Bahan Skincare Penyebab Jerawat yang Harus Dihindari

by - Agustus 20, 2020

Baca Juga

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami remaja. Kehadiran jerawat bisa menurunkan kepercayaan diri khususnya bagi seorang wanita. Umumnya jerawat muncul di bagian wajah, namun dalam beberapa kasus ada juga jerawat yang tumbuh di bagian tubuh lain seperti leher dan punggung. 

Penyebab jerawat dipengaruhi oleh beragam faktor. Mulai dari faktor keturunan, level stress, program diet, hingga peningkatan hormon ketika PMS dan menjadi salah satu tanda tanda hamil

Selain faktor dalam tubuh, faktor dari luar yang sering terjadi adalah penggunakan produk perawatan yang tidak sesuai. Meski dalam dunia skincare beberapa produk yang mengklaim bahwa tidak akan menyumbat pori atau non-comedogenic, namun tidak ada jaminan bahwa bahan dalam produk tersebut akan aman untuk jerawat.

Kalau kata pepatah lebih baik mencegah dari pada mengobati. Niatnya ingin merawat eh malah tumbuh jerawat. Nah, daripada salah langkah. Ada baiknya kamu mengenal beberapa bahan skincare yang berpotensi menjadi penyebab jerawat berikut ini. 

ingredients-skincare


Isopropyl Myristate

Bahan yang berpotensi besar comedogenic selanjutnya adalah Isopropyl Myristate. Penggunaan yang berulang dan dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan pori-pori yang tersumbat, iritasi kulit, hingga munculnya jerawat. Kendati demikian, kandungan Isopropyl Myristate dalam produk akan membuat hasil akhir menjadi lembut.



Alkohol

Dalam berbagai macam produk perawatan alkohol berfungsi untuk mempercepat daya serap. Di sisi lain, bahan ini juga berpotensi mengurangi produksi minyak alami kulit. Hal ini akan meningkatkan potensi iritasi dan membuat kulit semakin kering. Meski dipercaya efektif untuk mengontrol kulit berminyak, keberadaan alkohol dapat memperbesar pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat.



Coconut Oil

Minyak kelapa sering ditemui di dalam komposisi produk cleanser maupun moisturizer. Meski cocok digunakan bagi pemilik kulit kering maupun normal, tetapi bahan yang satu ini sangat comedogenic bagi kulit berminyak karena dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit.



Sodium Lauryl Sulfate 

Selain skincare, Sodium Lauryl Sulfate atau SLS ini merupakan salah satu bahan yang biasa ditemui di dalam sampo dan pasta gigi. Kegunaan bahan ini adalah untuk menciptakan busa. SLS sering dihindari karena dapat menghilangkan minyak alami dari kulit, memicu iritasi dan jerawat. 



Silikon

Selain Sunscreen, bahan yang satu ini sering kita jumpai di dalam produk primer. Meski berguna untuk melembutkan dan meratakan tekstur kulit, namun silikon berpotensi untuk menyumbat pori dan menyebabkan jerawat. Beberapa contoh silikon dalam kandungan skincare adalah Dimethicone, Cetearyl Methicone, dan Cyclomethicone.

Selain mengetahui berberapa bahan skincare penyebab jerawat di atas kamu juga perlu menjaga kebersihan dan melakukan teknik cleansing agar terhindar dari jerawat. Rata-rata jerawat dapat sembuh dalam hitungan hari ataupun minggu. Namun, apabila jerawat yang kamu miliki justru bertambah parah dan tak kunjung membaik, ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter ahli. 

Di masa pandemi yang serba terbatas ini, kamu dapat menjangkau informasi sekaligus tenaga kesehatan melalui Halodoc. Dengan aplikasi ini kamu bisa menemukan beragam fasilitas kesehatan yang fleksibel. 

Kamu dapat menggunakannya kapan dan dimana saja. Tak terbatas ruang dan waktu. Adapun fasilitas yang akan sangat membantumu diantara adalah membeli obat tanpa perlu repot keluar rumah, menemukan dokter yang tepat sesuai lokasi yang diinginkan, hingga menjadwalkan konsultasi dengan dokter umum maupun spesialis. 


