Tips Fashion Dress untuk Pemula

by - Juli 01, 2020

Baca Juga

tips fashion dress pemula

Salah satu aktivitas yang tidak pernah terlepas dari kehidupan manusia adalah berbusana. Selain berfungsi sebagai pelindung tubuh, busana dapat menjadi cermin kepribadian penggunanya.

Berbusana bisa menjadi hal yang menyenangkan bahkan hobi bagi sebagian orang yang memiliki selera fashion yang mumpuni. Sangat jauh berbeda dengan para pemula yang sering dilanda kegalauan dalam memilih pakaian. 

Terlebih lagi saat ingin menggunakan dress formal Apakah kamu salah satunya? Nah, di tulisan kali ini ada 


Tips Fashion Dress untuk Pemula


Kenali Bentuk Tubuh

fashion show catwalk

Sebelum memilih dress yang tepat untuk dipakai. Ada baiknya mengenali bentuk tubuh dulu. Tidak semua pakaian bisa match dengan semua orang ketika dipakai. Contohnya saat kamu melihat selebriti atau influencer yang sangat keren menggunakan jenis pakaian tertentu. Eh pas kamu coba justru hasilnya zonk!

Nah, mengenali bentuk tubuh ini sangat penting. Agar pakaian yang kamu pakai bisa sesuai dengan ekspektasi. Tidak membuatmu menyesal setelah membelinya dan berakhir sia-sia mendekam di dalam lemari.

Tips memakai dress sesuai dengan bentuk tubuh. Jika kamu memiliki postur tubuh yang kurus, gunakanlah motif garis berbentuk horizontal. Hal ini akan memberikan kesan tubuh yang lebih bervolume. 

Sebaliknya, jika kamu memiliki tubuh yang bersisi. Gunakanlah motif vertikal untuk memberikan kesan ramping.


Perhatikan Bagian yang Terbuka

fashion mini dress

Tidak sedikit perempuan yang ragu untuk menggunakan dress karena alasan kesopanan. Padahal sah-sah saja loh jika kamu tau tips dan triknya. 

Salah satu tips populer saat menggunakan dress adalah memperhatikan bagian yang terbuka agar tidak banyak yang terekspos. Sehingga tampilan kamu tetap sopan dan nyaman dilihat. 

Pastikan kamu menggunakan long dress saat memakai dress dengan bagian atasan yang terbuka. Sebaliknya, jika kamu memakai mini dress maka, pilihlah atasan yang tertutup.



Jangan Gunakan Aksesoris yang Berlebihan

memakai anting

Selain menjadi pemanis, pemakaian aksesoris yang terlalu banyak bisa membuat dress kamu berakhir tragis loh guys. Kamu harus selektif. Pastikan warna aksesoris yang kamu pilih senada dengan pakaianmu.

Tips mudah menggunakan aksesoris bagi kamu yang masih pemula. Jangan menggunakan semua aksesoris seperti kalung, anting, gelang, dan cincin secara bersamaan. 

Lebih baik gunakan pasangan kalung dan cincin saja. Atau anting dan gelang saja. Kamu bisa memilih salah dua dari mereka.

Jika kamu berhijab, penggunaan aksesoris seperti bros juga tidak perlu berlebihan. Satu atau dua bros karakter saja sudah cukup.


Sesuaikan Tempat dan Acara

kencan bersama pasangan

Tentu setiap acara memiliki gaya busananya sendiri. Kesesuaian tempat dan acara ini sangat penting. 


Tentu kamu tidak mau menjadi bahan perbincangan dalam suatu acara karena salah kostum bukan?

Salah seragam waktu di sekolah saja kadang bikin malu setengah mati dan tidak mau keluar kelas. Apalagi salah kostum saat acara penting? Untuk itu, cobalah untuk sesuaikan busana dengan tempat atau acara yang akan kamu hadiri.


Dress untuk Acara Formal

purple formal dress

Ingin menghadiri upacara formal atau pesta perkawinan? Kamu dapat memakai terusan polos seperti purple formal dress Busana ini akan membuatmu tampil lebih feminin untuk menyapa setiap orang. Tambahan outer jenis blazer bisa menunjang penampilanmu terlihat lebih elegan.


Dress untuk Acara Santai

fashion bohemian dress

Untuk acara santai. Seperti liburan bersama teman di pantai. Kamu bisa menggunakan bohemian print dresses. Motif dan warnanya yang authentic memberikan kesan natural dan menawan untuk menemani aktivitasmu selama liburan.


