Cara Memilih Blender yang Bagus untuk Makanan dan Jus

by - Juni 25, 2021

Baca Juga

Hello guys! Apakah kalian memiliki hobi memasak atau sering mengkonsumsi jus setiap hari? Supaya lebih cepat dan efisien dalam mempersiapkan bumbu masakan, menggiling daging, hingga membuat minuman seperti jus tentu kita sering menggunakan Blender.

blender untuk membuat jus
Membuat Jus dengan Menggunakan Blender (Source : Freepik)
Karena beragam fungsi ini, maka sangat penting untuk memilih peralatan khususnya blender yang bagus dan berkualitas. Dengan harapan produk yang kita miliki bisa lebih tahan lama ketika sudah dipakai. 

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan barang elektronik dapur, membuat penjualanya di pasaran semakin beragam. Hingga sekarang tersedia banyak jenis barang elektronik, kualitas, merek, hingga fungsi yang ditawarkan. 

Oleh karena itu, kamu harus pintar-pintar pilih produk yang berkualitas bagus untuk digunakan. Tapi sebagai orang awam, mungkin kamu merasa bingung harus memilih produk yang mana karena banyaknya pilihan. 

Untuk menjawab rasa penasaran dan kebimbangan kamu, pada kesempatan kali ini aku akan menuliskan beberapa cara memilih blender yang bagus untuk mengolah makanan maupun jus.

Perhatikan Daya Listrik Yang Dikeluarkan Saat Blender Bekerja

mesin blender
Mesin pada Blender (Source : Freepik)
Perlu kamu ketahui, bahwa komponen  utama dalam sebuah alat elektronik adalah keberadaan mesin. Maka dari itu, usahakan memilih blender dengan mesin yang kuat dan memiliki multi speed. 

Memilih mesin yang tepat akan membuat produk dapur ini jadi lebih fleksibel. Khususnya dalam menghancurkan bahan-bahan makanan yang akan diolah. Kualitas mesin juga dipengaruhi oleh besarnya daya listrik yang dipakai. 

Kebanyakan mesin penghalus punya daya berkisar antara 300 - 600 watt. Meski begitu, ada pula yang memiliki daya listrik mencapai 1000 watt. 

Semakin tinggi daya listrik yang digunakan tentu akan semakin cepat pula proses mesin dalam menghancurkan bahan makanan. Hal ini disebabkan oleh faktor tingginya watt sehingga membuat kecepatan pisau dalam berputar juga semakin tinggi. 

Selain mesin dan daya. Kamu juga perlu mempertimbangkan kebutuhan dan daya listrik yang terpasang di rumah sebelum memilih sebuah produk blender. 

Pastikan produk yang kamu pilih tidak sampai mengganggu aktivitas lain di rumah yang memerlukan listrik. Kan repot kalau mau pakai blender harus mematikan semua alat elektronik di rumah karena kekurangan daya listrik.


Periksa Jenis Mata Pisau yang Digunakan

Pisau atau blade pada mesin penghalus merupakan komponen terpenting dalam blender yang paling mudah dan cepat mengalami kerusakan. Untuk itu, penting halnya untuk memeriksa jenis mata pisau dari blender yang akan dipilih. 

Perlu kamu ketahui, bahwa di pasaran tersedia produk dengan dua tipe mata pisau. Keduanya adalah flat blade cutter dengan bentuk lurus dan wave blade cutter yang punya bentuk lebih bergelombang. 

Jenis mata pisau flat blade cutter, sangat cocok digunakan untuk memotong sayuran hingga mengaduk daging giling. Produk dengan mata pisau ini juga kerap disebut sebagai blender

Sementara untuk jenis wave blade cutter, penggunaannya lebih disarankan untuk menghancurkan bahan-bahan makanan. Misalkan saja menghaluskan kacang, es batu, hingga bumbu masakan. 

Tidak kalah pentingnya, kamu juga harus memperhatikan bagaimana bahan mata pisau yang digunakan.
Penggunaan bahan mata pisau yang tepat pada produk akan sangat menentukan daya tahan penggunaannya. Terutama ketika dipakai untuk menghaluskan bahan, apakah optimal atau tidak. 

Oleh karena itu, membeli produk yang punya mata pisau dari bahan stainless steel sangatlah tepat. Bahan ini cenderung memiliki sifat yang anti karat dan tidak mudah mengalami tumpul.


Lihat juga Kapasitas Tabung Blender

Selanjutnya, kamu juga perlu mempertimbangkan kapasitas tabung blender. Karena setiap jenis produk mesin penghalus punya kapasitas gelas atau tabung yang berbeda. Untuk tabung yang paling besar, rata-rata ukurannya mencapai 1,5 liter. 

Ada juga tipe standing blender yang punya gelas atau tabung dengan ukuran lebih kecil. Ukuran produk ini lebih sering dipakai untuk kebutuhan menghaluskan bumbu. Ketika kamu memilih kapasitas blender yang tepat, maka penggunaannya akan membuat produk menjadi lebih awet. 

Selain itu, listrik di rumah kamu juga lebih hemat. Karena kamu tidak memerlukan usaha ekstra maupun menghabiskan daya listrik hanya untuk menghaluskan bahan makanan. Sehingga, dalam memilih ukuran ini sangat disarankan agar menggandakan ukuran tabung dari patokan ukuran yang dibutuhkan. 


Pilihlah yang Dilengkapi Pengaman Serta Tidak Berisik

Pernah bangun dari mimpi indah saat tidur karena suara berisik dari dapur? Nah, cara selanjutnya ini juga penting dijadikan pertimbangan saat memilih blender.

Dalam memilih produk mesin penghalus kamu perlu mengetahui bagaimana pengaman dan kenyamanannya ketika dipakai. Untuk mengetahui keamanan dari produk tersebut, kamu dapat memeriksa penggunaan dasar mata pisau. 

