Belajar SEO On Page untuk Pemula

by - Juli 14, 2020

Baca Juga

Salah satu wujud keseriusan saya dalam menekui dunia blogging adalah terus menulis. Selain meningkatkan kuantitas, kualitas artikel juga patut dijaga.

Sayangnya di poin kedua tersebut saya sering mengami kendala. Sebagai blogger pemula, tentu pengetahuan saya masih amat dangkal. Terutama dalam praktik optimasi blog.




Kabar baiknya, akhir bulan Juni kemarin saya mendapatkan kesempatan mengikuti kelas 30 Hari Naik DA. Selain mendapatkan relasi baru, di sana saya mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat.

Ialah Kak Irwin, Kak Pewe, serta Kak Bahrul. Para suhu yang sangat sabar menghadapi peserta yang sering barbar, whopsiee... Salah satu ilmu yang saya dapatkan adalah belajar SEO On Page.


Tentang Bahrul Ilmi 

Materi ini disampaikan oleh Kak Bahrul yang biasa disapa Oppa Baim. Maklum, wajahnya emang mirip oppa-oppa koreyah hihihi... Dia merupakan seorang blogger dan content writter asal kota Pontianak. Sekarang bekerja sebagai web content editor salah satu agency digital marketing di Jakarta.

Selain itu oppa Baim juga belajar mendalami SEO. Pengetahuannya di bidang satu ini patut diacungi jempol. Beliau sangat mahir dalam mentransfer ilmunya dengan kalimat yang padat, lugas, dan jelas. Jadi sangat mudah dipahami oleh blogger pemula seperti saya. 

Kembali ke laptop. Sebelum belajar Seo On Page ada baiknya kamu mengenal definisinya terlebih dahulu. Katanya sih tak kenal maka tak sayang. Tapi yang udah kenal malah nggak sayang-sayang, *kan jadi curhat.


Pengertian SEO 

Search Engine Optimization atau SEO tentu sudah tidak asing bagi penulis khususnya para blogger. Tujuan praktik SEO ini untuk meningkatkan peringkat artikel dan lebih mudah dikenali mesin pencari. Cara optimaliasi SEO ini dapat dilakukan dengan dua teknik. Yaitu On Page dan Off Page.


Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page

SEO On Page adalah serangkaian kegiatan optimasi SEO yang dilakukan dari dalam blog. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Tidak hanya dari sebuah artikel saja. Tetapi juga dapat berupa outbound link and internal link. Sedangkan SEO Off Page merupakan cara optimasi yang dilakukan dari luar blog. 


Cara Optimasi SEO On Page

Untuk melakukannya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan. Berikut penjelasan 10 cara optimasi SEO On Page untuk pemula.

belajar seo on page mudah


Judul yang Mengandung Keyword

Ketika akan mencari atau membaca sesuatu tentu hal pertama yang akan dituju adalah judulnya. Jadi, menyisipkan keyword utama di dalam judul sangat penting. Hal ini berguna untuk menarik pembaca dan memudahkan mesin pencari mengenali tulisan yang kamu buat.

Panjang karakter dalam judul juga perlu diperhatikan. Hindari menggunakan judul yang terlalu panjang. Karena dapat terpotong, sehingga mengurangi kekuatan optimasi SEO On Page.

Selain itu, judul yang panjang akan membuat minat pengunjung turun dan ragu untuk mengunjungi artikel karena maksud yang bias alias tidak jelas.


Menambahkan Keyword di Permalink

Permanen link atau yang biasa dikenal sebagai permanlink adalah alamat yang mengarah pada suatu artikel. Selain pada judul, menambahkan keyword di Permalink ini sangat penting. Tujuannya untuk memudahkan mesin telusur seperti Google mengenali artikel. 

Sebaiknya permalink yang dibuat tidak lebih dari 75 karakter. Sama seperti kasus judul yang terlalu panjang. Alasannya agar tidak terpotong dan mengurangi powernya. Contohnya permalink yang saya buat untuk artikel ini: https://www.andayanirhani.com/2020-07/belajar-seo-on-page-untuk-pemula.html


Menambahkan Keyword di Meta Deskripsi

Meta deskripsi adalah penjelasan singkat dari artikel yang tampil di bawah judul pada hasil pencarian. Jika diibaratkan sebuah novel, bagian ini adalah detail ringkasannya. 

Sayangnya, meta deskripsi sangat terbatas. Hanya bisa diisi oleh 150 huruf saja. Untuk itu, keberadaannya perlu dimaksimalkan. Usahakan membuatnya dengan menarik dan relevan agar pengunjung tertarik.

