Jalan-Jalan ke Museum Bank Indonesia, Ada Apa Saja? - [Jourans] Journey of Rhans

Kamis, 07 November 2019

Jalan-Jalan ke Museum Bank Indonesia, Ada Apa Saja?


andayanirhani.com - Tour ke Museum Bank Indonesia adalah salah satu agenda dalam serangkaian acara BI Netizen Festifal 2019 yang diselenggarakan oleh pihak Bank Indonesia di kota Jakarta pada awal bulan Maret lalu. Selama Tour di museum ini saya dan anggota lainnya didampingi oleh seorang pemandu yang memberikan penjelasan informatif sekaligus beberapa hal yang boleh dan tidak untuk dilakukan selama perjalanan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan tentang pengalaman saya selama acara tour tersebut berlangsung ^o^

Museum Bank Indonesia adalah salah satu tempat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Tempat yang dibangun pada tahun 1828 ini beralamat di Jl. Pintu Besar Utara No.3, Jakarta Barat.


Saat pertama kali menginjakan kaki di tempat ini, mata kita akan dimanjakan oleh bentuk bangunan dengan gaya arsitektur khas Belanda. Bangunan yang menjulang tinggi dengan cat putih gading serta pintu dan jendela yang besar.

Di bagian permulaan, pengunjung disuguhi miniatur BI dan ruangan-ruangan yang masih terjaga dengan gaya bangunan tempo dulu.


Selanjutnya ada ruang galeri mata uang dan ruangan khusus untuk menyimpan emas dengan kadar 99.9% seberat 13 kg. Di dalam ruang pameran galeri kita bisa melihat uang berbagai jenis mata uang mulai dari dalam hingga luar negeri.

Pengunjung juga biasa melihat teater dari patung-patung yang menceritakan tentang sejarah keuangan Indonesia hingga krisis moneter yang pernah terjadi di tahun 90an.

Di akhir tour terdapat ruang-ruang tertentu yang sedari dulu digunakan untuk rapat oleh petinggi-petinggi Bank Indonesia, uniknya di setiap sudut ruangan tersebut terdapat wastafel atau tempat pencuci tangan karena pada waktu lampau banyak sekali wabah penyakit menular. Oleh karena itu setiap kali bersalaman oleh pribumi atau rekan kerja petinggi-petinggi tersebut selalu mencuci tangannya.

Menurut saya, kunjungan ke Museum Bank Indonesia ini sangat berkesan. Selain memberikan informasi historis kegiatan ini juga bisa menjadi renungan dan motivasi generasi penerus bangsa dalam menjalani kehidupan yang dinamis. Mulai dari perjuangan bangsa Indonesia memperoleh kemerdekaanya hingga saat menghadapi berbagai jenis tantangan dan ancaman, semua terangkup dengan apik.

Bagaimana menurutmu tentang perjalanan kali ini?
Berminat berkunjung ke Museum Bank Indonesia?

Salam literasi,


2 komentar:

@andayanirhani