Cara Mengatasi Akun Twitter Kesuspend

by - Desember 18, 2020

Baca Juga

Holla guys! Di era digital saat ini, penggunaan sosial media (sosmed) hampir tidak dapat dihindari lagi, setuju? Saya sendiri aktif di beberapa platfom sosial media seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Sayangnya, awal tahun ini saya mendapatkan hal yang cukup menyedihkan karena akun twitter saya ditangguhkan (kesuspend). 

Kan bisa bikin lagi? 
Awalnya saya befikir seperti itu sih. Namun yang menjadi titik berat saya bukan tentang akun atau followersnya saja, tapi juga momennya. Apalagi akun twitter itu sudah saya gunakan sejak foto profilnya masih telur (awal SMP) dan banyak tweet serta akun sahabat kecil saya di sana.

Kabar baiknya, beberapa waktu lalu akun twitter saya sudah bisa digunakan kembali. Pasti kalian penasarankan gimana caranya? So, di tulisan ini saya akan memberikan kalian cara mengatasi akun twitter yang kesuspend. Namun sebelumnya, kita perlu ketahui hal apa-apa saja yang bisa menyebabkan akun kesuspend agar menjadi pelajaran dan tidak terulang kembali.


Alasan Akun Twitter Kesuspend

twitter sosial media
Twitter from canva
1. Spam. Sebagian besar akun yang ditangguhkan Twitter biasanya karena akun tersebut bersifat spam yang terlalu banyak meretweet, mengetweet, atau memfollow dalam satu waktu yang relatif cepat, akun palsu, dan akun yang menimbulkan risiko keamanan yang bertentangan dengan Peraturan Twitter.

2. Keamanan akun terancam. Akun ini biasanya dicurigai oleh Twitter karena telah diretas atau disalahgunakan. Sehingga pihak Twitter menangguhkannya sampai akun tersebut diamankan dan dipulihkan ke pemilik akun asli.

3. Tweet atau perilaku penyalahgunaan. Twitter juga menangguhkan akun, jika akun tersebut telah dilaporkan melanggar peraturan penyalahgunaan. Contohnya, seperti mengirimkan ancaman kepada pengguna lain atau menirukan akun lain, Twitter biasanya menangguhkan akun tersebut sementara atau dalam kasus tertentu secara permanen.

Kalau kalian tanya; Akun saya kesuspend karena apa? Jawabannya karena no.1. Yups, jadi akun Twitter saya kesuspend permanen karena saya ikut akun base untuk mutualan (saling follback gitu). Jadi saya harus memfollback banyak akun dalam satu waktu. Kalau akun kalian kira-kira kesuspend karena poin yang mana nih?

Buat kalian yang masih belum paham arti base atau singkatan di dunia pertwitteran bisa melipir sejenak ke tulisan saya sebelumnya dengan judul Istilah dan Singkatan di Twitter Terlengkap ya. Setelah mengetahui alasannya, sekarang saatnya menyimak cara mengembalikan akun kalian yang kesuspend.
 

Cara Mengatasi Akun Twitter yang Kesuspend

1. Login di akun Twitter kalian yang ke suspend kemudian buka link (berwarna pink) help.twitter.com

2. Kemudian isi pertanyaan yang ada di formnya
akun twitter kesuspend
Form Permintaan Keberatan Penangguhan Akun Twitter
Untuk pilihan (Di mana Anda mengalami masalah) bisa disesuaikan dengan device yang kalian gunakan. Contohnya seperti di IOS, Web atau browser, Aplikasi Twitter, maupun pilihan lain.

Selanjutnya di deskripsi masalah kalian bisa menuliskan seperti deskripsi yang saya gunakan di bawah (keterangan my blog) bisa kalian ganti dengan kepentingan kalian :
Dear twitter, I want to apologize if I did something wrong when using twitter. I do not understand why you suspend my account. Please, help me to activate my account so I could use it again. This account is very important to me because it is one of the big parts of my blog. Thank you very much.
help twitter
Form Permintaan Keberatan Penangguhan Akun
Masih satu form, selanjutnya kalian perlu mengisi nama lengkap, nama pengguna twitter kalian, email, serta nomor ponsel (ini opsional ya, boleh ada boleh tidak).

3. Setelah mengisi from di poin ke-3, tunggu email balasan dari twitter seperti di bawah ini.
twitter support
Email atas Keberatan Penangguhan Akun Twitter

4. Jika sudah mendapat email, kalian bisa langsung mereplynya dengan kalimat yang intinya permintaan maaf dan tidak akan mengulangi kesalahan lagi. 
email reply
Reply Email Twitter Support
Reply emailnya juga kalau bisa jangan lama-lama ya, kalau ada email masuk dari twitter di poin 3 langsung saja kalian balas. Karena cepat/lamanya kalian membalas akan mempengaruhi penting atau tidaknya akun Twitter kalian. Kalau saya menggunakan kalimat seperti ini :

I apologize and i promise didn't repeat the bad actions. Thanks a lot Twitter Teams. 