Dress dengan Tampilan Sporty

Siapa bilang dress hanya untuk mendapatkan penampilan girly saja? Menggunakan dress juga bisa membuat tampilanmu tetap sporty kok.

Tips mudah agar tampilan kamu tetap sporty saat menggunakan dress adalah penambahan sneakres dan jaket denim.


flower dress

Salah satu pilihan dress yang cocok digunakan untuk mendapatkan look ini adalah elegant dresses short Motif bunga-bunganya dapat membuat tampilanmu lebih fresh di acara siang atau sore hari.


Memakai Dress dengan Bahan yang Nyaman

girl breath at beach

Hal terpenting dalam busana termasuk saat memakai dress adalah bahan yang nyaman. Selain membuatmu lebih menikmati aktivitas yang kamu lakukan. Penggunaan pakaian yang nyaman juga bisa membuat kamu lebih percaya diri.

Eits, pakaian nyaman tidak selamanya harus mahal ya guys! Salah satu website pemasok pakaian fashion yang nyaman, trendy, dan harga terjangkau adalah Kis

Dengan visi “To be a top-end garment supplier and OBM in the world”. Kis berfokus dalam desainnya yang menarik dan bahan berkualitas. 

Ada berbagai macam pilihan produk fashion dalam 5 kategori, yaitu dresses, tops, bootoms, set and jumpsuits, hingga swimwear. 

Produk best seller dari Kis adalah pakaian ukuran plus. Sedangkan gaya pakaian yang paling populer di website ini adalah casual dresses, formal dresses, dan floral dresses.

kiss fashion website


Nah, itulah beberapa tips berbusana untuk pemula sekaligus website penyedia dress berkualitas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu kamu dalam penggunaan dress ya!

With Love,
andayani rhani

You May Also Like

31 Comments

  1. selama ini, saya masih susah memilih pakaian yang tepat kalau keluar rumah. biasanya asal saja- alhasil saya merasa kurang nyaman baik itu oleh diri saya maupun ketika dilihat oleh banyak orang.
    Setelah membaca thread ini, sepertinya ada beberapa yang harus saya benahi dalam hal berpakaian saya... :)

    BalasHapus
  2. Saya sebagai seorang laki-laki. Tak terlalu faham hal seperti ini hahaa

    BalasHapus
  3. Oalah.. Ternyata dress itu banyak macamnya ya. Ada yang formal dan santai. Jadi harus lebih selektif nih berarti agar bisa enak dipakai dan nyaman dipandang.

    BalasHapus
  4. Selama itu masih nyaman dan pantas dipakai ya mbak, hihi.. yg penting gk berlebihan šŸ˜

    BalasHapus
  5. Paling suka dress Tipe sporty. Leluasa gerak dan biasanya bahannya adem adem gitu. Saya Tipe orang yang suka banget pake dress. Bahkan di rumah. Hihi. Pakai celana jarang banget kecuali di rumah ajaa. Itu pun kadang masih pakai dress ala daster emak emak.

    BalasHapus
  6. Bener banget, yang pertama harus sadar atas bentuk tubuh karena akan mempengaruhi kenyamanan saat memakai pakaian jenis apapun yg nantinya akan dikenakan.

    BalasHapus
  7. Baru tahu ini itunya hehe
    Saya kakaubke gunung jangan lupa masker padahal oksigen jadi terbatas. Itu karena ga tahan dingin alergi soalnya. Klai dress nya pakaian hangat juga ya kak. Dres dres yang lain belum paham bener

    BalasHapus
  8. Sampai aku screenshoot biar inget aku bentuk badannya termasuk kemana šŸ˜„ selama ini kalau pake dress asal aja.

    BalasHapus
  9. Kalo aku tahunya cuman kalo kurus pake horisontal dan kebalikannya, lainnya baru tahu Ini hihihi

    BalasHapus
  10. Kalo aku tahunya cuman kalo kurus pake horisontal dan kebalikannya, lainnya baru tahu Ini hihihi

    BalasHapus
  11. Intip-intip di web KIS cakep-cakep yaa dress-nya. Elegan gitu. Tapi yang agak meriah buat acara spesial juga ada. Jadinya bisa lebih leluasa menentukan pilihan yang cocok sama kita, ya...

