Belajar Investasi Reksa Dana Sejak Dini di Bibit

by - Februari 01, 2020

Baca Juga

"Jangan bekerja untuk mendapatkan uang, tapi biarkan uang yang bekerja untukmu. -Nn"

Begitulah kurang-lebihnya kalimat yang memotivasi saya untuk mendalami dunia investasi satu tahun terakhir. Usia yang hampir menginjak kepala dua, membuat saya -mau tidak mau- berubah. Baik dari segi penampilan maupun pola pikir.

Di abad ke-21 ini menabung secara konvensional saja rasanya tidak akan cukup untuk menghadapi badai ketidakpastian di masa depan. Meskipun kamu menabung rutin dan mendapatkan bunga setiap bulannya, bukan berarti uangmu kian bertambah. Perlu kamu ketahui bahwa ada yang namanya inflasi di setiap tahunnya. Hal ini akan membuat nilai mata uangmu menjadi turun setiap waktu. Uang Rp 1.000,- saat ini, tentu berbeda nilainya dengan sepuluh tahun yang lalu. Begitu pula dengan sepuluh tahun ke depan.

Oleh karena itu, saya mulai giat belajar dan terjun ke dalam dunia investasi sejak dini.  Terlebih lagi, jurusan kuliah saya berkecimpung di dunia perekonomian sangat mendukung saya untuk mendalami seluk-beluk bidang keuangan.

Eits, sebelum membahas lebih jauh. Ternyata belum banyak orang yang tahu kalau menabung dan investasi itu berbeda lho!


Perbedaan Menabung dan Investasi

Garis besarnya seperti ini, menabung itu adalah segala upaya yang kamu lakukan demi mendapatkan 'sesuatu' dengan cara mengumpulkan uang. Menabung lebih identik dengan jangka waktu tertentu yang 'relatif' singkat. Contohnya kita menabung untuk membeli kamera, menabung untuk liburan dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana dengan investasi?

Investasi adalah segala upaya yang kamu lakukan 'saat ini' dengan harapan mendapatkan 'sesuatu' yang nilainya akan bertambah atau bernilai lebih di masa yang akan datang. Investasi identik dengan jangka waktu yang panjang. Macam atau jenis-jenis investasi sendiripun beragam. Berbeda dengan menabung yang selalu berhubungan dengan uang-uang dan uang. Investasi ini tidak melulu berhubungan dengan uang. Contoh investasi yang ada di sekitar kita yaitu investasi properti, saham, obligasi, investasi emas, reksa dana, bahkan merawat diri dengan perawatan atau menggunakan skincare juga termasuk investasi loh girls!

Tapi, pada kesempatan kali ini saya akan berfokus membahas sedikit tentang investasi Reksa dana sekaligus membagikan pengalaman saya selama berinvestasi Reksa dana di aplikasi Bibit.

pengalaman investasi di aplikasi bibit
Pengalaman Investasi di Aplikasi Bibit


Why Bibit? 

Sebenarnya ada banyak jenis investasi Reksa dana seperti Bareksa, Ajaib, Tanamduit, dan lain sebagainya. Tentu dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Alasan saya pribadi memilih Bibit sebenarnya sangat simple ; ada salah satu teman yang sudah bergabung, mekanisme transaksi yang mudah (bisa melalui Gopay atau Linkaja) dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ketiga itulah yang akhirnya membuat saya mantap untuk mencoba berinvestasi di Bibit.


Bantuan si Robo

Setelah berhasil menginstal aplikasi berwarna hijau ini, saya bertemu dengan Robo, robot yang membantu saya berinvestasi di Bibit. Setelah itu, saya dihadapkan oleh beberapa pertanyaan yang akan menentukan jenis profil risiko saya.
Sebagai pemula, fitur ini sangat membantu saya dalam memilih produk reksa dana apa yang sesuai dengan minat dan karakteristik kepribadian saya.


Mekanisme Pembayaran yang Mudah

Sebagai generasi Z yang sangat erat dengan dunia digital, keefisienan waktu dan kemudahan menjadi syarat untuk menarik minat. Hal itulah yang saya rasakan ketika melakukan mekanisme pembayaran di aplikasi Bibit. Mudah, saya tidak perlu repot-repot antre di bank. Saya selalu melakukan transaksi pembayaran melalui Gopay. Hanya dengan beberapa kali klik di layar ponsel, saya sudah bisa berinvestasi.


Support Tim Bibit

Sebagai seorang investor pemula yang baru bergabung, ibarat bayi tentu saya belum bisa berjalan apalagi berlari. Saya merasa sangat terbantu dengan adanya fitur Support di aplikasi ini, dimana saya bisa bertanya langsung kepada Tim Bibit yang selalu siap menjawab segala pertanyaan saya. Berdasarkan pengalaman saya, tim bibit ini cukup fast respon kok. Daripada nungguin chat lama dari doi kan lebih baik belajar berinvestasi cielahh 😂 next...


