Review Jujur : Manfaat Masker Spirulina Tiens

by - April 11, 2020

Baca Juga

Tidak keluar rumah bukan berarti tidak perlu berbenah. Selain memastikan kuliah dan tugas online selesai, kanan-kiri depan-belakang rapih, dan kamar bersih. Selama menjalani quarantine yang entah hari keberapa ini. Saya berusaha memastikan kesehatan serta penampilan dalam keadaan baik.

Ngomong-ngomong soal penampilan, nggak afdol rasanya kalau tidak membahas soal wajah. Dari semua jenis perawatan wajah, masker adalah salah satu hal yang menjadi favorit saya. 

Masker alami, sheet-mask, dan masker lainnya sudah pernah saya coba. Tapi ada satu masker yang belum pernah saya coba. Untuk mengatasi rasa penasaran saya yang sudah sekian lama terpendam itu, akhirnya saya memiliki kesempatan untuk mencoba masker Spirulina.


Apa itu Spirulina?

Chroobacteria spirulina adalah nama untuk makanan tambahan atau suplemen yang mirip Chlorella (ganggang hijau) dan Aphanizomenon flos-aquae (ganggang biru hijau). Wujudnya dalam dua jenis spesis cyanobacteria: Arthrospira platensis (yang akan saya review) dan Arthrospira maxima.


Spirulina Tiens

(instagram.com/tiensoriginalsemarang.id)

Produk Spirulina dari Tiens ini pernah booming zaman saya SMA dulu. Bahkan, saking terlalu hype-nya, teman saya banyak yang beralih profesi jadi reseller dan pedagang spirulina dadakan. Kabar buruknya, saya sempat mendengar bahwa produk spirulina ini banyak KW atau palsunya. 

Mendengar kata KW, saya bergegas observasi dan searching. Takut kalau spirulina yang saya pakai tidak asli aka jadi-jadian. Setelah mencari info ke sana kemari mencari alamat, akhirnya saya bisa bernafas lega. Sebab, ciri-cirinya tidak ada di spirulina saya. Alhamdulillah... 


Ciri-Ciri Spirulina Palsu

Tips mudah untuk membedakan Spirulina asli dan palsu : 

~Spirulina palsu atau KW memiliki kapsul yang sama panjang saat dibuka. Sedangkan spirulina asli memiliki kapsul yang lebih panjang di salah satu sisinya.

~Warna masker spirulina palsu biasanya tidak hijau sepekat spirulina asli. 

~Dijual dengan harga yang kurang masuk akal, murah, atau bahkan murah banget. Jauh di bawah standar rata-rata harga spirulina pada umumnya. 


Kemasan Spirulina Tiens

(instagram.com/tiensoriginalsemarang.id)

Spirulina ini berbentuk serbuk berwarna hijau tua pake banget yang disimpan dalam kapsul. Nah, kapsul-kapsul spirulina ini dikemas dalam botol berwarna putih yang gendut. Perbotolnya berisi 100 kapsul. Karena isinya terlalu banyak menurut beberapa orang, seller kadang menjualnya per kapsul. 

Ada deskripsi dan informasi tentang komposisi, cara penyimpanan, fungsi dan lain-lain sebagainya dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris). 

Terdapat 2 cara penggunaan Spirulina Tiens yang saya tahu. Selain dijadikan sebagai masker, spirulina berbentuk kapsul ini juga bisa dikonsumsi. Dengan aturan pakai 3x4 sehari. 


Cara Membuat Masker Spirulina 

(instagram.com/tiensoriginalsemarang.id)

Pembuatan masker hijau ini pun sangat mudah. Buka kapsul pembungkusnya (tidak perlu memakai gunting), cukup tarik bagian kanan dan kiri. 

Setelah itu, tetesi serbuk spirulina dengan sedikit air. Tidak perlu banyak-banyak, cukup 4-5 tetes. Aduk perlahan sampai menjadi pasta. Pastikan tidak terlalu cair ya. Jika terlalu cair bisa repot karena masker akan mudah terjun bebas kebawah saat dipakai, bahasa Jawanya mbeleber

Biasanya saya menggunakan satu kapsul spirulina untuk sekali pembuatan masker. Tapi ada beberapa teman saya yang menggunakan setengah saja, biar awet katanya. Namun semuanya kembali ke selera masing-masing.

