7 Tips Sukseskan Usaha Resto yang Tadinya Sepi Pengunjung

by - April 17, 2021

Baca Juga

meningkatkan pendapatan usaha restro
Usaha Resto
Hello guys! Usaha kuliner memang tak ada matinya, begitu pula dengan pesaing yang begitu banyak bermunculan bak cendawan di musim hujan. Padahal kamu sudah mempersiapkan usaha berbulan-bulan sebelumnya dari penentuan menu, menggunakan aplikasi Majoo untuk manajemen, sampai mencari lokasi strategis. 

Ketika kamu baru saja membuka usaha selama dua minggu, tentu perjuangan tak akan langsung berhenti begitu saja. Tantangan terbesar yang sudah menunggumu selanjutnya adalah berusaha lebih keras lagi agar resto tak sepi pengunjung. Ada beberapa tipsnya yang bisa diikuti berikut ini. 


Tips agar Bisnis Restoran Lebih Sukses 

Disiplin dan tekun bisa dikatakan sebagai kunci sukses dalam membuka usaha apapun termasuk restoran. Kamu juga tak boleh berhenti belajar soal menu makanan, pelayanan, hingga manajemen resto yang baik. 

Supaya resto tak sepi pengunjung lagi dan usaha semakin sukses harus ada perubahan yang dilakukan. Beberapa tips ini akan membantu kamu dalam memajukan usaha resto. 


1.  Memberikan Sampel Makanan dan Brosur

sampel makanan western
sampel makanan
Strategi marketing yang selalu berhasil dalam menarik pengunjung adalah memberikan sampel makanan. Jadi, hal kecil sudah lama dilakukan ini adalah salah satu strateginya. Sudahkah kamu melakukannya? 

Jika belum cobalah untuk memberikan sampel makanan kepada teman atau orang-orang yang berlalu lalang di depan resto. Sambil menyediakan sampel makanan persiapkan dan sebarkan brosur kepada semua orang yang lewat. Cara ini cukup efektif mendatangkan pengunjung dari warga sekitar. 


2.  Memberikan Diskon atau Promo

Selama promosi, konsumen sangat suka dengan kata diskon atau promo. Kamu bisa menuliskan ini ke dalam brosur dan buatlah perhitungan yang matang. Diskon atau promo ini bisa berupa potongan harga setiap pembelian beberapa menu. 

Bisa juga diskon untuk hari-hari khusus seperti hari raya atau tanggalan merah. Semakin besar diskon tentu semakin menarik, tapi perhitungkan juga soal dan modal. Setidaknya kamu tidak mengalami kerugian ketika memberikan promo tersebut. 


3.  Memanfaatkan Branding di Media Sosial

Saat ini tak masalah jika kamu membuka resto di tempat yang pelosok sekalipun asalkan menarik. Karena melalui sosial media kamu bisa melakukan branding untuk menarik pengunjung meskipun lokasinya jauh. 

Buatlah akun khusus dan ciptakan konten-konten menarik yang mengulas usaha restomu. Manfaatkan juga influencer untuk memperkenalkan resto kepada khalayak. Cara ini sangat efektif dan murah, tak perlu banyak mencetak brosur. 

Sebagai tambahan kamu juga bisa memasang iklan di sosial media. Tinggal buat foto menarik dari suasana resto dan penampilan makanan yang lezat. Tak sedikit tentu konsumen yang tertarik untuk berkunjung. 


4.  Rancang Interior Resto yang Menarik

desain interior caffe
Desain Interior
Selanjutnya adalah membuat konsep interior yang menarik perhatian. Misalnya saja ada spot foto menarik yang Instagramable. Interior unik ini bisa menjadi daya tarik tersendiri yang tidak terbayangkan bisa menarik banyak konsumen. 

Apalagi jika dari resto Anda memiliki view yang bagus daerah pantai atau pegunungan. Tak bisa dipungkiri bahwa desain resto yang menjadi tren saat ini. 


5.  Perhatikan Fasilitas yang Tersedia

Kamu juga harus mengetahui apa saja fasilitas yang tersedia di resto seperti wifi gratis, toilet yang bersih, dan spot foto. Fasilitas ini akan meningkatkan kenyamanan pengunjung, dengan begitu mereka secara tidak langsung mempromosikan kepada kerabat. 

Coba perhatikan kembali, apakah fasilitas yang bersih dan lengkap sudah ada di restoran kamu? Jika belum maka lengkapi dan perbaiki supaya pelanggan tidak kecewa telah jauh-jauh datang. 


6.  Tingkatkan Kualitas Pelayanan dan Menu Makanan

menu di papan
Menu makanan di papan
Tak lupa juga soal kualitas pelayanan dari staf yang bertugas. Kesiapan dan pandai mempromosikan menu tentu jadi kualitas yang dicari saat rekrutmen. Kualitas pelayanan yang baik akan memuaskan konsumen dan ingin kembali berkunjung. 

Perhatikan juga mengenai menu makanan. Tak hanya enak tetapi juga memiliki presentasi yang menarik. Supaya makanan bisa jadi promosi utama yang ditawarkan resto kamu.


7.  Tak Lupa Sesuaikan Harga 

Terakhir adalah mengenai harga tentu harus disesuaikan dengan target pengunjung dan kondisi ekonomi di area tempatmu membuka resto. Harga makanan di daerah kota besar dan kota kecil tentu berbeda. 

Kamu perlu mempertimbangkan untuk membuat harga yang tetap memberikan untung namun tak menurunkan kualitas makanan. Masalah harga ini harus dipikirkan ulang bahkan sebelum membuka resto. 

Manajemen resto memang tidak mudah, tapi ini adalah awal usaha kamu yang bisa saja sukses di masa mendatang.

Cheers,
andayani rhani

You May Also Like

0 Comments

Thank you for your time to come by and leave comment! Follow me on Instagram @andayanirhani, let me know you found me from my blog, and I'll follow you back :)
-Xoxo