Tips Diet Sehat untuk Turunkan Berat Badan dengan Aman

by - November 01, 2021

Baca Juga

Hello guys! Memiliki bentuk tubuh dengan berat badan ideal merupakan impian bagi sebagian kalangan, khususnya kaum hawa. Tidak sedikit orang yang rela melakukan berbagai macam cara untuk mewujudkannya. Seperti merogoh kocek lebih untuk program diet ketat, olah raga berat, dan lain sebagainya.

tips diet
Tips Diet Sehat untuk Turunkan Berat Badan dengan Aman
Namun, perlu kita ketahui bahwa salah satu kunci utama keberhasilan diet adalah menjaga asupan kalori yang dibutuhkan dan digunakan oleh tubuh. Kalori merupakan satuan jumlah energi dari suatu makanan maupun minuman yang dikonsumsi. 

Kalori ini sangat dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas kita sehari-hari dan mencegah kita dari rasa lemas. Karena setiap individu memiliki berat badan dan jenis aktivitas yang berbeda. Hal itulah yang membuat jenis kebutuhan kalori satu orang dengan orang lain tidak sama. 

Untuk itu, mengetahui cara menghitung kebutuhan kalori harian sangat penting. Terlebih bagi kamu yang sedang menjalani program diet. Nah, di kesempatan kali ini ada tips diet sehat untuk turunkan berat badan dengan aman.

1. Jangan Melewatkan Sarapan

Tidak sedikit orang berpikir bahwa melewatkan sarapan akan membantu mereka menurunkan berat badan lebih cepat. Padahal jika kita tidak sarapan, secara tidak langsung asupan kalori dalam tubuh akan berkurang. Hal ini akan menyebabkan kita merasa lemah, letih, lesu. Sehingga menghambat aktivitas di pagi hari. 

Untuk itu, jangan pernah melewatkan sarapan ya. Kamu bisa konsumsi makanan yang tinggi serat namun rendah gula dan lemak di pagi hari. 
sereal dan susu
Sereal untuk Sarapan
Menu sereal dengan susu dapat menjadi alternatif sarapan yang sehat dan mudah dibuat di pagi hari. Makanan dengan kriteria tersebut dapat menunjang program diet sehat agar seimbang. Sekaligus menjaga tubuh untuk tetap mendapatkan nutrisi yang cukup. 


2. Minum Air yang Cukup

60 hingga 70% tubuh manusia terdiri oleh cairan. Meskipun sedang menjalani program diet, pastikan minum air putih secara teratur agar kebutuhan air dalam tubuh tetap cukup. 

Umumnya, manusia membutuhkan minum 8 gelas per hari untuk mencegah dehidrasi. Namun, ukuran tersebut dapat disesuaikan dengan kondisi cuaca maupun jenis aktivitas yang kamu lakukan. 


3. Konsumsi Karbohidrat yang Tinggi Serat

Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi penting dalam tubuh. Jika kamu sedang menjalani diet, maka hal yang perlu kamu utamakan adalah konsumsi makanan sumber karbohidrat yang tinggi serat. Contohnya seperti gandum, beras merah, dan kentang. Mengonsumsi makanan jenis ini dapat membuat perut kenyang lebih lama.


4. Konsumsi Buah dan Sayuran

sayur dan buah untuk diet
Mengonsumsi buah dan sayuran untuk menunjang diet
Mengonsumsi buah dan sayuran dapat menunjang program diet sehat. Buah dan sayuran mengandung banyak nutrisi dan kalori. Selain itu, mereka juga kaya akan kandungan antioksidan, mineral, vitamin, dan kaya akan serat.


5. Konsumsi Jenis Oil Fish

Ikan merupakan sumber protein hewani yang sangat baik karena mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Jenis ikan seperti sarden, ikan kembung, dan ikan salmon cukup direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan protein. Ikan berminyak ini banyak mengandung omega-3.

Selain ikan, ada beragam sumber protein lain. Seperti: produk susu, gila, selai kacang, telur, kacang polong, dan daging tanpa lemak.


6. Batasi Kandungan Garam dan Gula

Konsumsi makanan dengan tinggi garam akan meningkatkan tekanan darah. Hal ini dapat memicu penyakit seperti jantung dan stroke. Untuk itu dihimbau untuk membatasi konsumsi garam.

