5 Tips Cepat untuk Mendapatkan Pekerjaan

by - Juni 26, 2021

Baca Juga

cara mencari lowongan pekerjaan
Tips Cepat untuk Mendapatkan Pekerjaan
Hello guys! Pekerjaan merupakan sebuah hal yang penting bagi kehidupan manusia. Karena dengan bekerja, kita dapat memenuhi kebutuhan hidup dan menciptakan aktualisasi diri.

Di zaman sekarang sudah tersedia banyak bidang pekerjaan yang dapat dijalani. Mulai dari pekerjaan fleksibel yang dapat dikerjakan kapan dan di mana saja. Tak terbatas tempat dan waktu. Maupun pekerjaan kantoran yang menuntut kita untuk bekerja 9 to 5.

Setiap orang pastinya ingin mendapatkan pekerjaan sempurna, yang sesuai dengan passion, memuaskan secara pribadi, dan memberikan stabilitas pada keuangan atau pendapatan pribadi. Tapi pertanyaannya, mampukah kita untuk mendapatkan pekerjaan tersebut?


Tantangan dalam Mendapatkan Pekerjaan

Untuk mendapatkan pekerjaan tentu bukan perkara mudah. Tidak ada cara kilat seperti menyeduh mie instan di saat lapar. Ada berbagai macam tahap yang harus kita lalui satu persatu. 

Mulai dari tahap pemberkasan dengan memberikan CV beserta dokumen penting lainnya, tahap wawancara, tes kesehatan, tes psikologi, dan lain sebagainya.

challange to reach job
Tantangan dalam Mencari Pekerjaan
Faktor eksternal lain seperti banyaknya jumlah lulusan pendidikan formal yang bertambah setiap tahunnya. Serta peningkatan kelahiran, membuat persaingan di dunia kerja menjadi sangat ketat dan tak dapat lagi dihindari.

Proses mencari pekerjaan baru juga sering dianggap menjadi tantangan. Hal ini membuat sebagian orang mendadak menjadi cemas, tegang, lelah pikiran dan fisik setelah lulus dari perguruan tinggi. Karena mencari pekerjaan adalah hal yang sangat menyita banyak waktu. 


Tips Cepat untuk Mendapatkan Pekerjaan

Tapi di dunia ini tidak ada yang mustahil jika kita berusaha, setuju? Karena dengan usaha tentu semua keinginan itu bisa menjadi nyata. Sesuai dengan judul yang telah kamu baca, pada kesempatan kali ini aku akan memberikan 5 tips mendapatkan pekerjaan yang sesuai dan cepat.


1. Mencari Lowongan Pekerjaan yang Relevan 

Dalam proses mencari kerja tak jarang kita menemukan berbagai jenis lowongan pekerjaan. Mulai dari pekerjaan yang biasa kita temui sehari-hari hingga pekerjaan yang sangat asing ditelinga dan tidak kita mengerti. 

Di saat seperti ini sangat diperlukan proses seleksi yang ketat agar pekerjaan yang kita daftar relevan dengan latar belakang pendidikan kita. Serta dapat menunjang kehidupan kita di masa yang akan datang.


2. Melamar Pekerjaan yang Sesuai dengan Keahlian dan Pengalaman 

pekerja teknik sipil
Bekerja sesuai Keahlian
Setelah mencari lowongan pekerjaan yang relevan. Hal selanjutnya perlu kamu pertimbangkan adalah menyesuaikannya dengan keahlian yang telah dimiliki. Hal ini erat kaitannya dengan latar belakang pendidikan kita. Karena di sana kita dibekali ilmu dan kompetensi untuk bersaing di dunia kerja.

Lalu bagaimana jika kita melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan keahlian? Alternatif solusi kedua yang bisa kamu lakukan adalah menyesuaikan dengan pengalaman yang kamu miliki. 

Ibarat kata pepatah, pengalaman adalah guru terbaik. Jika kamu memiliki pengalaman bekerja tentu akan menjadi nilai plus bagimu. Bahkan jika kamu belum memiliki keahlian yang spesifik sekalipun namun, memiliki pengalaman di suatu bidang. Bukan tidak mungkin pihak recruitment akan memilihmu.


3. Prioritaskan Melamar Pekerjaan yang Memiliki Banyak Lowongan untuk Diisi 

Selanjutnya adalah memperkirakan banyaknya posisi yang dapat di isi. Dalam sebuah lowongan pekerjaan biasanya terdapat jumlah kapasitas tertentu bagi seorang pelamar. 

Jika mengetahui hal ini kamu bisa menjadikannya sebagai strategi. Sebaiknya, kamu memilih perusahaan yang memiliki banyak posisi untuk meningkatkan peluang diterima.


4. Manfaatkan Hubungan Pribadi atau Jaringan yang Kamu Miliki 

Memanfaatkan Jaringan untuk Mendapatkan Pekerjaan
Pada hakikatnya, manusia merupakan makhluk sosial yang selalu berinteraksi satu sama lain. Dalam proses sosialisasi ini tentu kamu memiliki berbagai jaringan mulai dari lingkungan keluarga, masyarakat, hingga lingkungan pertemanan,.

Kamu dapat memanfaatkan hubungan pribadi dan jaringan yang kamu miliki ini untuk mendapatkan pekerjaan. Tanyakan apakah di tempat mereka bekerja ada posisi yang sesuai dengan bidang keahlian atau cocok untukmu.

Lalu bagaimana jika kamu tidak memiliki hubungan pribadi atau jaringan yang mendukung? Bersosialisasilah dan berusaha untuk terbuka kepada orang lain. Di era digital saat ini ada banyak jaringan sosial yang dapat kamu gunakan dengan mudah mengenal orang lain.


5. Gunakan Situs dan Aplikasi Pencari Pekerjaan

Selain memanfaatkan jaringan yang kamu miliki. Kamu juga bisa mendapatkan pekerjaan dengan mencarinya melalui situs maupun aplikasi untuk mencari pekerjaan. Jika memungkinkan, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi sekaligus. 

Sebenarnya ada banyak tips atau anjuran cara mudah dapat kerja yang tersebar di internet. Tetapi terkadang kamu tidak memperhatikan poin pentingnya sehingga membuatmu kehilangan banyak waktu untuk mencari pekerjaan. Terutama bagi kamu yang merupakan fresh graduated!

Usahakan jangan terlalu memilih, ambil setiap kesempatan yang kamu miliki dan jadikan itu sebagai bekal pengalaman. Namun, sebisa mungkin cari yang sesuai dengan bidang keahlianmu, kalau pun tidak usahakan itu adalah hal yang kamu minati. 

Kenapa demikian? Agar kamu dapat menjalani pekerjaan dengan semangat dan bahagia. Jika kamu tidak bersemangat, maka hanya rasa lelah yang kamu dapatkan selama pekerja. Tentu kamu tidak mau menjadi golongan itu bukan? 

Itulah lima tips cepat untuk mendapatkan pekerjaan yang dapat kamu terapkan. Secara garis besar, apapun pekerjaan yang kamu inginkan. Diperlukan usaha dan tekad yang kuat jika kamu ingin mendapatkan hasil yang cepat. Jangan patah semangat untuk mencoba ya!
 

Cheers,

andayani rhani

You May Also Like

1 Comments

Thank you for your time to come by and leave comment! Follow me on Instagram @andayanirhani, let me know you found me from my blog, and I'll follow you back :)
-Xoxo