Mengenal Exfoliating Toner yang Direkomendasikan untuk Pemula

by - Mei 27, 2021

Baca Juga


exfoliating toner
Sumber: Freepik.com
Ngomong-ngomong tentang skincare, tentu banyak sekali jenis dan inovasi produk yang hadir dari waktu ke waktu. Setiap jenis skincare tentunya memiliki fungsi dan metode pemakaian yang berbeda-beda. Hal ini sering kali membuat kita galau ketika akan membeli produk perawatan wajah. Terlebih jika kita masih pemula.

Belakangan ini kata exfoliating atau exfoliasi sering hilir mudik digaungkan oleh para beauty guru. Produk yang digunakan untuk exfoliasi ini juga bermacam-macam, mulai dari face wash, toner, hingga serum.


Apa itu Exfoliasi?

Buat teman-teman yang masih pemula, pasti pernah bertanya-tanya apa itu exfoliating atau exfoliasi? Jadi mudahnya, exfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati dari permukaan kulit menggunakan bahan kimia ataupun dengan alat bantu (tools).


Kenapa kita harus exfoliasi?

Setiap 30 hari sekali atau lebih kulit alami kita akan melepaskan sel kulit mati untuk memberi ruang bagi sel-sel baru. Terkadang, sel-sel mati ini tidak terkelupas sepenuhnya sehingga dapat menyebabkan berbagai macam masalah kulit. Seperti :
  • Skincare yang digunakan tidak bisa bekerja dengan optimal
  • Kulit menjadi kusam/gelap
  • Kulit terasa kasar hingga muncul dry patch
  • Penyumbatan pori-pori
  • Hingga munculnya beruntusan ataupun jerawat

Jadi, exfoliasi ini berguna untuk membantu serta mencegah hal-hal buruk di atas terjadi.

Setelah mengenal exfoliasi dan fungsinya sekarang saatnya kita mengenal jenis-jenis exfoliasi. Ada dua jenis atau metode yang biasa digunakan untuk exfoliasi yakni physical exfoliation dan chemical exfoliation.


Physical Exfoliation

physical exfoliating
Jenis-jenis physical exfoliating
Seperti namanya, physical exfoliation menggunakan alat bantu atau tools seperti scrub, sikat, ataupun spons untuk membantu mengangkat sel kulit mati secara fisik dari kulit. Namun, untuk beberapa jenis kulit tertentu khususnya kulit sensitif physical exfoliator yag memiliki tekstur kasar dan bersentuhan langsung dengan kulit membuatnya lebih rentan menimbulkan iritasi.



Chemical Exfoliation

Sedangkan chemical exfoliation menggunakan bahan-bahan kimia seperti turunan asam atau acid untuk melarutkan sel kulit mati. Exfoliasi jenis ini tentu lebih sedikit menimbulkan iritasi karena bekerja di dalam dan tidak bergesekan langsung dengan kulit.

Ada beberapa ingredients yang sangat terkenal dan biasa digunakan sebagai chemical exfoliation yaitu Alpha Hydroxy Acid (AHA) dan Beta Hydroxy Acid (BHA). 

aha dan bha ingredients exfoliating
Ilustrasi AHA dan BHA
AHA adalah zat yang larut ke dalam air dan berasal dari bahan alami seperti buah-buahan. Zat ini dapat membantu mengelupas permukaan kulit paling atas, sehingga sel-sel kulit tersebut diganti dengan pigmen atau warna yang lebih merata. 

Sayangnya, AHA hanya mengangkat sel kulit mati di bagian permukaan saja dan tidak dapat menembus ke pori-pori bagian dalam.

Sedangkan BHA merupakan zat yang larut dalam minyak. BHA ini mampu masuk dan menjangkau ke pori-pori kulit bagian dalam serta memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Sehingga lebih efektif untuk mengexfoliasi kulit di bagian dalam.

Kabar baiknya, AHA dan BHA ini dapat dikombinasi untuk mendapatkan exfoliasi kulit wajah yang maksimal. 

Bagi teman-teman yang ingin mencoba produk exfoliasi dapat menggunakan exfoliating toner untuk pemula terlebih dahulu. Produk exfoliasi toner ini rata-rata sudah bisa digunakan untuk umur 15 tahun.