Gratis Biaya Komisi

Sebagai mahasiswi dan warga kost tentu paling sebal jika ada potongan harga atau komisi yang harus dibayar. Tapi saya cukup tenang dan bisa bernafas lega karena di Bibit sudah gratis biaya komisi.


Investasi Mulai 10 Ribu

Tidak sedikit dari kaum Millenial maupun generasi Z yang enggan berinvestasi dengan alasan tidak punya modal yang besar. Padahal kenyataannya tidak selalu begitu. Dengan uang 10ribu rupiah kamu sudah bisa berinvestasi di Bibit kok. Tapi ya kali kamu mau invest cuma 10ribu doang, kapan cuannya ceunah!


Simulasi Investasi 

Uniknya, aplikasi ini juga menyediakan simulasi investasi untuk membandingkan investasi di Bibit dengan tabungan biasa.

For your information, simulasi ini didasarkan oleh kinerja perusahaan yang kamu beli selama 5 tahun terakhir ya. Jadi, belum tentu nominal yang kamu terima di masa depan sama persis dengan simulasi investasi itu. Bisa kurang atau justru lebih dari nominal tersebut.


Quiz dan Tips

Nah untuk kamu yang mau belajar lebih, bisa banget kok. Di aplikasi ini terdapat Quiz investasi untuk mengukur pemahaman kamu tentang reksadana dan ada juga tips-tips yang akan mendukung pengetahuan kamu sebagai investor.


Pilih Reksa Dana Sendiri

Jika kamu sudah memiliki pengetahuan dan pengalaman lebih di reksa dana. Kamu bisa memilih reksa dana yang kamu inginkan sendiri.

Jadi tidak selamanya harus bergantung pada produk reksa dana yang rekomendasikan Robo. Akan tetapi, jangan asal pilih Reksa dana juga ya! Perhatikan analisis dari produk yang akan kamu beli supaya tidak menjadi orang yang merugi. Be smart! 


Nabung Rutin

Bagi kamu yang pelupa seperti saya atau orang sibuk tapi selalu ingin berinvestasi rutin, kamu bisa banget nih manfaatin fitur Nabung Rutin di Bibit. 

Mekanisme nabung rutin ini kamu cukup melakukan beberapa tahapan berikut.
•pilih jenis produk reksa dana yang kamu inginkan,
•pilih nominal yang akan kamu investasikan setiap bulannya,
•pilih jenis metode pembayaran (Gopay/Transfer manual),
•dan yang terakhir, pilih di tanggal berapa kamu akan nabung rutin setiap bulannya.
Klik terapkan, selesai deh!


Cashback 

Selama tanggal 24 Januari-7 Februari ini ada event bagi-bagi angpao di Bibit. Kamu bisa berkesempatan untuk ikut undian berhadiah sekaligus mendapatkan cashback sebesar Rp 50.000.- dengan menggunakan kode referral saya di bawah ini.
kode referral aplikasi bibit
Kode Referral Bibit

Untuk mendapatkan cashback ini kamu cukup pergi ke bagian Profile kemudian klik Enter Promo Code. Setelah itu, masukkan kode "cuanbarenganda" seperti di atas. Jika sudah, tinggal tunggu sampai cashback sebesar Rp 50.000,- masuk ke akun portofolio reksa danamu.

Itulah pengalaman saya selama berinvestasi Reksadana bareng Bibit yang sejauh ini belum ada kendala yang berarti. Tulisan ini pure-berdasarkan pengalaman pribadi dan review jujur dari saya.

Tertarik mencoba? Yuk berinvestasi sejak dini! Kalau bukan kita, siapa lagi? Saya tunggu pertanyaan atau pengalaman kamu di kolom komentar yah!

See you next post!
With love,
andayani rhani



You May Also Like

30 Comments

  1. Kalau cuma simpan uang di Bank memang gak cuan, Mbak. Nominal bunganya bisa-bisa masih kalah sama biaya admin + pajak. Bukannya nominal nambah, bisa-bisa malah berkurang. 🙈

    Investasi memang layak dicoba. Tapi masih takut-takut coba reksa dana, masih kurang paham ilmunya. Tapi bibit ini sepertinya layak dicoba karena sudah dilengkapi quiz & tips biar tambah kenal si reksa dana. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah itulah salah satu alasan kenapa saya jg simpan uang di reksadana. biar gak kepotong biaya administrasi. waaah di bibit bs bayar pakai gopay dan likaja. mantap. donlot ah

      Hapus
    2. Bener sekali mbak, saya yang masih newbie juga sangat terbantu dengan fitur-fiturnya. Semoga bermanfaat ya selamat mencoba ^^

      Hapus
  2. Wah keren banget, ada kuisnya, bisa bayar pake gopay pula. Bisa cepat kaya ya :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir kak, semoga bermanfaat ya tulisannya ^^

      Hapus
  3. Semakin dimudahkan dalam pilihan berinvestasi terutama reksana..dan semuanya sudah ada dalam genggaman tangan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkunjung mas kornelius ^^ benar sekali komentarnya!