Sebaiknya kamu memilih mata pisau yang aman dengan melihat jenis maupun bentuknya. Tipe mata pisau yang cenderung dapat melukai lebih baik dihindari. Cara mengetahuinya bisa kamu lihat saat membersihkan atau dengan coba memegangnya pelan-pelan. 

Selain itu, keamanan juga bisa dilihat ketika menyalakan mesin tanpa terpasang penutupnya. Hal ini dapat kamu lihat saat memasang tabung dalam keadaan yang belum pas. Produk penggiling dapat dikatakan aman jika mesin tidak berputar pada kondisi tersebut. 

Bentuk keamanan seperti ini menjadi salah satu fitur unggulan dari mesin penghalus modern. Dalam memilih juga sebaiknya perhatikan bagaimana suara mesin saat berputar atau digunakan. 

Hindari pilih mesin penghalus dengan suara yang terlalu kencang atau bising. Suara yang terlalu keras akan sangat mengganggu orang lain saat blender sedang digunakan.

Dalam membeli produk mesin penghalus, tentu saja sangat penting memperhatikan ketepatan produk yang dipilih. Kamu pun bisa membeli berdasarkan merek yang sudah terkenal di pasaran dan banyak digunakan. 

Mengingat merek sering kali jadi patokan pertama kali saat memilih. Banyak orang memilih merek-merek yang besar dan populer, seperti halnya Philips, Cosmos, Oxone, Sharp, dan lain sebagainya. 

Last but not least, pilihlah blender yang sesuai dengan kebutuhan. Apakah kamu ingin tipe hand machine ataukah tipe standing? Kedua jenis dari berbagai merek produk mesin penghalus ini bisa kamu beli dengan mudah di pasaran sesuai dengan kebutuhanmu. 


Tempat membeli Blender Berkualitas

Ladara menjadi platform marketplace yang menyediakan beragam produk termasuk blender berkualitas. Harga produknya juga bervariasi, mulai dari kisaran harga 100 ribu hingga 1 juta sekian. Segera dapatkan produk terbaik hanya dengan belanja di Ladara.id!

Itulah rangkuman cara memilih blender yang bagus untuk mengolah makanan dan jus sekaligus rekomendasi tempat membeli blender berkualitas. Semoga tulisan kali ini bisa membantu dalam menemukan produk penghalus sesuai dengan kebutuhanmu ya!


Referensi:
https://merkbagus.id/blender/
https://amp.dekoruma.com/artikel/60133/8-tips-memilih-blender-dapur-terbaik-untuk-memasak
https://www.99.co/blog/indonesia/cara-memilih-blender-yang-bagus/
https://m.bukalapak.com/amp/review/food/5-trik-untuk-memilih-blender-yang-multifungsi-dan-tahan-lama-90745

Cheers,

andayani rhani

You May Also Like

11 Comments

  1. Blender itu benda wajib yg ada dirumah, menurutku. Soalnya suka banget minum juss buah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju banget kak! Ibu saya juga sering pakai buat bumbu masakan hehe

      Hapus
  2. Blender adalah salah satu bahan elektronik yang sering dipakai di rumah. Bagaimana tidak? Emak sering menghaluskan bumbu masakan dengan blender. Pun begitu halnya denganku. Sering buat jus atau smooties dengan blender. Pokoknya memang harus hati-hati benar dalam memilih blender.

    BalasHapus
  3. Kalau ada blender yang nggak berisik saya mau tuh, soalnya kalau pagi-pagi tuh suka nggak enak sendiri memecah keheningan dengan suara blender yang menderu.

    Ladara, marketplace baru ini ya, atau saya aja yang baru tahu.

    BalasHapus
  4. tips nya bagus semua. cocok kak.. kalo saya lebih suara yg tidak berisik dan mata pisaunya tajam dan kuat. jadi blender bisa digunakan segala macam. termasuk daging. makasih kak tipsnya

    BalasHapus
  5. Kalau saya pribadi disuruh milih blender, saya juga akan mengutamakan daya yang dikonsumsinya. Sedapat mungkin yang hemat daya, setelah itu baru pilih blender yang paling bagus dengan daya yang rendah itu. Btw, terima kasih untuk tips nya Mbak

    BalasHapus
  6. Noted... kebetulan blender d rumah lagi rusak. Kemarin di paksa pake Ampe berasap dan akhirnya mati...

    BalasHapus
  7. Akhirnya ada tips cara untuk memilih blender yang bagus, lumayan untuk kebutuhan sehari-hari nanti ini hehe

    BalasHapus
  8. Tips yang bermanfaat banget ini, kak.. Saya dulu kalo beli blender enggak mikir banyak, yang penting merknya terkenal dan harganya terjangkau. Sekarang makin paham, bahwa ada beberapa hal harus diperhatikan.

    BalasHapus
  9. Pilih blender itu harus mempertimbangkan gaya hidup empunya juga ya mba. Kalo empunya lebih sering bikin smoothie, jus buah, milkshake, mungkin cocok tuh blender yg biasa. Tapi kalo empunya suka bikin baso, butuh blender yg lebih power, beda lagi mereknya. Makanya gak heran saya pakai blender cepat rusak, soalnya peruntukan mata pisaunya dipukul sama rata buat semua kebutuhan pemotongan. Kekeke.

    BalasHapus
  10. Wah bisa bikin bakso dong pake blender yang mata pisaunya flat blade cutter. Buruan ke Ladara ah kepoin blender yg keren ini. Tfs Kak Anda...

    BalasHapus

Thank you for your time to come by and leave comment! Follow me on Instagram @andayanirhani, let me know you found me from my blog, and I'll follow you back :)
-Xoxo