Lalu bagaimana jika tidak mengisi meta deskripsi? Kekosongan ini akan membuat mesin pencari menampilkan cuplikan artikelmu secara acak. 

Akibatnya? Kehilangan viewers. Tentu mayoritas pembaca akan lebih tertarik pada artikel lain yang menampilkan meta deskripsi yang lugas dan sesuai dengan yang mereka butuhkan.


Menyisipkan Keyword di Awal Paragraf

Hal ini bertujuan memaksimalkan peran meta deskripsi di hasil pencarian. Meski sudah mengisinya dengan baik dan benar. Tidak jarang mesin pencari justru menampilkan bagian paragraf pertama artikel. 

Dari penuturan oppa Baim, kata kunci ini tidak harus benar-benar ada di awal paragraf. Setidaknya ada di 150 karakter dalam tulisan pertama.


Penggunaan Tag Heading yang Tepat

Tag Heading adalah penggunaan Heading, Subheading, atau biasa kita kenal dengan H1,H2,H3, dst. Untuk memaksimalkan kekuatan SEO On Page kamu juga bisa memasukan keyword turunan dalam bagian ini.

Ibarat sebuah skripsi, tag heading bisa diumpamakan daftar isinya. Selain baik dan benar, kamu harus membuatnya secara runtut dan teratur. 

Mulai dari H1 yang berupa judul, H2 berupa sub-bab, kemudian H3, dan seterusnya. Jangan membuat daftar isi menjadi H2, H1, H3, H2 atau H1, H1, H2, H3. 

Sama seperti dosen yang bisa menolak apabila daftar isi dalam skripsi dibuat asal-asalan. Di mesin pencari pun akan berlaku seperti itu. So, sangat penting untuk membuat heading yang terstruktur. 



Optimasi Gambar

Selain sebagai pemanis, gambar juga dapat dimanfaatkan dalam optimasi SEO On Page. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menambahkan alt title serta alt text pada gambar. 

Siapanih yang sering upload gambar langsung dari ponsel? Selain menambahkan title dan alt text. Kamu juga perlu mengubah nama file gambar. 

Dari yang biasanya berupa IMG123456789 menjadi kata kunci yang kamu gunakan dalam artikel. Contohnya, fashion-dress-untuk-pemula. Hal ini bertujuan memudahkan Google untuk mengenali gambar sehingga muncul di hasil pencarian.

cara belajar optimasi seo on page


Penggunaan Outbound Link

Ountbound Link adalah link yang keluar dari blog menuju ke blog orang lain. Pastikan kamu link yang kamu arahkan mengarah ke blog atau artikel yang relevan. 

Penggunaan outbond link ini seperti dua mata koin yang saling bersebrangan. Dapat menambah juga mengurangi kesehatan blog. Kamu harus selektif dan hindari pemberian link keluar yang terlalu banyak.


Gunakan Internal Link

Internal link adalah link yang menuju ke artikel lain yang ada di dalam blog kamu. Sama seperti kasus outbound link. Kamu juga perlu memberikan internal link yang relevan dengan tulisan. Paling tidak masih dalam lingkup satu niche atau kategori.

Misalnya di artikel sebelumnya yang berjudul: Tips Keberhasilan dalam Public Speaking
Saya menambahkan internal link ke Cara Membangun Percaya Diri

Alasannya? Karena salah satu kunci keberhasilan berbicara di depan umum adalah percaya diri.


Memanfaatkan LSI Keyword

Latent Semantic Indexing (LSI) keyword adalah sinonim atau persamaan kata kunci yang kamu gunakan. Umumnya dikenal sebagai keyword turunan. Tujuan penggunaan LSI dalam kata kunci berguna agar tulisan lebih natural dan bisa meranking banyak keyword. Serta menghindari kobosanan karena membaca kata yang terus berulang.


Share ke Sosial Media

Selain menambah views,  membagikan artikel ke sosial media (sosmed) bisa mendapatkan social signal. Hal ini berguna untuk membuat artikel lebih mudah masuk ke pencarian halaman pertama.


Submit ke GSC

Google Search Console (GSC) adalah sebuah layanan gratis untuk memantau, menghubungan, dan mempertahankan suatu artikel dalam hasil pencarian Google. Seringkali saat kamu menulis sesuatu. Tulisan tersebut tidak dapat langsung terindex oleh mesin terlusur. 

Artikel yang baru kamu buat sama seperti siswa baru yang masih asing datang ke suatu sekolah. Tentu dia perlu memperkenalkan diri. Dari mana asalnya, siapa namanya, dan lain sebagainya. 

