankan, seperti cetak rekening koran, penggantian PIN ATM, layanan lainnya. 

Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang apa itu mobile banking, fungsi, fitur, hingga cara kerjanya. Tentunya, ada banyak sekali keuntungan ketika kamu menggunakan m-banking ini. Aku pribadi sudah menggunakannya sejak dua tahun lalu, kalau kamu?

Cheers,

andayani rhani

You May Also Like

0 Comments

Thank you for your time to come by and leave comment! Follow me on Instagram @andayanirhani, let me know you found me from my blog, and I'll follow you back :)
-Xoxo