Dealer Suzuki Arindo Gedong Jembar dan Deretan Mobil Suzuki Jimny

by - April 22, 2021

Baca Juga

Hello guys! Apakah kamu tertarik untuk membeli mobil Suzuki terbaru? Jika iya, kamu bisa datang langsung ke dealer Suzuki Arindo Gedong Jembar (AGJ). Bagi kamu yang tinggal di area Tegal pembelian bisa langsung dilakukan di dealer tersebut. 

Di masa pendemi ini kamu bisa melakukan pengecekan ketersediaan unit tanpa keluar rumah dengan berkunjung ke situs www.suzukiarindo.co.id. Di situs ini kamu bisa melakukan pemesanan mobil baru, pendaftaran servis mobil Suzuki hingga pemesanan spare part. 

Kamu cukup memilih menu yang tersedia sesuai kebutuhan kemudian mengisi formulir. Semua informasi mengenai mobil Suzuki yang diinginkan atau kebutuhan servis telah tersedia lengkap. 

Kumpulan Suzuki Jimny yang Melegenda

evolusi mobil suzuki jimny
Evolusi Mobil Suzuki Jimny
Apakah kamu sering mendengar nama mobil Jimny jangkrik? Salah satu jenis mobil besutan dari Suzuki ini bisa dibilang sangat melegenda. Hingga saat ini masih banyak Jimny bekas yang dijual di pasaran sebagai koleksi pribadi. 

Kendaraan roda empat ini booming di tahun 90-an. Bahkan banyak sekali Jimny yang dijadikan mobil untuk kelas latihan menyetir. Ciri khas dari Jimny adalah memiliki body kombak dengan mesin tangguh. Apa saja seri Jimny yang dikeluarkan dari masa ke masa? Simak deretan berikut ini. 

Lahirnya seri Jimny dimulai sejak Suzuki mengakuisisi Hope Motor Company di tahun 1968. Kala itu Hope Motor sedang mengembangkan model HopeStar ON 260 yang memiliki mesin 2 tak 360cc. 

Sayangnya Hope Motor hanya bisa menjual produknya dalam skala kecil saja sehingga perusahaan ini akhirnya diakuisisi oleh Suzuki. Berawal dari HopeStar ON260 inilah yang melahirkan seri Jimny pertama kali. Bagaimana perkembangannya sejak itu? Ikuti penjelasannya. 


Jimny Generasi I Tahun 1970-1981

jimny jangkrik
Jimny Jangkrik (Source : oto.com)
Memasuki generasi yang pertama yang jadi perkembangan HopeStar ON 260, merupakan mobil dengan body kecil. Berbeda sekali dengan tren mobil 4X4 yang sedang trend saat itu. Produk LJ10 diciptakan dengan mesin berpendingin cairan. 

Di tahun 1971, LJ10 telah dibuktikan tangguh dikendarai selama 34 jam dalam Mexican 1000 Rally. Kemudian di tahun 1972 hadir LJ20 dengan soft top dan hardtop. Di tahun 1975 diciptakan kembali LJ50 yang mesinnya 550 cc dan jadi model mobil yang dijual ke luar Jepang dengan peralatannya di Pakistan. 

Di Indonesia sendiri baru masuk LJ80 dan inilah yang disebut dengan Jimny Jangkrik. Saat itu ada tiga varian yang dihadirkan yaitu LJ80, LJ-80V, dan LJ-80Q di tahun 1979.


Jimny Generasi II Tahun 1981-1998

suzuki jimny katana
Jimny Katana (Source : gridoto.com)
Pada generasi kedua diciptakan mode yang lebih modern yaitu SJ410 yang memiliki mesin 4 silinder dengan kapasitas 1000 cc tahun 1981. Sedangkan pada tahun 1984 barulah muncul yang kapasitas mesinnya 1.300 cc.

Jimny yang terbaru memiliki kapasitas besar dan telah dilengkapi transmisi 5 percepatan. Di negara asalnya sendiri model ini termasuk dalam kei car. Ada tiga tipe bodi yang diciptakan yaitu half-door convertible atau soft top, kemudian hardtop dan terakhir panel van. 

Memasuki pasar Indonesia, Jimny ini disebut dengan Katana dengan penggerak 4X2 yang produksinya dilakukan sampai tahun 20015. Usai memasuki usia 17 tahun yaitu di tahun 1987 Jimny telah mengalami penjualan 1 juta unit yang pertama kali di seluruh dunia. 

Jimny Generasi III Tahun 1998-2018

suzuki jimny wide
Jimny Wide (Source : oto.com)
Pembuatan Jimny generasi ketiga ini lebih mengikuti keinginan pasar di mana ada dua mesin yang diciptakan yaitu diesel 1.500 cc dan bensin 1.300 cc. Sistemnya telah dilengkapi dengan pengalihan ke penggerak roda belakang jadi lebih nyaman. 

Dikenali dengan sebutan Jimny Wide dengan tampilan lebih modern yaitu konsep tidak bersudut namun tetap terlihat macho. Mobil ini hanya dijual 88 unit saja karena bertujuan untuk mengetes pasar. 

Jimny Generasi IV Tahun 2018- Sekarang

suzuki jimny terbaru
Jimny Gear for Pro
Generasi terakhir yaitu yang keempat baru meluncur di Jepang tahun 2018. Ada dua pilihan mesin yaitu 600 cc untuk pasar domestik dan Jimny Sierra dengan mesin 1.500 cc yang diciptakan untuk pasar luar negeri. Varian terakhir yang hingga kini masih terus dijual adalah Suzuki Jimny Gear for Pro dan masih bisa kamu temui di dealer Suzuki.

Itulah deretan evolusi mobil Suzuki Jimny dari generasi 1 hingga kegenerasi 4 beserta informasi dealer Suzuki terdekat. Tertarik untuk memiliki jenis mobil yang satu ini? Let me know di kolom komentar!

Cheers,
andayani rhani

You May Also Like

0 Comments

Thank you for your time to come by and leave comment! Follow me on Instagram @andayanirhani, let me know you found me from my blog, and I'll follow you back :)
-Xoxo