Tetap Sehat dan Bugar, Berikut 6 Gaya Hidup yang Bisa Diterapkan di Masa Pandemi COVID-19

by - Januari 27, 2021

Baca Juga

Holla guys! Hingga penghujung bulan Januari 2021 ini, semua negara masih terus berusaha untuk memerangi Corona virus disease (Covid-19) tak terkecuali Indonesia. Kasus yang semakin meningkat setiap harinya membuat pemerintah menghimbau masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dan mematuhi semua protokol kesehatan.

Sebagai upaya pencegahan terhadap virus Covid-19. Kamu bisa menjaga kesehatan tubuh dengan cara yang sederhana, yaitu dimulai dari menerapkan pola makan dan hidup yang sehat. Pada kesempatan kali ini, aku akan berbagi beberapa cara yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19. 


tips gaya hidup sehat
Source image: https://www.freepik.com/free-photo/portrait-beautiful-young-asian-sport-woman-ready-exercise-yellow_9095460.html


1. Kurangi Aktivitas di Luar Rumah

Himbauan untuk tidak berada dalam kerumunan orang dapat mencegah tertularnya virus dan mengurangi angka penyebarannya. Pemerintah pun sudah kembali memperpanjang penerapkan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) Jawa-Bali dan diharapkan agar semua masyarakat mematuhinya.

Dengan adanya kebijakan tersebut, ada baiknya jika kamu membiasakan diri untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Selain menjaga dirimu sendiri. Dengan langkah tersebut kamu juga bisa melindungi orang-orang sekitar yang kamu sayangi.


2. Cuci Tangan dengan Sabun dan Air Bersih

Aktivitas harian membuat kita selalu bergerak untuk melakukan sesuatu. Mulai dari bangun hingga hendak tidur lagi, tentu tak terhitung sudah berapa kali menyentuh benda-benda disekitar kita. Tak ayal jika tangan kita sangat kotor dan berpotensi menjadi sarang kuman, bakteri, dan virus.

Untuk meminimalisir risiko tersebut, kita disarankan agar rutin membersihkan tangan dengan sabun. Mulai dari telapak tangan hingga sela-sela jari selama kurang lebih 20 detik. Lalu, bilas hingga bersih.


3. Siapkan Masker dan Hand Sanitizer

Bila terpaksa harus berada di luar rumah untuk kebutuhan mendesak, jangan lupa selalu menggunakan masker dan membawa hand sanitizer untuk membersihkan tangan. Usahakan juga agar tidak menyentuh area wajah dengan kedua tangan yang belum dibersihkan dengan hand sanitizer ya.


4. Melakukan Olahraga Secara Rutin 

Langkah selanjutnya untuk menjaga kesehatan adalah melakukan olahraga secara rutin. Dengan melakukan olahraga secara rutin akan membuat daya tahan tubuh akan terlatih dan memiliki tubuh yang bugar. 

Mengingat kondisi sekarang yang semakin tidak mendukung untuk beraktivitas di tempat umum, akan lebih baik bila berolahraga secara mandiri di rumah. Kamu bisa melakukan push up, sit up, angkat beban, ataupun olahraga senam ringan lainnya.

Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang bagus akan membuat kamu tidak mudah terserang penyakit. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, kamu bisa melakukan olahraga rutin selama 30 menit setiap harinya.


5. Istirahat yang cukup 

Agar kamu tidak mudah sakit, jangan sampai kamu menyepelekan kebutuhan istirahat secara cukup. Bagi kamu yang saat ini lebih suka begadang malam. Yuk mulai sekarang biasakan untuk menguranginya dan menerapkan jam tidur secara teratur. 

Bagi orang dewasa 5-6 jam merupakan jangka waktu yang ideal bagi kita istirahat. Ada banyak manfaat jika kamu bisa memenuhi waktu istirahat yang cukup, seperti membuat daya ingat semakin kuat, meningkatkan sistem imun, dan bisa mengendalikan nafsu makan kamu. 