Nah ibaratnya, GSC ini adalah guru atau seorang teman sebagai media perantara si murid baru pada teman-teman yang lain agar dapat dikenali dan dipahami. 


Itulah cara belajar SEO On Page yang dapat kamu terapkan. Ibarat sebuah ayam goreng kesukaan Ipin. Poin-poin yang saya tulis di atas itu masih dalam lingkup bagian kulitnya saja. 

Untuk menikmati bagian gadingnya alias belajar lebih dalam. Kamu dapat mengikuti kelas On Page SEO dari para suhu yang telah saya sebutkan sebelumnya. Kamu bisa langsung mengisi formulir pendaftarannya dengan mengklik gambar di bawah ini. Selamat belajar dan mencoba.

kursus seo on page



With love,
andayani rhani


You May Also Like

52 Comments

  1. Wah, terima kasih ilmunya kak! Berguna banget buat aku yang masih pemula ini πŸ€—

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kak Lia! Semangat berproses ya 😊

      Hapus
  2. Ini niiih yg sampe skr sbnrnya aku udh tau basicnya, tp blm konsisten ngejalanin :D. SEO itu ibarat benci tapi butuh hahahaha. Memang hrs usaha lebih dan konsisten menerapkan kalo mau tulisan kita ada di page one Google.

    Tapi walopun begitu, aku ttp usaha untuk menerapkan bbrp poinnya kok, walopun mungkin ga semua poin di atas. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget kak Fanny, setelah kita komitmen untuk melakukan sesuatu itu yang sulit adalah ketika mencoba untuk konsisten. Tetap semangat ya 😊

      Hapus
  3. Sejauh ini aku bikin tulisan untuk blog masih asal nulis aja yang penting update. Malah meta description yg suka dikosongin gt aja. Ternyata penting ya?

    Kalo soal permalink biasanya nyamain dengan judul atau gimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh sama mbak, awal-awalpun saya juga sering gitu. Tapi setelah taunya sebisa mungkin saya ubah selagi masih bisa. Kalau untuk judul yg sama dengan permalink sendiri saya juga sering kok, namun untuk permalink kalau bisa jangan panjang-panjangm cukup sertakan keyword yang akan dituju saja. Semoga jawaban saya membantu 😊

      Hapus
  4. Jadi tau ilmu baru lagi nih tentang seo. Tinggal coba di praktekin nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak Chairina! semangat mempraktikan ilmunya ya 😊

      Hapus
  5. bener-bener nyenengin belajar seo on page ya mba, harus rajin dan disiplin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget kak Darina, kuncinya ada disitu soalnya 😊

      Hapus
  6. Ternyata untuk ngeblog enggak sekadar nulis aja ya, kak. Harus mau belajar optimasi juga. Daku belum pernah fokusin masalah tag heading nih. Masih PR banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya saya juga belum khatam soal tag heading kak, masii jadi pr sampai sekarang hehehe

      Hapus
  7. Keren udah belajar SEO on page. Nanti pasti dilanjutin ke off page ya. Sukses mbak belajar SEOnya, semoga blognya semakin moncer.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh terima kasiih doa baiknya kang Doel, aamiin ya Allah 😊

      Hapus
  8. wah, artikelnya buat saya banget sih ini, buta-buta dikit lah tentang SEO, hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah semoga bermanfaat ya kak, terima kasih sudah berkunjung 😊

      Hapus
  9. Ini nih yg lagi saya cari-cari. Makasih bnyk Mbak Anda. Ternyata emang bnyk yg harus diotak-atik ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Ghina, semoga bermanfaat ya kak 😊

      Hapus
  10. Aku masih bingung nih mbak anda kalau blogspot edit meta deskripsi postingannya dmn? Kasih tau dong. Hiks aku daftar kelas ini blm keterima soalnha huhuu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kak di bagian kanan kalau mau bikin artikel. Semangat ya kak ,semoga di kesempatan selanjutnya bisa ikut kelasnya 😊

      Hapus
  11. Aku senang bisa gabung di kelas ini, betul banget dapat ilmu dan kawan baru seperti mba Anda. Semangat terus kita ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbak Yanti hehe semangatt jugaa 😊

      Hapus
  12. meta deskripsi, saya harus ulik nih karena pengaruhnya besar ternyata ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, awalnya saya juga sering kosongin meta deskripsi. Semangat ngulik kak Eka 😊