Cobalah untuk membatasi asupan natrium hingga 1.500 hingga 2.300 mg per hari, setara dengan satu sendok teh garam. Terlebih makanan di sekitar kita sudah banyak mengandung garam seperti roti, saus, maupun sereal. 

Selain garam, konsumsi makanan ataupun minuman dengan gula berlebih seperti soda juga perlu dihindari. Mengonsumsi gula berlebih dapat meningkatkan tekanan darah hingga obesitas. Takaran gula ideal untuk dikonsumsi per hari adalah 50 gram atau 5-9 sendok teh.


7. Olah Raga

olah raga di atas materas
Exercise dengan teratur
Nutrisi dari dalam dan latihan olah tubuh merupakan salah satu kunci diet yang seimbang. Selain dapat membantu menurunkan berat badan, dalam penelitian olah raga juga terbukti meningkatkan suasana hati, serta mengurangi stress, depresi maupun kecemasan.

Olah raga yang dapat dilakukan pun beragam. Jika belum terbiasa, kamu bisa melakukan olah raga dengan kebiasaan ataupun hobi. Seperti berjalan, bersepeda, maupun berenang.

Itulah 8 tips diet sehat untuk turunkan berat badan dengan aman. Inti dari diet sehat bukan hanya apa yang kamu makan, tetapi bagaimana kamu makan. Kira-kira poin mana saja nih yang sudah kamu terapkan? Yuk share pengalaman dietmu di kolom komentar!

Cheers,

andayani rhani

You May Also Like

8 Comments

  1. Jadi inget dulu teman ada yang ikut-ikut diet ketat sampai berat badannya turun drastis dan sakit, aku pengen diet tapi gak bisa jauhi makanan, haha.

    BalasHapus
  2. Ini yang sekarang aku lakukan mbak. Bagian terberat dari diet sehat itu adalah mengatur meal plan. Jangankan diet, sehari-harinya aku gak diet aja suka bingung mau masak apa ya. Apalagi sekarang lagi diet harus bener2 dikontrol asupan karbohodrat, protein, lemak, dll.

    kalau mau diet serius, lebih baik cari dan ikut program coaching yang berbayar. biasanya sih akan dipantau sama coach dan dimotivasi terus. kalau baru mulai diet sendiri, itu biasanya susah karena kadang motivasinya naik turun dan suka berhenti di tengah jalan. kalau ketemu temen2 yang sama2 sedang diet kan enak bisa saling support.

    BalasHapus
  3. Nomor 6 kayaknya yang paling berat yah mba. Bukan apa-apa, keseharian kita kalo ngga yang manis ya asin. Apalagi produk-produk instan yah, kadang kita ngga ngeuh itu kandungan natriumnya ternyata tinggi. Bahkan minuman manis aja kandungan garamnya tinggi juga ya, wkwkwk

    BalasHapus
  4. Wah ternyata konsumsi karbohidrat dan sarapan juga masuk diet ya. Aku cuma yang olahraga nih rada susah mulai

    BalasHapus
  5. Pengen banget bisa rutin jalankan 8 tips positif di atas.
    Semoga bisa segera.
    Manalagi di tulisan sebelum ini (di blog teman lain), terinspirasi dengan langkah membatasi waktu bersosial media.
    Yg itu jalan, ikhtiar lakukan 8 tips di atas rasanya juga bisa dimulai.
    Semangaaatttt...

    BalasHapus
  6. Aku termasuk yang diet menyiksa, kak..
    Kadang sampai bela-belain gak makan. Kayanya salah banget cara dietku ini. huhuu...
    Harus memiliki pedoman diet yang bagus dengan jam makan dan asupan nutrisi yang tepat. Sehingga hasil dietnya berbuah badan tetap fit dan penuh semangat.

    BalasHapus
  7. Akhir-akhir ini udah ngurangin makan atau minum yang mengandung gula, bukan untuk diet sih sebenarnya tapi untuk hal lain. Tapi mengurangi gini juga jadi bagian merawat diri agak menjadi lebih sehat dan kuat setiap hari

    BalasHapus
  8. Saya rasa 80% keberhasilan diet memang dari mengatur pola makan ya mbak. Untuk suplemen sepertinya pendukung saja. Tapi tips ini juga sangat bermanfaat buat orang yang tidak diet, tapi ingin sehat.

    BalasHapus

Thank you for your time to come by and leave comment! Follow me on Instagram @andayanirhani, let me know you found me from my blog, and I'll follow you back :)
-Xoxo