6. Mengkonsumsi Buah dan Sayuran

Setelah melakukan olahraga maka kamu perlu mengimbangi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya adalah menerapkan pola makan yang sehat

Kamu bisa memulainya dengan mengkonsumsi buah dan sayuran untuk mendapatkan serat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini akan membuat kamu tidak mudah terserang penyakit. Jika kamu yang saat ini masih tidak suka mengkonsumsi sayuran, yuk dibiasakan mulai sekarang. 

Kalau kamu tipikal kepala batu yang susah banget mengkonsumsi buah dan sayuran seperti aku. Kamu juga bisa loh mengkonsumsi Realfood Royal Wellness yang yang merupakan program gaya hidup sehat selama 12 hari berturut-turut. Mengandung ekstrak sarang burung walet dan asam sialat yang berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh serta menjaga sistem metabolisme tubuh.

Itulah 6 gaya hidup yang bisa kamu terapkan di masa Pandemi Covid-19 ini agar tetap sehat dan bugar. Kira-kira kamu sudah melakukan gaya hidup yang mana saja? Jangan lupa share pengalamanmu di kolom komentar ya!

With love,
andayani rhani

You May Also Like

28 Comments

  1. Kalau konsumsikopi tiap pagi termasuk gaya hidup kurang baik enggak ya kak? Ku enggak bisa lepas dari kopi soalnya, huhuhu

    BalasHapus
  2. Semua poin kuterapkan kak, cuma ada tambahan infused rempah terutama jahe yang selalu minum

    BalasHapus
  3. rasa-rasanya kita makin disuruh jaga kesehatan ya kak, padahal di rumah aja, hihi..
    semoga sehat selalu untuk kita ssemua..

    BalasHapus
  4. Gaya hidup sehat normal plus lebuh serung cuci tangan. Noted

    BalasHapus
  5. Sudah melakukan semua, kecuali olahrga ni mbak rhani, huhu. Pernah sebulan rutin ni melakukan olga ringan seperti lari ditempat, squat, eee terus sempat sakit karena tertular anak-anak, akunya ngedrop dan stop olga ringan sampai sekarang, rasanya badan berat banget, antara pengin olga tapi kok kaya dah pewe gini *lempar panci

    BalasHapus
  6. Bener banget nih Mbak sekarang kita memang sudah lebih dibebaskan untuk beraktivitas di luar rumah tapi mengingat pandemi juga belum benar2 berakhir jadi harus tetap ekstra jaga kesehatan seperti tips2 yang Mbak bagikan di atas.

    BalasHapus
  7. Setuju banget, jangan lupa manajemen stress diperhatikan juga hehe..

    BalasHapus
  8. hampir semua poin-poin yang sudah diterapkan, mbak. Cuman yang sedikit sulit sih olahraga krn saya tuh masih terserang penyakit malas keluar untuk jalan-jalan pagi. BElum lagi kalau cuacanya lagi mendung dan turun hujan ;)

    Kalau konsumsi buah dan sayuran, saya lebih suka makan sayur-sayuran sih

    BalasHapus
  9. yes bener nih, selama pandemi kita dituntut banget yaa untuk tetap sehat dan bisa jaga imun tubuh. dengan tips gaya hidup sehat diatas bisa diterapkan nih. biar tetap sehat dan jauh dari penyakit. terima ksih sharingnya.

    BalasHapus
  10. Saking udah kelamaan di rumah aja, saya tuh jadi engga berani lho ke tempat keramaian. Ke kampus ada acara, cari-cari alesan deh supaya engga hadir. Gimana niiii, kapan ya pandemi berakhir...

    BalasHapus
  11. Melakukan olahraga secara rutin nih yang belum bisa saya lakukan. Selain itu juga masih sering begadang kalau malam.

    BalasHapus
  12. Realfood Royal Wellness rekomen banget ya say? Aku dengar juga bagus untuk anak anak ya? Rasanya enak tidak ya? Takut anak anak tidak suka :( ~ Inova Melisa

    BalasHapus
  13. Tambahan : jangan terlalu panik, sehingga menjadi stress. Pikiran harus selalu positif. Termasuk positif terhadap kehendak Tuhan.

