Cara mencegah Jerawat pada Wajah

by - Juli 13, 2021

Baca Juga

acne on face
Ilustrasi Jerawat pada Wajah
Jerawat merupakan salah satu masalah wajah yang sering membuat kesal bagi sebagian orang. Kehadiran jerawat ini biasanya terjadi di area wajah, punggung, maupun area kulit yang lain.  

Meskipun dapat diobati dengan beberapa cara. Umumnya jerawat akan sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu tertentu. Tetapi ada pula kasus jerawat yang lama dan sulit untuk disembuhkan.

Pepatah mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati. Sehingga sebelum jerawat muncul kembali, yuk simak cara mencegah jerawat pada wajah berikut ini.


Membersihkan Wajah Secara Menyeluruh

double cleansing
Membersihkan Wajah
Langkah pertama dan terpenting dalam mencegah kambuhnya jerawat adalah menjaga kebersihan wajah. Pembersihan kulit wajah yang tidak tepat dapat menyebabkan kotoran, sel-sel mati, minyak dan sebum menumpuk. Bila hal ini terjadi dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat. 
 
Oleh karena itu, kamu harus mencuci muka dua kali sehari dengan sabun atau pembersih yang lembut, bebas bahan kimia dan alkohol untuk menghindari iritasi kulit. Kamu juga bisa menggunakan double cleansing. Serta jangan lupa untuk mengeringkan wajah dengan handuk bersih khusus wajah setelah dibersihkan.


Menjaga Kebersihan Tempat Tidur

Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia. Idealnya, kita menghabiskan satu pertiga dalam waktu 24 jam kita untuk melakukan aktivitas ini. Karena menghabiskan waktu yang cukup lama, tentunya kita wajib menjaga kebersihan tempat tidur.

Selain membersihkan tempat tidur, penting juga untuk rutin mengganti sprei yang digunakan. Karena saat tidur, kulit kita akan bersentuhan langsung dengan sprei. Adapun waktu ideal dalam mengganti seprei adalah satu hingga dua minggu sekali.



Tidak Bertukar Skincare maupun Makeup Tools

makeup tools
Makeup Tools
Seperti yang kita tahu, jerawat memang tidak menular. Tetapi berbagi riasan, kuas rias, atau aplikator dapat menyebabkan bakteri, minyak, dan sel kulit mati dari orang lain menumpuk di alat yang kamu miliki hingga menyebabkan jerawat. 

Saat mengaplikasikan riasan ini, kamu dapat mentransfer bakteri, minyak, dan sel-sel matinya ke kulit. Mereka dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan ruam pada kulit. Sebagai gantinya hal yang perlu kamu lakukan adalah: Memastikan kamu sebagai satu-satunya yang menggunakan riasan, kuas rias, dan alat rias.


Rutin Melakukan Olah Raga

Saat sedang stres, jerawat di wajah bisa bertambah parah, karena tubuh kita memproduksi lebih banyak hormon kortisol atau stres, sehingga menyebabkan produksi sebum berlebih. 
 
Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengurangi stres, seperti berolahraga secara teratur, melakukan aktivitas santai dan favorit, mendengarkan musik favorit, dan bermeditasi.


Minum Air Putih yang Cukup

minum air putih
Minum air yang cukup
Kulit kering dapat menyebabkan produksi minyak berlebih yang menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, pastikan tubuh kamu tetap terhidrasi dengan minum air putih minimal 8 gelas per hari.


Menjaga Pola Makan

Batasi asupan makanan yang digoreng, makanan cepat saji, produk susu, dan minuman manis. Makanan dan minuman ini bisa memicu timbulnya jerawat. Sebaliknya, tingkatkan asupan seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Hal ini karena di dalamnya mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit.


Hindari Memegang Wajah dengan Tangan

Salah satu kebiasaan yang sering tidak kita sadari adalah memegang wajah langsung dengan tangan. Entah itu menautkannya untuk melamun, mengecek tekstur wajah, ataupun secara tidak langsung memencet jerawat. Apakah kamu salah satunya?

Jika iya, stop kebiasaan buruk tersebut. Awalnya tentu kamu akan merasa kesulitan. Tapi ibarat pepatah, bisa karena terbiasa. Kamu juga bisa meminta bantuan teman, sahabat, maupun orang tuamu dalam menyukseskan misi ini.

Caranya dengan membuat kesepakatan dengan mereka. Jika mereka melihat kamu memegang wajah dengan tangan yang kotor (belum dibersihkan sebelumnya) tanpa disadari. Mereka bisa memberikan kamu advice atau peringatan.


Itulah 7 cara mencegah jerawat pada wajah yang perlu kamu ketahui. Semoga tips ini dapat membantumu dalam menghindari jerawat yang muncul kembali ya! Punya pengalaman tak terlupakan dengan jerawat? Yuk share pengalamanmu di kolom komentar!

Cheers,

andayani rhani

You May Also Like

2 Comments

  1. Kalo aku biasa muncul jerawat pas mau haid, tapi asalkan ditelateni skincare dan jaga kebersihan tempat tidur, suka hilang sendiri jerawatnya.

    BalasHapus
  2. aku nih susah bener mau minum 2 liter air putih tiap harinya
    tapi kalau minuman yang di tenant tenant pasti suka dan rajin beli
    dan kebiasaan aku lainnya yaitu bertopang dagu, otomati tangan nempel ke muka.dan akhirnya sering muncul jerawat nggak terduga

    BalasHapus

Thank you for your time to come by and leave comment! Follow me on Instagram @andayanirhani, let me know you found me from my blog, and I'll follow you back :)
-Xoxo