Produk exfoliating toner yang mengandung chemical agent dapat bekerja dalam mengangkat sel kulit mati serta kotoran sehingga dapat mengatasi masalah kulit kusam bahkan berjerawat. Produk toner ini terasa lebih gentle ketika digunakan dibanding exfoliating produk lainnya. Sehingga cocok digunakan oleh pengguna skincare yang masih pemula.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Cukup dituangkan isi produk pada kapas ataupun telapak tangan. Kemudian tap-tap lembut kulit wajah hingga produk menyerap. Penggunaan toner ini umumnya digunakan 2 kali sehari setelah mencuci wajah.

Ada beragam pilihan produk exfoliating toner yang menarik untuk digunakan. Untuk menjawab rasa penasaran teman-teman, yuk simak ulasan exfoliating toner untuk pemula berikut.

1. Toner COSRX AHA BHA Clarifying Treatment

Bila kamu termasuk orang awam dalam penggunaan skincare. Adanya kandungan BHA serta AHA ternyata bisa membantumu mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah. 

Baik untuk kulit berjerawat maupun berminyak. Exfoliating toner ini mempunyai bahan alami layaknya air mineral jadi mampu menutrisi kulit.


2. Benton Aloe BHA Skin Toner

Dari segi namanya memang terlihat jika produk toner tersebut mempunyai kandungan aloe barbadensis leaf water. Sehingga toner ini bisa menjadikan kulit wajah terhidrasi dan terasa lebih sejuk. 

Tentunya toner tersebut bisa membantu dalam mengangkat sel kulit mati sekaligus sisa kotoran yang tadinya menumpuk di wajah. Exfoliating toner untuk pemula kali ini terbilang aman dipergunakan sebab tidak ada kandungan pewarna maupun pewangi didalamnya. 

Kinerja dari toner tersebut tak lain adalah mampu bersihkan pori-pori dari banyaknya produksi minyak berlebih. Selain itu tonernya bisa juga mengatasi iritasi yang diakibatkan oleh jerawat. Kandungan yang ada dalam exfoliating toner kali ini juga terbilang cocok untuk semua jenis kulit wajah. 


3. Toner AHA BHA PHA 30 Miracle dari Some By Mi

Siapa sangka ternyata produk yang satu ini bisa memberikan sebuah perubahan pada kulit kurang lebih 30 hari pemakaiannya. 

Di dalamnya sudah tersedia kandungan BHA, AHA, bahkan juga PHA sebagai exfoliating agent. Jika kamu mempunyai kulit wajah berjerawat, produk toner yang satu ini dapat menjadi salah satu alternatif pilihanmu.


4. AXIS-Y Daily Purifying Treatment Toner

Ternyata produk toner kali ini terbukti mampu seimbangkan PH bahkan bisa juga berikan sebuah sensasi calming pada kulit wajah. Selain itu, Purifying Treatment Toner lokal ini juga aman sekali untuk dipergunakan. 

Menariknya jenis toner kali ini mampu bersihkan pori kecil di wajah. Hal ini tak lain karena adanya kandungan BHA berkadar rendah yang terbilang lembut sekali di kulit. 


5. Pixi Glow Tonic

Produk toner yang satu ini mempunyai kandungan PH sekitar 4,0. Tentunya toner tersebut bisa membersihkan kulit mati serta kotoran yang ada pada wajah. Saat dipergunakan, toner ini terasa lembut sekali di kulit dan tidak membuat iritasi. 

Terlebih kandungan ginseng sekaligus aloe veranya bisa membantu untuk melembapkan sekaligus menyejukkan kulit wajah. Dan yang paling penting, toner tersebut aman digunakan. 

Itulah tadi beberapa rekomendasi exfoliating toner untuk pemula yang bisa dijadikan pilihan. Kalian bisa mendapatkan berbagai macam produk exfoliating toner di atas dengan harga terjangkau melalui www.beautyhaul.com yang menjadi marketplace kecantikan lokal yang menjual berbagai macam produk skincare dari brand-brand ternama. 

Bagaimana, sekarang sudah mengerti tentang pentingnya exfoliating kan? Semoga setelah ini teman-teman bisa menemukan salah satu produk yang sesuai dengan jenis kulitmu, yah. 

Cheers,

andayani rhani





You May Also Like

0 Comments

Thank you for your time to come by and leave comment! Follow me on Instagram @andayanirhani, let me know you found me from my blog, and I'll follow you back :)
-Xoxo