      Hapus
  13. Kayaknya banyak teman yang ikutan ini dan aku jadi tergiur juga nih Mbak, tapi masih ada kelas lain yang belum beres. Meta description nih yang aku juga masih suka kelewat ngisinya, makasih sudah diingatkan, ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah semangat untuk kelas yang masii di jalani mbak. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya 😊

      Hapus
  14. Menatap bgt itu ilmu SEO Onpage nya. Rinci dan mendalam. Banyak poin yg belum aku tahu sebelum ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak iim. Setuju banget. Apalagi kelasnya seruuu

      Hapus
  15. Aku dalam project job bareng Mas Irwin dan Mas Pewe nih wkwk. Ternyata master SEO toh, pantes, hehe. Keren ih Mbak Anda, DA nya juga udah makin naik yeayy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh selamat kak Tri bisa satu project job bareng para mastaahh. Tetap semangatt ya kak 😊

      Hapus
  16. Banyak ilmu didapat setelah baca ini, jadi makin semangat naikin DA nih

    BalasHapus
  17. Penasaran sama kelas lanjutannya ngga sih? Aku pengen daftar aslii😩😩😩

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jugaa kak Jihan tapi keburuu udah mulai kuliah duluan :") sad

      Hapus
  18. Dengan ikut kelas ini yang biasanya malas belajar, jadi semangat 45. apalagi takut di kick, duh rugi banget kalau sampe di kick soalnya materinya cuakep banget ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah betull banget mbak Diah hahaha setiap materinya terlalu berharga untuk dilewatkan

      Hapus
  19. Terima kasih kak anda sudah berbagi materi seo di kelas naik da

    BalasHapus
  20. Aku masih pe-er banget nih namain foto/ gambar di blog. Suka lupa hrs ada keywordnya. Musti ubek-ubek artikel lama deh...Makasih sharingnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iyakah kak Hani? Padahal dari gambar juga bisa nambah peluang artikel di temukan dalam pencarian lewat gambar loh. Semoga bermanfaat ya 😊

      Hapus
  21. bener2mantap banget ilmunya ya mba, dan kita harus rajin dan diaiplin serta tetap semangat ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali kak Darina, yang penting tetap rajin dan disiplin biar nggak ke kick seperti saya hahaha

      Hapus
  22. Nambah lagi bacaanku tentang Optimasi SEO. MEMANG kata kuncinya adalah RAJIN ya mba, hihihi. Jadi ga asal nulis aja di blog seperti saya yg cuma ingin ngejar satu hari satu postingan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren banget mbak bisa satu hari satu postingan! Semangatt terus ya nulisnya, semoga semangat nulisnya mbak juga nular ke saya hehehe

      Hapus
  23. Perlu niat banget emang terkadang kalau mau nulis sesuai struktur SEO. Kendalanya sih kalau udah tau caranya, tinggal rajin apa nggak buat menerapkan. Dapat pencerahan nih baca ini tentanh Seo on pagenya. Thankyouu yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kak Fatimah, semoga bermanfaat ya 😊

      Hapus
  24. wah mantul nih ijut kelas SEO ilmunya pasti daging semua ya kak..mana pematerinya para mastah SEO lagi..mantul banget sukses ya kak..

    BalasHapus
  25. Terima kasih infonya kak, sebagai pemula dalam hal menulis saya kurang tahu tentang SEO dan lainnya, tetapi setelah membaca ini saya lumayan memahami, yang sering saya lakukan hanya share link blog saja ke media sosial

    BalasHapus
  26. Wah, ilmu yang bermanfaat sekali. Coba saya terapkan ah.

    BalasHapus
  27. 11 cara optimasi di atas, perlu konsisten dan harus selalu ingat agar hasilnya bagus. Dan memang cepat menaikkan DA, tapi yang masih skala di bawah 20.
    Oh iya, makasih remindernya ya. Memang benar kok. Blog baru saya cepat sekali naik DA-nya karena kebiasaan perhatikan SEO On-page ini.

    BalasHapus
  28. Mba Anda ulasannya lengkap banget euy. Keren... Btw mba Anda nih masih kuliah yaa? Wah saya dulu waktu masih kuliah udah bikin blog tapi masih yang gratisan hehehe keren mba Anda udah memulai karir sejak dini

    BalasHapus
  29. Halo, salam kenal!

    Makasih atas ulasannya ya. Berguna untuk aku yang masih pemula di dunia per blog-an. Kamu menulis sangat jelas dan di rangkum dengan gambar yang bagus. Ditunggu tulisan-tulisan lainnya yaaa :))

    BalasHapus