Rekomendasi Kegiatan Olah Raga di Rumah dengan Tumble Mat

by - Maret 31, 2021

Baca Juga

Hello guys! Bagaimana kabar kalian? Semoga di tengah pandemi ini kalian senantiasa diberi kesehatan dan keberkahan, aamiin. Ngomong-ngomong soal pandemi, pernah nggak sih kalian merasa terhambat karena aktivitas yang serba terbatas?

Di tengah keterbatasan ini, kita juga dituntut untuk menjaga kesehatan agar dapat terhindar dari penyakit. Hal kecil yang dapat dilakukan selain menerapkan protokol kesehatan adalah dengan olah raga secara rutin. 


Manfaat Berolah Raga

exercise with tumble mat
Olah raga dengan tumble mat
Selain menyehatkan badan, ternyata olah raga juga bermanfaat untuk meningkatkan daya fikir dan psikologi seseorang. Dalam jurnal tentang Hubungan Intensitas Olahraga dengan Daya Konsentrasi Belajar, menyebutkan bahwa seseorang yang sering olahraga akan memiliki daya konsentrasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan yang jarang berolahraga.

Hal ini terjadi karena seseorang yang sering berolahraga memiliki fungsi metabolisme yang lebih baik dibandingkan seseorang yang jarang berolahraga atau pun yang tidak sama sekali berolahraga. Olahraga dapat memperlancar sistem sirkulasi sehingga kebutuhan nutrisi dan energi untuk otak tercukupi dan membuat otak dapat bekerja secara maksimal (Guyton, 2012).

Meski di tengah pandemi seperti ini, kita tetap bisa berolah raga kok. Salah satu contohnya adalah olah raga di rumah dengan tumble mat.


Tumble Mat 

tumble mat for sale
Mungkin sebagian dari kalian masih asing dan bertanya-tanya, 
apa itu Tumble Mat? 
Mudahnya, tumble mat merupakan matras yang isinya berupa udara. Benda yang satu ini biasanya digunakan untuk mendukung kegiatan olah raga.


Kelebihan Tumble Mat

Ada berbagai jenis matras di sekitar kita, mulai dari matras kain yang tipis hingga yang tebal dengan isi busa. Namun, apa yang membuat matras jenis ini istimewa? Berikut kelebihan tumble mat yang perlu kalian ketahui :

  • Fleksibel. Penggunaan tumble mat dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Ia dapat digunakan dimanapun, seperti lantai, halaman berumput, hingga kolam renang. 
  • Ringan dan mudah disimpan. 
  • Menyerap benturan jauh lebih baik daripada alas busa. 
  • Tahan lama dan mudah mengembang 
  • Waterproff dan tidak perlu repot-repot untuk mencuci

tumble mat for sale berkualitas, pengiriman cepat, beserta layanan yang bagus dapat kalian dapatkan di www.tumblemat.com. Tumlemat adalah salah satu pemasok terbesar di dunia dalam memproduksi tumble mat yang memiliki pengalaman luas selama beberapa tahun. Mereka telah menghasilkan produk yang tahan lama dan aman berkat ratusan pengujian. 

air tumble mat price
air tumble mat price sangat bervariasi. Kabar baiknya kalian dapat membeli tumble mat ini dengan harga grosir di Tumlemat. Selain harga, mereka juga punya berbagai jenis pilihan produk sesuai kebutuhan kalian.


Kegiatan Olah Raga di Rumah dengan Tumble Mat

Setelah mengetahui tentang tumble mat, kini saatnya kita membahas beberapa jenis kegiatan olah raga  di rumah yang dapat kita lakukan dengan benda satu ini.

Yoga

Yoga adalah olah raga yang menggabungkan antara kekuatan fikiran, tubuh, dan spiritual. Dalam bahasa Sansekerta, Yoga berarti penyatuan. Olah raga yang satu ini sangat populer dan memiliki manfaat untuk melatih fokus. 

Selain itu, yoga juga berguna menciptakan ketenangan pada diri seseorang. Untuk mendapatkan kualitas olah raga yang bagus, kalian dapat menggunakan tumble mat sebagai matras.