    BalasHapus
  14. Saya termasuk yang sangat menjaga sekali untuk mengurangi aktivitas di luar rumah mbak... emang sih saya sehat2 aja tp kan gak tau kl pulang ke rumah bawa penyakit. Sementara sy masih punya anak kecil yang rentan tertular kan ya. Salam sehat selalu Mba Anda

    BalasHapus
  15. Pandemi kapan kelarnya yaa mb Ya Allah sedih banget deh nih si virus ga pergi-pergi. Penting banget ini yaa tips gaya hidup sehat saat pandemi dari mb bisa banget dan mudah dilakukan.Sehat selalu kita yaa mb aamiin.

    BalasHapus
  16. Masker dan hand sanitizer sekarnag jadi kebutuhan primer keluarga sejak pandemi Covid-19 menyerang.

    BalasHapus
  17. Top bgt tipsnyaa
    Yg blm bisa saya lakukan adalah istirahat cukup huhu

    BalasHapus
  18. Diatas sudah kuterapkan dirumah maupun diluar rumah, mulai dari cuci tangan hingga menggunakan masker serta handsanitizer. Memang awalnya agak ribet yaa pastinya akan terbiasa juga. Dan manfaat menggunakan masker ini bagus, apalagi untuk area perkotaan, bisa terhindar dengan polusi udara jahat.

    BalasHapus
  19. saat ini hand sanitizer selalu ada di setiap tas, agar nggak ada alasan ketinggalan hehe. Tapi yang penting emang nggak keluar rumah jika nggak bener2 penting :)

    BalasHapus
  20. Mbak, ada saran gak buat yang nomor 5. Makin kesini aku makin insomnia, semakin pagi tidurnya. Gimana ya supaya bisa tidur lebih cepat? Padahal mesti bangun oagi juga, alhasil saya ngantuk seharian tapi menjelang malam kenapa saya malah melek seolah ngantuk sepanjang hari itu nggak ada

    BalasHapus
  21. Aku insomnia banget sekarang Ndaaa 😭😭 makin lama makin maleeeeem bahkan menjelang pagii tidurnyaa.

    BalasHapus
  22. gaya hidup pandemi ini sebenarnya bagus sih actually ya, aku cuma berharap bahwa habit-habit bagus ini bisa terus berlanjut tapi pandeminya mereda gitu huhu

    BalasHapus
  23. Alhamdulillaah sudah saya terapkan semua yg tertulis itu. Sedih ya, pandemi kapan pergi?

    BalasHapus
  24. Kalau saya sih selalu mengusahakan olahraga secara rutin. Paling enggak harus gerak setiap harinya agar badan gak kaku. Apalagi karena pekerjaan setiap hari harus duduk di depan komputer. Jadi kudu banyak gerak.

    BalasHapus
  25. Betul mbak sekarang kalau kelupaan pakai masker pasti terasa kurang banget ... Ada yang salah .. Apa ya gitu

    BalasHapus
  26. Intinya menerapkan protokol kesehatan 5M ya, Kak. Untuk buah dan sayuran, masih aku tambah dengan suplemen dan imun booster. Ikhtiar sehat harus makin di gas pol kondisi pandemi semrawut kayak gini, hiks.

    BalasHapus
  27. sedihnya aku nggak bisa kurangi aktivitas di luar rumah mbak, kerja di kantor ga ada pengurangan jam atau WFH sama sekali, jadi bentengin diri pake vitamin dsb dan 5M ini :(

    BalasHapus
  28. Banyak sih yang melanggar protokol kesehatan tapi memang kita harus menjaga kesehatan agar terhindar dari covid ini

    BalasHapus

Thank you for your time to come by and leave comment! Follow me on Instagram @andayanirhani, let me know you found me from my blog, and I'l follow you back :)
-XOXO