Setelah selesai membuat, kini saat yang ditunggu-tunggu. Mask time! Uhuy. Biar rasa maskeran makin yahud saya lebih suka menggunakan air dingin. Kalaupun sudah terlanjur memakai air biasa, saya masukan masker ke dalam kulkas selama 1-2 menit. Jadi, saat memakai masker spirulina ini ada efek cooling-nya di wajah. 


Aroma Masker Spirulina 

Masker spirulina ini memiliki bau yang sangat menyengat. Seperti bau amis air danau gitu. Kalau hidung kalian sensitif, saya sarankan untuk tidak menggunakan masker ini di bagian bawah hidung. Rawan huek-huek, serius. Saya awalnya gitu soalnya, tapi lama-lama juga kebiasa. 


Jika sudah, tinggal tunggu deh beberapa menit. Idealnya 5-10 menit. Biasanya saya tinggal nonton televisi sebentar sampe iklan ataupun membalas chat dari teman. Pokoknya, senyamannya kalian saja lah yaa~~~


Manfaat Masker Spirulina 

Saat masker spirulina ini mengering, wajah akan terasa sedikit tertarik. Jadi sangat recommend untuk mengencangkan wajah. Setelah membersihkan muka, hal yang pertama saya rasakan adalah tekstur wajah yang lembut dan bersih. 


Menariknya, masker spirulina ini sangat ampuh untuk mengusir jerawat. Sudah 2 kali saya memakai masker ini saat muncul jerawat di wajah. Pertama jerawat di bagian pipi. Kedua saat ada jerawat yang meradang di tengah-tengah dahi. Jangan tanyakan rasanya seperti apa, apalagi kalau lagi sujud saat salat. Hmm, perih bok

Surprisingly but truly, pagi harinya (btw, saya pakai masker di malam hari) jerawat saya yang memerah dan berisi tersebut berangsur mengecil. Keesokan harinya lagi jerawatnya malah menghilang. Sampe heran saya, kok bisa persis seperti gebetan kalo lagi ditanya kepastian. 

Satu hal lain yang bikin saya tambah kesengsem sama masker ini adalah efek mencerahkannya. Bukan hanya saya, tapi teman saya yang hobi video call pun akhirnya mengakui. Heran katanya. 

Friend : Kok wajahmu jadi cerahan?  
Me : Ih masaak sih? *dalam hati senyam-senyum sendiri xixixi. 
 
Selain untuk perawatan wajah, spirulina ini juga memiliki segudang manfaat lainnya. Diantaranya adalah meninggikan, menguruskan atau menggemukkan badan. Serta sebagai supermen untuk menjaga daya tahan tubuh. Banyak sekali, kan? 


Harga Spirulina Tiens

Harga sebotol masker spirulina ini 200an ribu, cukup ehm, bisa dibilang mahal untuk remaja golongan mahasiswa seperti saya. Tapi menurut saya, harga ini cukup worth it dengan manfaatnya. Teman-teman juga bisa membelinya eceran atau per pcs supaya biaya yang dikeluarkan tidak menguras kantong. 

Produk ini juga sudah banyak beredar dan mudah ditemui kok. Tapi kalau teman-teman ragu mau beli dimana karena banyak banget KW nya, kalian bisa banget pesan di sahabat saya. Dijamin ORI 1000% dan free konsultasi, soalnya dia sudah terdaftar di distributor resmi Tiens. 


***


Segitu dulu deh review kali ini. Kalo ada yang ditanyakan silahkan isi kolom komentar ya!
 See you on the next review! 


You May Also Like

28 Comments

  1. Ternyata maskernya dari kapsul ya. Two in one berarti bisa diminum, bisa dipakai di muka.

    BalasHapus
  2. Saya tahu ini sering banget denger temen-temen saya tentang spirulina. Wah jiwa pengen cerah saya bergejolak rasanya pengen banget cobain ini mb, hihi kapan-kapan pen coba juga ahh semoga ccok di muka saya juga ya.

    BalasHapus
  3. Berarti kalau untuk ngilangin jerawt doang bisa ya? Di oles ke bagian yang berjerawat saja, gak pelut maskeran.

    BalasHapus
  4. Sering dengar produk Tiens, tapi belum pernah beli. Jadi Spirulina ini biaa buat wajah cowok juga ya?

    BalasHapus
  5. Wiwin | pratiwanggini.net12 April 2020 17.17

    Oooo... Spirulina ini bisa buat maskeran juga to, jujur aja saya baru tahu. Sering sih dengar namanya tapi belum pernah beli apalagi mengkonsumsinya. Membaca review ini berarti bisa disimpulkan bahwa Spirulina ini bisa dipake luar dalam (multifungsi) ya..?