Stay save and healty!
With love,
andayani rhani


You May Also Like

16 Comments

  1. Agak banyak juga ya bahan bahan yg terkandung dalam produk skincare, selama ini juga kadang nggak terlalu memperhatikan. Biasanya beli produk yg khusus berjerawat dan Konsul dulu dengan beauty advisornya

    BalasHapus
  2. Kudu diperhatikan ya bahan-bahan skincare awas jangan sampai salah menu untuk wajahmu dan wajahku

    BalasHapus
  3. Wah harus berhati-hati banget memang pilih skincare yang cocok ya. Harus tahu juga kebutuhan kulit wajah kita sendiri, agar gak jadi kontradiktif dengan skincarenya

    BalasHapus
  4. Mkin karena saya cowok, jd ga aware ma produk skincare. Alias ga pakai. Biasanya saya pakai yg alami, misal daun jambu batu ato lidah buaya hehe

    BalasHapus
  5. Sebelum memakai skincare, emang harus diperhatikan dulu bahan yang terkandung didalamnya. Jangan sampai malah membuat tumbuhnya jerawat bahkan merusak kulit kita. Konsultasi dengan dokter tentu sangat dianjurkan

    BalasHapus
  6. Berarti cari pembersih muka yang ga ada (minim) SLS yang ga berbusa? Kadang skincare cocok2an juga ya.

    BalasHapus
  7. Mba..
    Saya pernah pake serum VIT. C yang katanya kalo pas lagi jerawatan gak boleh dipake.
    Tapi kalo lagi gak jerawatan gak masalah.
    Bener gak sih..
    Katanya vitamin c ini bisa bikin jerawat semakin subur..

    BalasHapus
  8. Ternyata bahan skincare penyebab jerawat banyak juga ya, jadi bisa jadi bahan itu cocok untuk sebagian orang, nggak cocok buat kita, tergantung pada jenis kulit

    BalasHapus
  9. saya jarang baca-baca bahan di produk skincare.
    selama produknya aman dipake, ya udah dipake aja. hehe
    harusnya berubah ya, harus lebih teliti waktu beli produk biar gak bikin jerawatan

    BalasHapus
  10. Beberapa skincare justru make up removalnya pakai alkohol yaa. Aku jg sangat menghindari ini. Sekarang aku pakai make up removal yang oil based. Alhamdulillah jadi enakan dan gada jerawat

    BalasHapus
  11. banyak kasus niatnya ingin perawatan, eh, malah ada masalah, wajah jadi muncul jerawat, bahkan ada sampai iritasi kulit. jadi memang harus hati2 ya

    BalasHapus
  12. Kalau membeli skincare harus lihat bahannya ya kak,kadang aku ga lihat detail bahannya, itu dapat juga menyebabkan jerawat ya, kalau aku coba seminggu atau sebulan aman sih gak masalah, terus jerawat juga bisa terjadi karena gonta ganti skincare.

    BalasHapus
  13. Wah noted banget mbak. saya sih jarang jerawatan. Tapi wajib juga lihat ingredient produk yang mau saya pakai. terutama non alkoholic.

    BalasHapus
  14. meski judulnya skincare tapi kita mesti jadi konsumen cerdas juga ya dengan cek komposisinya,, hmm, ya ya

    BalasHapus
  15. Sebenarnya balik ke jenis kulit kita juga berarti ya. Selain itu kalo membersihkannya harus benar2 bersih, seperti primer yang mengandung silicone itu. Hasilnya emang benar2 bikin muka licin, tapi kalo ga benar2 membersihkannya bisa bikin jerawatan.

    BalasHapus
  16. Awal baca sempat worry kenapa gak boleh minyak kelapa, rupanya karena minyak kelapa tidak cocok bagi pemilik kulit berminyak ya. Soal primer malah aku baru tahu kalau ada bahan silikonnya. Waduh, mesti hati-hati ya dalam menggunakan produk skincare. Nice info sis

    BalasHapus

Thank you for your time to come by and leave comment! Follow me on Instagram @andayanirhani, let me know you found me from my blog, and I'll follow you back :)

-XOXO