5. Jika 4 langkah di atas sudah kalian lakukan, tinggal tunggu deh balasan dari Twitter seperti di bawah ini.
akun dibatasi permanen
Email Pemberhentian Penangguhan Akun Twitter

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, balasan final untuk saya (pemberhentian suspend permanen) ini cukup lama ya. Sekitar hari 19 hari. Dari tanggal 5 November hingga tanggal 24 November. Namun dalam kasus lain yang menimpa teman saya hanya menunggu beberapa jam saja. So, kalian harus sabar ya guys

Sekian pengalaman saya dalam mengatasi akun twitter yang kesuspend. Semoga tulisan kali ini bisa membantu memulihkan akun twitter kalian dan selamat mencoba! Jangan lupa mutualan dengan saya di twitter @AndayaniRhani ya xixixi, see you!

With love,

andayani rhani

You May Also Like

12 Comments

  1. Wah. Akhirnya balik ya akunnya. Alhamdulillah.
    Nah. Dalam kasusku, akun Pinterest yang ke-suspend karena alasan No.1: terdeteksi sebagai spam. Soalnya aku pakai service posting otomatis itu loh, Kak. Tau kan?
    Nah. Masalahnya, Twitter ini aku juga pakai automation posting juga. Gimana ya? Haruskah kuhentikan?

    BalasHapus
  2. Makasih kak tutorialnya ,jadi bisa tahu kalo sewaktu waktu twitter ku kena suspend

    BalasHapus
  3. Own begitu ya, mudah sih kelihatannya. Hmm, kira-kira Twiter akan mengecek kebenaran alasan kita kah?

    BalasHapus
  4. ini pernah terjadi ke beberapa temen yang ikut campaign, saking semangatnya sampai tersuspend, mungkin disangka spam sama twitternya, jadi aja akunnya tersuspend

    BalasHapus
  5. Nah..aku pernah nih pas ikut kempen..hiks..sediiih deh, soalnya satu2nya akun. Untung ada teman nolonfin dg infokan langkah2 seperti ini.. Thx sharingnya

    BalasHapus
  6. Cara-cara yang diungkapkan di sini, pernah saya lakukan dan terbukti ampuh mengembalikan akun twitter saya kesuspend. Namun saya sendiri tidak tahu alasan pastinya kenapa karena saat kesuspend tidak sedang campaign atau ngetwit berlebihan.

    Dan persoalan pulihnya, sekitar 7 hari kalau saya baru bisa aktif kembali seperti sedia kala.

    BalasHapus
  7. Makasih tipsnya, Kak. Saya belum pernah mengalami ini dan semoga gak akan pernah. Ternyata retwit terlalu banyak juga bisa menyebabkan akun di-suspend yaa

    BalasHapus
  8. Saya sudah diinfo sama teman-teman pengguna twitter. Kata mereka, jangan memfollow banyak akun dalam satu waktu. Akan lebih baik jika menjeda.

    Misalnya sekali follow 5 akun. Kemudian tunggu berapa menit gitu, baru boleh follow beberapa akun lagi.

    Dan, it's work on me. Akun twitterku alhamdulillah nggak pernah mendapat masalah berarti.

    Hal yang sama berlaku saat mengirim tweet, replay dan retweet. Jangan melakukan terlalu banyak hal sama dalam sekali waktu.

    Biar nggak dikira robot. Anyway, info mengembalikan akun kesuspend memang penting banget. Banyak orang akan merasakan manfaat dengan artikel ini.

    BalasHapus
  9. Wah cukup lama juga kesuspend akun Twitternya, sampai 19 hari.
    Makasih banyak tipsnya. emang kalo lagi ambil job nge-tweet kudu dikasih jeda, biar gak dikira spam.

    Kalau akun kesuspend ya nangis bombay, secara cari duit juga dari twitter.

    BalasHapus
  10. Bisa kuforward ke teman karena kebetulan memang ada yang kesuspend karena keseringan buzzer tanpa selingan twit organik

    BalasHapus
  11. Karena semua akun sosial mediaku dikembangkan untuk mencari rezeki, aku usahakan untuk aktif terus setiap hari. Agar aktifitas akun tersebut seimbang.

    Ada postingan organic dan postingan buzzer juga.

    Apalagi kalau mendadak upload secara terus-menerus ya makin dicurigai kan

    BalasHapus
  12. Woah lama juga ya sampai 19 hari. Memang beda-beda masa kesuspendnya. Saya belum pernah ngalamin sih, tapi pasti sedih banget karena udah pakai ini dari 10++ tahun yang lalu. Semoga dijauhi dari kata suspend yaaa akun kita semua.

    BalasHapus

Thank you for your time to come by and leave comment! Follow me on Instagram @andayanirhani, let me know you found me from my blog, and I'll follow you back :)
-Xoxo