    BalasHapus
  6. Ada palsu juga ya
    Jd harus jeli jangan ketipu hehe
    Cocok nih spirulina unt iatri saya, dia suka pake masker hehe

    BalasHapus
  7. TIENS ini pemain lama yaa mba. Udah pasti bagus produk-produknya. Dulu ibu saya juga konsumsi obat-obatan herbal dari TIENS. Sekarang ada masker spirulinanya pula. Mantap.

    BalasHapus
  8. Tadi awalnya mikir, masker yang untuk dipakai sebagai penutup hidung dan mulut di musim corona ini. Rupanya masker untuk perawatan.

    BalasHapus
  9. sudah lama gak maskeran.jadi pengen nyobain spirulina ini. katanya bagus banget ya. hm... oke. remondasi buat dicoba.

    BalasHapus
  10. Saya pikir awalnya masker yang harus sering digunakan selama bepergian... rupanya masker wajah... btw harus hati2 ya kak..ada produk kw nya... untung di infokan ciri dan bedanya... tapi amannya sich beli di agent tiens yang udah kita kenal ...

    BalasHapus
  11. Taunya produk Tiens itu obat2an. Ternyata ada maskernya juga ya. Tak cobanya ah

    BalasHapus
  12. pernah pas masih ngekos di Bandung, aku pakai masker spirulina ini joinan gitu sama sebrang kamar, memang mantuul sih

    BalasHapus
  13. Iya nih, banyak beredar spirulina kw di pasaran. Kalau ada produk Tiens yang asli kan jadi tenang hati

    BalasHapus
  14. Emang nih masker Spirulina bikin lembut di kulit wajah mbak.

    BalasHapus
  15. Dulu ada keluarga saya yang jadi agen Tiens gitu, produknya premium-premium ya. Untuk spirulina sendiri ada di rumah saya, kata orang rumah bisa untuk masker tapi busuk, persis seperti yang Mbak bilang. Ya tapi kan manfaatnya banyak ya, busuk pun tetap dipakai sama kaum ibu, hhe

    BalasHapus
  16. Untuk laki-laki cocok enggak yah...

    BalasHapus
  17. Mau pake masker ahh... biar aman dari Covid19 #eh, gak nyambung ya ?

    BalasHapus
  18. bagi yang ingin mempertahankan kecantikannya, cocok nih

    BalasHapus
  19. Aku juga suka pakai maskeran mba. Buat exfoliasi biasanya seminggu 2-3x..

    BalasHapus
  20. Aku pernah pake ini smp 10 kapsul.. tapi krn baunyq yg ga biasa jadi membuatku urungan niat memakainya kembali pdhl enak halusan kulitku

    BalasHapus
  21. Istri saya pernah pake nih. Dia pakenya pas mau tidur gitu, jadi kan baunya kemana-mana di kamer. Makanya kalo dia pake masker ini saya suka protes hehe akhirnya ganti masker

    BalasHapus
  22. review yang bagus dan pas. Kan dalam rangka cegah corona, tiap keluar rumah harus maskeran

    BalasHapus
  23. Akhir-akhir ini sudah jarang perawatan. Tapi sepertinya masker dari Tiens ini layak untuk dicoba ya, biar muka kembali berseri-seri..hehe.

    BalasHapus
  24. wah, bisa menghilangkan wajah kusam, ya? saya banget nih, kusam dan berdebu, eh! jadi wajah ini butuh dibersihkan secara tuntas ari debu dan asa setelah seharian terpapar. gimana tidak antar jempur seklah kan selalu pas terik dan banyak mobil di jalan. jadi gitu deh pulang-pulang kucel banget. thanks infonya pengen nyoba juga ah

    BalasHapus
  25. aha ternyata sampai dipalsu ya produknya, pasti karena laris manis.

    BalasHapus
  26. Saya juga suka pakai masker spirulina dari tiens ini.
    Kata anak saya, mukanya jadi hijau kayak hulk.

    Kerasa langsung kencang dan kenyal kalau habis pakai

    BalasHapus
  27. saya belum pernah pake masker ini tapi saya mau cobain ke cwek saya mana tau bisa berguna untuk dia hehe

    BalasHapus
  28. review nya jujur banget... :D
    btw harganya mahal banget ya untuk produk masker...
    jujur kalau saya harus mikir ratusan kali kalau mau beli masker ini. Maklum, #sobatmisqueen nih... hihihi...

    BalasHapus