Senam Lantai

Senam lantai atau floor exercise merupakan salah satu cabang olah raga yang berguna untuk melatih kebugaran dan kelenturan tubuh. Ada berbagai jenis ragam gerakan dalam senam lantai. Seperti sikap lilin, kayang, handstand, back roll, forward roll, guling lenting, dan lain sebagainya.

Salah satu hal yang penting dalam senam lantai ini adalah matras. Matras berguna untuk melindungi bagian tubuh kalian agar tidak bergesekan langsung dengan lantai, menghindari benturan, dan menghindarkan kita dari cedera.


Workout

Workout adalah salah satu latihan fisik yang berguna untuk kebugaran tubuh. Di saat pandemi seperti ini, workout sangat berguna bagi kita karena gerakannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Kalian dapat menggunakan tumble mat untuk membuat aktivitas workout lebih nyaman.


Seluncuran

glide on tumble mat
Selain ketiga jenis olah raga di atas, tumble mat juga dapat digunakan untuk area seluncur. Permainan yang satu ini bisa kalian lakukan bersama teman maupun sepupu kecil kalian. Menarik bukan?

Itulah beberapa rekomendasi kegiatan olah raga di rumah dengan tumble mat. Kira-kira, olah raga mana nih yang menjadi favoritmu? Let me know di kolom komentar ya!

Cheers,
andayani rhani

You May Also Like

12 Comments

  1. Matras ini punya fungsi yang bervariasi ya, tergantung kebutuhan. Dengan olahraga menggunakan tumble mat di rumah, olahraga lantai jadi lebih nyaman dan minim risiko cidera.

    Apalagi saat ini sebagian besar aktivitas dilakukan di rumah saja, jadi cocok banget beli matras ini untuk berolahraga di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar banget ka Hendra! sejak pandemi ini kadang jenuh banget mau ngapain karena kegiatan di rumah doang.

      Hapus
  2. Aku paling setuju nih olahraga workout pake tumble semacam yang dijelasin di artikel di atas. Dan bener kata kak Hendra kalo pake tumble bisa meminimalisir cidera dan memang untuk olahraga ringan paling cocok.

    Sepertinya tumble-nya juga mirip matras bisa untuk wahana bermain untuk anak-anak dengan jangkauan luas lahan tumblenya. Anak-anak juga pasti suka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak! penting banget untuk menghindari cidera saat olah raga. tumble mat ini juga panjang dan lebar jadi selain cocok untuk olah raga, untuk tempat main anak-anak juga oke

      Hapus
  3. Wah asyik banget Tumble mat buat yoga lebih nyaman dan empuk keliatannya. Mattasku juga udah usang saatnya ganti Tumble mat nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak! tumble mat ini juga multifungsi. semoga bermanfaat ya artikelnya ^^

      Hapus
  4. Walaaaah ini mah anak-anakku pasti suka mba. Secara usia batita dan balita emang hobinya guling-gulingan dan loncat-loncatan ya. So far tempat tidurnya aja yg jadi sasaran. Kekeke

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bund, apalagi dia teksturnya empuk jadi nggak takut anak cidera saat bermain hehehe :D

      Hapus
  5. Keren banget Tumblemat ini. Selain untk olahraga juga bisa buat seluncuran. Cocok banget buat berkegiatan sekeluarga. 👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak Waodee, tumble mat ini memang multifungsi dan bermanfaat untuk kegiatan bersama keluarga. terima kasih sudah mampir ^^

      Hapus
  6. Sering lihat produk ini. Memang biasanya dibuat yoga dan senam ya kak. Kalau seluncuran baru tahu nih. Bisa jadi pilihan olahraga selain dua yang kutahu tadi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar kak, tumble mat ini juga bisa dijadikan area seluncuran bagi anak-anak :D

      Hapus

Thank you for your time to come by and leave comment! Follow me on Instagram @andayanirhani, let me know you found me from my blog, and I'll follow you back :)
-Xoxo