    BalasHapus
  12. Aneka bentuk dress kalau masih terpasang di manekin atau model bagus banget ya jatuh bhnnya..tp kalo sdh dipake di badan sy jd engga bngt hihi..emang bener beli dress hrs perhatikan bentuk badan

    BalasHapus
  13. Aku inget banget deh masa-masa di mana berani banget memakai pakaian berwarna dan berbunga banyak tapi bukan di pantai. Kini, seiring bertambahnya usia jadi senangnya memakai yang simpel. Mb anda artikelnya bisa buat panduan banget bagi pemula nih yaa hihi

    BalasHapus
  14. diriku agak susah kalau harus nyari dress yang sesuai, kebanyakan ukurannya besar-besar yang dijual. mau bikin sendiri tapi males repot untuk cari bahan dan nyari tukang jahit yang sesuai.

    BalasHapus
  15. Ternyata dress bisa dipakai dibanyak kegiatan ya. Kalau saya biasanya pakai dress untuk bersantai. Soalnya lebih nyaman dipakai. Oya mbak, makasih tipsnya, bisa jadi panduan untuk memilih dress nantinya

    BalasHapus
  16. Dulu suka mikirin ini mbak anda...tp sekarang langsung slup gamis aja sm bergo wkwkšŸ˜‚

    BalasHapus
  17. Ngomong-ngomong soal memakai dress, selera berpakaian memang berubah-rubah seiring waktu ya. Apalagi kalau musim pakaian tertentu dan banyak dipakai ublic figur, biasanya akan tren. padahal gak semua cocok sama badan kita ya

    BalasHapus
  18. aku gak pede pake baju bergaris, emang lagi trend sih. pake dress juga gak pede, rasanya jadi keliatan gendut, padahal ga segendut itu sih saya. tapi kalo untuk ke resepsi atau acar formal, sekali sekali memang perlu dress

    BalasHapus
  19. Kalau pake dress kadang saya suka hindarin yang bisa ekspos bagian lengan dan perut soalnya bagian situ agak berisi maklum abis lahiran belum turun2 lagi šŸ˜Š makasih mbak anda untuk tipsnya yaa.. jadi kangen pake dress lagi setelah sekian lama di rumah aja pake daster dan piyama doang šŸ˜šŸ˜

    BalasHapus
  20. Bikin lagi tips buat yang berhijab donk kak.. Kadang suka bingung mau mix n match in atasan dan bawahan

    BalasHapus
  21. Kalo untuk pria biasanya gimana ya mbak? sense saya pada fashion sangat buruk, sehingga kemana-mana saya lebih senang pake celana pendek dan kaus haha

    BalasHapus
  22. DuDuDulu pas SMP pernah liat baju yang booming di pakai artis dewasa, krnnya aku tertarik juga u/ beli meski kakak udah Ngelarang. Tp ketika sampai di rumah nyesel luar biasa krn mulai sadar atas petuah² ortu klo apa yg di pakai orang lain belum tentu bisa cocok juga. Maknya emng penting memiliki Selera sesuai badan.

    BalasHapus
  23. suka lihat orang pakai dres tapi untuk aku sih aku mah kuarng nyaman pakai dres suaknya pakai celana panjang

    BalasHapus
  24. Aku jarang sekali mengenakan dress. Tapi saat sedang ingin, wah, rasanya nggak bisa menahan diri untuk tampil girly. Kapan lagi, kan? Namanya juga jarang-jarang. Memang dari atas ke bawahnya harus benar-benar diperhatikan agar tetap nyaman dikenakan maupun diperhatikan oleh orang.

    BalasHapus
  25. Bagus nih Web KIS sediain ukuran plus. Itu maksudnya untuk big size kan?
    Oh yah, di web ini ada jugakah baju untuk muslimah?

    BalasHapus
  26. Dress ungunya menggoda, kayaknya cocok kalau dipakai pas di rumah aja bareng suami. Soalnya kemana mana pasti pakai gamis kesayangan. hahaha. itu itu terus tapi nyaman.

    BalasHapus
  27. Seneng liatnya. Saya suka cewek pake dress. Simpel n feminim. Tapi ternayata bisa juga ya dresa looknya sporty hehe

    BalasHapus
  28. saya senang pakaian yang lebih longgar dibanding yang pas badan

    BalasHapus
  29. Wah jadi nambah referensi nih mengenai jenis² dress ya Mba Anda... Btw saya sukanya pake batik homedress alias dastahh ehh daster ya hihi...

    BalasHapus
  30. bener banget mba, jangan sampai ya kita saltum, malu pasti wkwkkw. apalagi ketika kita lagi di acara penting dan disorot banyak orang, duh bisa-bisa bakalan malu seumur hidup, hihi. makasih mba sharingnya.

    BalasHapus