      Hapus
  4. Masih agak mikir belajar Reksadana karena menurut saya sepertinya sulit. Untuk saya sendiri baru belajar investasi emas yang paling gampang dan nyata. Baik emas konvensional ataupun virtual

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal jenis investasi menurut saya memang relatif kak, karena setiap orang pasti punya kriteria dan minat yang berbeda, sudah berani investasi saja sudah cukup baik :)

      Hapus
  5. Waktu itu sempet mau coba bibit. Ga salah kalo disebut aplikasi invest utk milenial. Tampilan app nya friendly dan sangat2 mudah. Tp kalo saya lbh suka bareksa karna pilihan produk lebih beragam hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar kak nomsaa, untuk pilihan memang relatif tergantung selera masing-masing individu hehe

      Hapus
  6. Memang sih menabung aja gak cukup sebagai cara untuk mendapatkan cuan. Apalagi aku sebagai generasi millenial yang kemungkinan besar menjadi generasi sandwich ini harus benar-benar mengatur keuangan agar nantinya tidak keteteran dan punya uang untuk segala kemungkinan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir mas rifqi, sqyq sangat setuju nih dengan komennya!

      Hapus
  7. Setuju ini. Belajar dan memulai investasi harus dilakukan sejak dini. Karena lebih menguntungkan. Mumpung masih single dan belum banyak kebutuhan. Tfs..baru tahu tentang investasi bibit ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mas,mumpung masih single jdi blm ada banyak tanggungan dsn fikiran hehe. terimakasih juga sudah berkunjung ^^

      Hapus
  8. Masya Allah, makin mudah aja yaaa mau invest reksa dana. Saya masih ingat pas 2013 saya invest reksa dana, masih harus datang ke bank konvensional. Laporan performa bulanannya masih dikirim dalam bentuk surat ke alamat kantor/ rumah. Kekeke. Sekarang udah canggih ya semua, sudah pake AI pula aplikasinya. Mantap. Reksa dana itu sejauh pengalaman saya cukup menjanjikan returnya, asal pintar memilih reksa dana yang pas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mbak, tapi kalau di bibit ini nggak perlu ribet-ribet karena laporan bulannya akan di kirim melalui email.

      Hapus
  9. keren juga nich fintech Bibit, layak dicoba pembayarannyapun bisa melalui gopay, link aja dan transfer bank, baru nabung seperti investasi bisa dapat keuntungan yang lebih dari pada tabungan biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mbak, selain banyak keuntungan juga disediakan berbagai fitur yang memudahkan.

      Hapus
  10. Aku tuh Reksadana begini masih kurang paham, sempat ikut beberapa kali seminar masih belum ngerti juga,huhuhu. Ini belajar di Bibit kayaknya boleh juga deh biar mulai investasi nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir dan selamat mencoba ya kak Rini ^^

      Hapus
  11. Wah menarik juga ternyata di aplikasi ini ada Quiz investasi yg fungsi nya untuk mengukur pemahaman tentang reksadana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, fitur ini sangat membantu sekali untuk investor pemula

      Hapus
  12. Baru tau investasi gini juga biaa dapat cashbacknya.🤭
    Jadi tertarik untuk invest reksadana, soalnya kalau saham agak ribet sih yak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, di reksadana ini ibarat kita naik kapal pesiar jadi sudah ada nahkodanya kita cuma tinggal pilih mau kapal yang mana dan mau kemana kalau saham memang sedikit lebih ribet

      Hapus
  13. wah keren banget sih investasi tanpa pake ribet. apalagi nominalnya tuh bisa sesuaikan dengan kantong jadi Kita sesuaikan dengan anggaran dan yang paling penting adakah cash back. siapa sih yang nggak suka cashback kan bisa belanja online ataupun belanja di toko yang menyediakan pembayaran melalui fitur online atau e money

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, ini juga jadi sisi plusnya karena sangat rekomended buat mahasiswa dan investor pemula hehe

      Hapus
  14. Seru banget ya investasi zaman sekarang udah kayak belanja online. Bisa via app dan dapat cashback pula. 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan yang pasti banyak untungnya kak hehehe... Terimakasih ya sudah mampir, semoga bermanfaat tulisannya ^^

      Hapus
  15. Trus proses pencairan uang nya lama gak??

    BalasHapus